Teknik Memperbaiki Tata Kalimat Dalam Paragraf

By | Februari 28, 2018
 Memperbaiki tata kalimat dalam paragraf yaitu sebuah bahan Bahasa Indonesia yang sering Teknik Memperbaiki Tata Kalimat dalam Paragraf
Memperbaiki tata kalimat dalam paragraf


Pengantar Singkat

Memperbaiki tata kalimat dalam paragraf yaitu sebuah bahan Bahasa Indonesia yang sering keluar ketika Ujian Sekolah atau yang kini dekat dengan nama USBN. Memperbaiki tata kalimat bergotong-royong masih berkaitan dengan bahan menyunting kalimat.

Perbedaan memperbaiki tata kalimat dalam paragraf dengan memperbaiki ejaan yaitu peserta didik diharuskan memperbaiki sebuah kalimat yang kalimatnya masih menyatu dengan paragraf. Tujuannya biar tercipta paragraf yang padu, yummy dibaca dan mempunyai kelengkapan unsur kalimat.
Apa itu kalimat?
Kalimat yaitu 1) kesatuan ujar yang mengungkapkan suatu konsep anutan dan perasaan 2) perkataan 3) satuan bahasa yang secara relatif bangun sendiri, mempunyai pola intonasi selesai dan secara kasatmata atau pun potensial terdiri atas klausa. Itulah pengertian kalimat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Kalimat terdiri atas fungsi subjek, predikat, objek, keterangan dan pelengkapan. Meskipun tidak semua fungsi harus dihadirkan dalam kalimat. Namun, minimal kalimat mempunyai fungsi subjek dan predikat, objek ditambahkan bila dibutuhkan, pola ibarat ini sering disebut dengan kalimat tunggal. 
Kalimat dianggap tidak sempurna susunan bahasanya atau tidak efektif akan mengakibatkan maksud dari kalimat tidak sanggup dipahami oleh peserta atau pendengar. Ketidak efektifan kalimat tersebut disebabkan oleh hal-hal berikut:
Ketidaklengkapan Unsur Kalimat
Kalimat dianggap tidak lengkap bila unsur dari kelimat yang berupa subjek dan predikat tidak ada dalam kalimat tersebut. Subjek dan predikat merupakan unsur minimal sebuah kalimat (kalimat tunggal), absensi unsur tersebut akan menghipnotis kelengkapan kelimat contoh:

Mencuci baju
Kalimat tersebut tidak efektif lantaran tidak menjelaskan orang (subjek) yang mencuci baju. Pembetulan dari kalimat tersebu yaitu Rico mencuci baju
Penggunaan Unsur Kalimat secara berlebihan
Unsur berlebihan sanggup berupa penggunaan kata yang mempunyai arti sama atau penggunaan kata kiprah yang tidak perlu. Faktor-faktor tersebut biasanya dipengaruhi oleh Bahasa Lisan yang sering diucapkan. Padahal, bahasa tulis dengan verbal itu berbeda. Sebagai pola kalimat berikut ini:

Bapak-bapak semua yang berbahagia
Kalimat tersebut tidak efektif lantaran kata ulang bapak-bapak sudah mempunyai makna banyak, ditambah lagi dengan kata semua yang mempunyai makna banyak. Terjadi pemborosan kata pada kalimat diatas. Suntingannya Bapak-bapak yang berbahagia
Ketepatan Penempatan Unsur dalam Kalimat
Peletakan unsur-unsur yang sempurna dalam kalimat akan menciptakan kalimat menjadi efektif dan menarik. Salah peletakan unsur dalam kalimat akan menciptakan makna kalimat tersebut menjadi ambigu. Contoh:

Membuang sampah sembarangan sebelum terjadi banjir, banyak warga
Kalimat tersebut kurang tepat, sehingga kalimat diatas terkesan sangat kaku. Perbaikan dari kalimat tersebut yaitu Sebelum terjadi banjir, banyak warga membuang sampah sembarangan
Kunci Pengerjaannya
Jika anda menemukan soal perbaikan kalimat dalam paragraf tersebut dalam soal pilihan ganda. Langkah yang perlu anda lakukan sebetulnya cukup sederhana. yaitu mengamati pilihan tanggapan yang mempunyai kalimat paling endak dibaca, paling efektif dan paling menuju pada inti permasalahan.

Cara biar sanggup pribadi mengetahuinya? perbanyak membaca, akan mempermudah anda mengetahui permasalahan dalam sebuah kalimat

Contoh Soal

Para siswa kelas VI SD Maju Jaya berkunjung ke Museum Gula. Sampai di lokasi menerima klarifikasi dari petugas museum. Mereka dengan cermat memperhatikan klarifikasi petugas. sambil mencatat, ada beberapa siswa bertanya kepada petugas.
Perbaikan : Sampai dilokasi mereka menerima klarifikasi dari petugas museum

Semalam Desa Pelita kebanjiran. Luapan air dari sungai merambat pribadi ke pemukiman penduduk. Seluruh penduduk mengungsi sementara harta benda mereka ada yang terendam oleh banjir. Para penduduk semua sangat khawatir akan masa depan mereka sekalian.
Perbaikan : Penduduk sangat khawatir akan masa depan mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *