Tata Cara Menciptakan Profile Google Scholar Lengkap

By | Februari 14, 2020

Google Scholar ialah sebuah mesin pencarian publikasi ilmiah menyerupai artikel jurnal, artikel prosiding, buku, skripsi/tesis/desertasi, dan sebagainya. Beberapa fiturnya mendukung para peneliti dalam proses desiminasi hasil penelitian yang telah dipublikasikan. Lebih dari itu, Google Scholar sanggup membantu dosen, mahasiswa, peneliti untuk mengevaluasi dan melihat siapa yang telah mensitasi artikelnya.

Langkah 1: Membuat Profil
1. Log in memakai akun Google anda ke laman https://scholar.google.com, lalu klik “Sign in”. jikalau anda belum memiliki akun Gmail, silahkan klik “Create account

2. Klik Profil saya, akan muncul tampilan menyerupai dibawah ini

3. Masukan info anda yang meliputi, afiliasi/universitas, alamat e-mail (sebaiknya memakai e-mail unpkediri.ac.id), bidang dan keahlian, serta URL homepage universitas. Jika telah final klik “Berikutnya”. Hasilnya menyerupai tampilan dibawah ini

Langkah 2: Masukkan artikel kedalam profil Google Scholar
1. Ketik nama anda pada pilihan “Add article groups” dan “Add article manually”
2. Pilihlah artikel anda yang telah dipublikasikan

3. Akan muncul seperi tampilan menyerupai dibawah ini

Langkah 3: Memperbarui profil 
Terdapat 2 (dua) cara untuk memperbarui profil Google Scholar, yakni secara otomatis atau secara manual. Pilihlah metode otomatis semoga profil anda diperbarui secara otomatis. Namun, anda harus menyidik secara terencana profil Google Scholar anda, alasannya sanggup saja artikel yang dimasukkan secara otomatis bukan artikel yang anda publikasikan.

Terdapat info dalam profil Google Scholar, diantaranya adalah:
Citation: Jumlah seberapa banyak artikel yang disitasi
h-index:  Artikel  sejumlah  h  yang  setidaknya  telah  disitasi  sejumlah  h.  Misalnya  h-index=6 (enam), artinya telah ada 6 artikel yang disitasi sebanyak 6 publikasi lainnya.
i-10  index: Jumlah  publikasi  peneliti  masing-masing  artikel  yang  telah  disitasi  sebanyak  10 (sepuluh) kali

Contohnya menyerupai gambar dibawah ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *