Teknik Menulis Ulang Supaya Menghindari Plagiat (Copy Paste) Artikel

By | Mei 15, 2012
Menulis artikel biar tampil secara original Teknik Menulis Ulang Agar Menghindari Plagiat (copy paste) Artikel
Menulis artikel biar tampil secara original

Setelah kemarin kita bahas wacana menjadi menjadi blogger yang sukses kini kita membahas cara supaya artikel yang kita tulis tidak dianggap sebagai artikel yang cuma copy paste (dalam bahasa ilmiahnya plagiat)

Tahukah anda wacana istilah Plagiat?

Kalau boleh berpendapat. Plagiat berawal dari ketidakmampuan untuk membuat hal yang berbeda dan cenderung ingin instan mempunyai sebuah hal yang sama dengan orang lain dan ingin mengakuinya kalau itu milik dia. Plagiat yakni suatu tindakan menyadur suatu isi atau sebagian dari sebuah buku atau artikel yang tidak memperoleh izin dari pembuat artikel atau tanpa menyebutkan sumbernya. (itulah bahasa gampangnya plagiat)
Seberapa bahayakah plagiat itu?
Plagiat terang berbahaya dan sangat dilarang, dan merupakan tindakan yang Haram kalau bahasa agamanya.
Plagiat merupakan tindakan yang bisa dikatakan sebagai tindakan kriminal alasannya yakni tindakan ini bisa dikatakan tidak menghargai hak cipta dari pembuat/penulis aslinya.
Kalau didunia maya bagaimana?

Kemungkinan atau konsekuensi yang akan diteruma di dunia maya jikalau anda melaksanakan plagiat yakni halaman blog kita akan di kenai penalty oleh Search Engine, mungkin dengan dilempar jauh ke belakang atau dimasukkan kedalam Sandbox (kalau anda mencari memakai google). Bahkan juga diusut sampai ke dunia nyata.

So, Bagaimana cara menghindari plagiat?
Artikel ini tidak mengajari anda untuk menjadi seorang yang hobi mengcopy paste saja. Namun, dalam hal ini dikhususkan untuk anda yang hoby blogging, biar anda terhindar dari pemplagiatan selain itu artikel ini juga berafiliasi tips dan trik dalam dunia blogging.
Berikut yakni tip dan triknya dalam membuat artikel yang baik sehingga anda tidak dicap plagiat oleh mesin pencari :

1. Buatlah artikel secara original (asli)
Membuat artikel secara asli (baca : asli buatan sendiri)dari buah pikir sendiri memang tidak mudah, perlu penelitian dan pendalaman bahan terlebih dahulu. Artikel asli yang asli huatan anda pastinya akan mempunyai tingkat keunikan dari susuanan kata dan penggunaan kata yang berbeda dengan artikel buatan orang lain. 

2. Selalu cantumkan sumbernya.
Tahukah anda bahwa robot google kini (2017) sangat bahagia dengan sebuah halaman blog yang ikut mencantumkan sumber bacaan dari situs-situs rujukan yang dianggap mempunyai kredibitalisas yang tinggi?. Zaman backlink? Sudah lewat kini robot perayap sudah lebih canggih. Jadi, mencantumkan sumber bacaan, selain kita menghargai penulis sebuah buku (atau artikel) kita juga secara tidak eksklusif meningkatkan nilai SEO web kita.
3. Jangan menduplikat artikel milik blog orang lain secara utuh

Bukan bermaksud buruk tetapi kebanyakan yang saya temui di hasil pencarian yakni blog-blog atau web yang mempunyai artikel identik. Ini sangat merugikan sekali (bagi saya pribadi) alasannya yakni kita mendapat konten yang kurang bervariasi. Apalagi ada blog Auto Generate Content (AGC) yang secara mentah-mentah mengkopy paste isi blog kita. Kembali saya katakan ini halnyang meneyebalkan. Banyangkan kerugiannya jikalau blog AGC tersebut ada di urutan 8 besar google page one sedang anda ada di urutan 10an google page two. Ini sangat merugikan pemilik artikel orisinalnya. 
Bagiamana cara biar artikel kita kondusif dari sebuan Blog AGC?
Setting RSS atau feedburner yang tepan akan menjadi kunci. Caranya yakni dengan mengaktifkan option 》Summy pada sajian option. Kemudian anda tentuhkan panjang karakter yang akan ditampilkan. Setelah itu tuliskan pesan pada kotak pesan dan klik aktiv serta save pada feedburner. 
Kapan-kapan saya buatkan artikel wacana setting feedbunner.
Bagaimana cara biar goresan pena sama tidak dianggap plagiat?
Ada salah satu testimoni blogger profesional (namanya saya lupa) yang pernah saya baca. Kurang lebihnya begini kalimatnya. Jika ada hal (yang diulas) sama, maka cari sudut pandang dan data yang berbeda. Sudut pandang dan data yang berbeda akan membuat sebuah artikel dengan isi yang berbeda pula, dengan begitu secara tidak eksklusif anda telah terhindar dari plagiat.
4. Gunakan postingkan dengan bahasa anda sendiri (Ciri khas penulisan anda sendiri)

Pendidikan yang berbeda-beda dan atau pengalaman yang berbeda-beda pula (termasuk pengalaman membaca buku) dari seorang penulis akan membuat sebuah  hasil goresan pena yang dihasilkan. Mod dan emosi juga akan sangat besar lengan berkuasa dalam penciptaan hasil karyanya. Sehingga memakai gaya bahasa sendiri sangat dianjurkan. Agar sanggup membuat ciri khas dari goresan pena kita. Dikarenakan gaya bahasa yang dipakai tiap penulis akan sangat berbeda-beda.
5. Menambahkan identitas pada gambar atau file yang akan dibagi
Kemajuan zaman yang serbacanggih menuntut kira untuk selalu berinovasi. Dampaknya semakin banyak konten multimedia yang melaksanakan penjiplakan. Pemasangan identitas kita (ada yang menyebut water mark) pada konten multimedia akan sangat penting sekali. Jika pemasangan watermark (tanda air pada seluruh gambar) dirasa kurang menarik dan cenderung membuat jelak. Solusinya yakni dengan melaksanakan proteksi goresan pena identitas kita secara simpel pada gambar atau apapan yanh ditampilkan pada konten multimedia kita. Sehingga orang yang akan mengambil biasanya berfikir dua kali untuk menggambil konten kita. Serta cenderung untuk membiarkan identitas tersebut ada.
6. Beri nama code CSS atau java yang kita bagikan dengan nama yang biasa kita pakai (kalau bisa seragamkan saja penamaannya)
Pemberian nama yang mengarah pada link sumber, atau arahan lainnya sehingga orang akan tahu dan bisa menjadi media promosi. Misalkan sebuah arahan js dengan url yang sesuai dengan harapan kita contohnya url dengan nama depan kita, atau beri nama yang unik. Tujuannya biar kita bisa memantau script atau CSS kita sudah dicopy seberapa banyak.

Contoh kita memberi nama CSS dengan arahan .kotak-junie {….} atau dengan .nama-unik {…}. Tujuannya yakni dikala ada orang yang menganbil arahan CSS dari kita kita tahu bahwa arahan tersebut bersumber dari blog/web yang kita miliki.

Enam hal diatas mungkin bisa menjadi rujukan buat anda para blogger, yang ingin membuat posting yang dianggap original oleh mesin pencari. Jika posting anda banyak yang copas. siap-siap saja google sandbox sudah menanti. dan itu bisa menjadi malapetaka buat anda alasannya yakni blog anda bisa hilang dari peredaran.

untuk tip dan trik wacana menghindari dari google sendbox akan dibahas diartikel berikutnya.
Semoga bermanfaat……

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *