Pramuka Sebagai Pendidikan Abjad Bangsa

By | September 21, 2011
pendidikan aksara bangsa melalui pramuka Pramuka Sebagai Pendidikan Karakter Bangsa
Pramuka sebagai Pendidikan Karakter Bangsa

Pendidikan di sekolah tidaklah cukup untuk mendidik aksara penerima didiknya. Pendidikan formal kebanyakan hanya mendidik aspek kognitif dari penerima didik. Pramuka sebagai gerakan yang menanamkan nilai-nilai luhur seorang pramuka yang menjadi aba-aba kehormatan dan aba-aba tabiat gerakan pramuka, sanggup dipakai sebagai alat bantu untuk mendidik aksara bangsa.

Pendidikan pramuka yang ditanamkan di sekolah sebagai kegiatan ekstrakurikuler hanya masih belum maksimal dalam mengubah aksara bangsa. Namun, kalau pendidikan pramuka diintegrasikan kedalam mata pelajaran yang ada di sekolah pasti untuk menanamkan aksara seorang pramuka sejati, kesannya akan nampak jelas.
Pramuka yang didirikan oleh seorang mantan tentara Inggris (Boden Powel), tujuannya ialah menanamkan nilai-nilai nasionalisme generasi muda, biar generasi muda lebih mengasihi negaranya, lebih loyal kepada negara dan siap membela negaranya kapan saja dikala dibutuhkan. Tetapi, kini dalam perkembangan zaman yang sangat pesat, pramuka sanggup dimodifikasi menjadi sebuah sarana pendidikan untuk menanamkan nasionalisme warga negara, juga dipakai sebagai sarana pendidikan karakter. Tujuannya biar aksara orisinil bangsa ini tidak cepat luntur dimakan arus isu yang semakin cepat dan berdampak pada tabiat aksara bangsa.
Dewasa ini belum dewasa muda sebagai tunas-tunas impian negara yang nantinya akan menggantikan untuk memimpin negara ini moralnya sudah sangat memprihatinkan. Bukan cuma pada kenakalan ramaja saja. Sekarang, pergaulan bebas dewasa berdampak jelek bagi tabiat generasi sekarang. Oleh karenanya, melalui pendidikan aksara ini dibutuhkan genarasi muda sanggup membentengi dirinya dalam menggarungi derasnya isu kini ini dan perubahan budaya bangsa serta lunturnya nilai-nilai luhur bangsa.
Pendidikan yang kini seharusnya perlu di upgraid lagi menjadi pendidikan yang bukan saja mencerdaskan aspek kognitif belaka tetapi juga pada ranah afektif. Jika kepramukaan sanggup diintegrasikan pada setiap mata pelajaran akan sanggup menawarkan tunjangan yang besar pada perbaikan aspek afektif pada pendidikan bangsa ini disamping pendidikan agama.
Manfaat lain dari pramuka ialah pramuka sanggup menjadi sebuah kegiatan yang sanggup mencegah timbulnya penyakit berbahaya yaitu HIV/AIDS. Info selengkapnya sanggup dilihat di artikel yang terkait.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *