Teknik Menulis Sebuah Artikel Di Blog

By | Februari 11, 2018
membuat artikel di blog semoga menarik pembaca Teknik Menulis Sebuah Artikel di Blog
Teknik Menulis Artikel di Blog

Pengantar Singkat

Teknik penulisan artikel akan  menciptakan pengunjung blog merasa senang. Di luar sana banyak teknik-teknik menulis yang disajikan oleh para blogger-blogger lain yang tentunya mereka sudah banyak memakan garam dunia perbloggingan tanah air. Penulisan artikel mereka rata-rata mempunyai teknik menulis yang berbeda-beda dengan gaya khasnya masing-masing. Walaupun yang disajikan sama, namun dituliskan bisa dengan gaya yang berbeda-beda.
Ruang Lingkup Pembahasan
Kita akan membahas artikel ini menurut lanjutan dari artikel kami sebelumnya wacana teknik dalam menulis artikel semoga tidak dianggap copy paste atau plagiat. Kami akan menyajikan bahan ini dengan tujuan semoga membaca bisa menciptakan artikel yang menarik. Artikel ini juga tidak membahas wacana Teknik SEO in page articel, jadi bahasan kami hanya secara umum saja.
Bagaimana cara menciptakan artikel supaya menarik?
Memilih Judul yang menciptakan pembaca penasaran
Membuat judul yang pas akan meningkatkan para pengunjung anda, usahakan menciptakan judul yang sederhana namun bisa menciptakan orang penasaran. Dewasa ini banyak kita temukan artikel dan video yang mengambil judul yang menciptakan penasaran. Hasilnya, banyak kita temukan antara judul dan isi yang tidak pas, bahkan judulnya cenderung mengada-ada.
Judul yang baik bukan hanya menciptakan ingin tau hingga cenderung ke arah berlebihan (lebay). Tetapi, buatlah judul yang menggambarkan isi dari artikel semenatik mungkin. Pasti banyak orang masih mau mengunjungi blog anda dan akan memperlihatkan evaluasi artikel yang anda sajikan tidak main-main.
Sesuaikan judul dengan isi tulisan
Bagi para blogger yang sudah cukup usang menulis di blog tentu sudah banyak yang tahu wacana brunce rate. Betul, brunce rate bahasa mudahnya ialah membuka blog tidak hingga termuat (loading) selesai, eksklusif ditutup. Semakin tinggi tingkat brunce rate bisa dipastikan blog anda akan semakin tenggelam. Alasannya , blog anda dianggap blog yang kurang bermutu atau blog sampah.
Sejauh yang saya tahu penyebab terjadinya brunce rate adalah ketidaksesuaian antara judul dengan isi artikel. Sehingga pembaca yang tidak mendapat informasi relevan antara isi dengan judulnya pastinya akan eksklusif menutup halaman blog anda. Sebab buat apa dinantikan loading penuh hanya menghabiskan kuota internet.
Menulis memakai sinonim
Menggunakan bahasa yang monoton akan membosankan. Itu jelas, oleh lantaran itu pembaca perlu memakai kata-kata sinonimnya (bermakna sama) dengan kekayaan kata dalam sebuah artikel, maka akan mempermudah mesin cari untuk menemukan sebuah artikel baru. Alasannya? Banyak pembaca yang mengetikkan banyak sekali macam kata kunci dengan kata yang berbeda-beda, namun pada dasarnya sama. Oleh lantaran itu, banyak memakai sinonim dari kata tertentu akan memungkinkan artikel kita ikut terjaring oleh mesin pencari.
Bahasanya lugas 
User yang mencari dalam sebuah situs web bisa kita golongkan menjadi dua orang, yaitu pertama, mereka yang ingin menemukan Sebuah hal secara ringkas dan cepat (mereka mencari inti-intinya saja), kedua orang yang menginginkan klarifikasi sejelas-jelasnya wacana sebuah permasalahan (biasanya mahasiswa yang sedang mencari referensi). Menggunakan bahasa yang lugas sanggup menciptakan artikel yang kita tulis bisa berada ditengah-tengah dua tipe orang yang sedang melaksanakan pencarian tersebut.
Menggunakan bahasa yang lugas juga bisa menciptakan artikel menjadi ideal untuk dibaca, sebab, pembahasan dalam artikel tidak bertele-tele dan eksklusif pada permasalahan. Jika dikembangkan sendiri pun akan lebih mempertajam pembahasan, sesuai kehendak pembaca.
Jangan memakai bahasa alay pada pembahasan (kecuali itu sudah menjadi ciri khas blog)
Ciri khas sebuah blog ialah terletak padakonten yang disajikan, penyajian konten dari sebuah blog bisa berbeda-beda antara blogger yang satu dengan yang lain. Namun, kalau kita dalam penyajian konten memakai bahasa yang alay misalkan pada penulisan blog mengandung unsur tawa, mengaitkan dengan yang tidak penting, maka bisa saja pembaca kita menjauhi blog yang kita buat, khususnya mereka yang sedang mencari tumpuan lantaran mereka sedang dalam kondisi yang serius dalam pencarian. 
Tidak perlu menciptakan candaan kalau itu garing dan tidak lucu
Berdasarkan pengalaman pribadi dan survei tidak resmi yang saya lakukan, jarang kita mencari artikel penting, berbarengan dengan pencarian hiburan. Sehingga, tidak perlu kita menyisipkan candaan yang garing (tidak lucu) dalam penulisan artikel blog yang kita lakukan. Kecuali, kalau blog anda ialah blog yang fokus dalam hiburan (misal: rubik ketawa ketiwi). Guyon yang dilakukan dalam artikel hendaknya yang memang lucu dan mengena, kalau anda masih memaksa ingin memasukkannya. 
Kita lihat situs berita, mereka menuliskan artikel gosip tidak mengandung unsur guyon didalam beritanya, kecuali pada rubik hiburan, itu pun kalau memang benar-benar dibutuhkan.

Ingat !! Keterampilan akan menjadi baik kalau setiap hari dipraktikkan atau dilatih

Perjelas pembahasan semoga pembaca tidak jenuh
Memperjelas bacaan disini tidak bermaksud untuk memperbanyak pembahasan dengan memasukkan kalimat yang bertele-tele dan cenderung menciptakan gundah (lihat pembahasan: penulisan yang lugas). Maksud poin tersebut ialah anda memakai kalimat-kalimat penekanan, misalkan dengan memakai model penulisan miring, penulisan tebal dan garis bawah yang akan sangat membantu pembaca dalam menjelajahi situs anda. Meskipun ada anggapan penggunaan model miring, tebal dan garis bawah menciptakan tidak SEO Freadly (kita tidak membahas SEO menyerupai yang saya utarakan di atas)
Kalimatnya Memiliki Keunikan
Kalimat yang unik disini bermakna bahwa sebuah blog mempunyai ciri khas dibandingkan blog yang lain. Sebagai teladan anda bisa membuka blog wacana otomotif. Mereka gotong royong membahas sebuah motor atau mobil. Bahkan motor atau kendaraan beroda empat yang dibahasnya pun sama, tetapi mereka mempunyai kemampuan membahas yang berbeda-beda. Kemampuan membahas yang berbeda-beda ini menciptakan semua blog otomotif itu menarik untuk dibaca lantaran mempunyai keunikan tersendiri pada tiap-tiap blognya.

Buat poin-poin pembahasan
Membuat poin pembahasan dan menuliskan penjelas dibawahnya akan mempermudah para pembaca blog yang hanya sekadar mencari tumpuan singkat. Mereka tidak akan memperdulikan klarifikasi dari setiap poin tersebut, lantaran mereka akan memakai poin-poin yang disajikan untuk dijelaskan memakai bahasa mereka sendiri. Sehingga penting bagi kita untuk menciptakan poin-poin pembahasan, misalkan dengan memberi atribut bold pada hal yang akan kita bahas.

Kesimpulan
Menulis artikel blog sebenarnya mudah, asal kita menguasai teknik menulisnya. Semakin sering anda berlatih maka semakin baik artikel yang anda hasilkan. Pengalaman anda akan memperlihatkan kekhasan dari setiap artikel yang dituliskam pada blog anda.

CATATAN PENTING : Sebaik-baiknya goresan pena harus ditunjang dengan kualitas sebuah link aktif yang menghubungkan menuju goresan pena tersebut. Putusnya sebuah tautan akan berakibat fatal terhadap hasil pencarian sebuah mesin pencari. oleh karen itu, kenali penyebab putusnya tautan dan cara mengatasi tautan yang putus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *