Perbandingan Kualitas Jasa Kurir Pengiriman Online

By | Februari 14, 2020
Dari beberapa kali penjualan dan pembelian di bbrp marketplace online, aku pernah pake beberapa Kurir dibawah ini :
1. POS
Ini kurir favorit kantong cekak sebelum ada Wahana. Maklum pengiriman dari Jawa ( dimana banyak supplier disana ) ke Kalimantan mahal uiy…
Sekarang? Ongkir via POS entah mengapa jadi ikutan mahal, bahkan beberapa produk yang pernah aku order, pake POS khusus lebih mahal dari JNE reguler, dengan estimasi waktu kedatangan yang sama.
Satu lagi yang kurang dari POS ialah kemasan barangnya. Barang kiriman tidak dikemas dalam plastik ibarat lebih banyak didominasi kurir yang aku bahas disini.
Soal pengiriman dari POS ke rumah, ini masih lambat. Saya pernah cek barang sudah hingga di kantor POS tapi butuh waktu 4-5 hari untuk diantar ke rumah.
2. JNE
Nah ini kurir sejuta umat, kabarnya JNE paling diuntungkan dengan adanya pertumbuhan ecommerce di Indonesia. Layanannya standar saja, kemasan dengan plastik tambahan. tarif kiriman juga rata tengah. Cuma kiriman dari Jawa, mau pake yang paket reguler, ekonomis, atau yang paket 1 hari nyampe, kalo ke kalimantan hampir ga ada bedanya. Rata-rata 3 hari semua.
Untuk pengiriman barang ke rumah, biasanya butuh waktu komplemen 2-3 hari, itu sebabnya aku ga betah dan eksklusif ngelonyor ke kantornya kalau di tracking barang sudah masuk. Cuma ini khusus di tempat aku lho ya, lantaran layanannya beda2 per cabang.
3. TIKI
Ini kantornya paling akrab dari rumah (sebelum J&T buka kantor gres disini). Harga, layanan, kualitas sama ibarat JNE. Hanya catatan soal pengiriman ke rumah, lantaran rumah aku masuk wilayah kabupaten banjar sementara kantor paling akrab masuk wilayah banjarbaru, jadi kurirnya suka galau sendiri. Dikirim ke kantor kab banjar itu malah kejauhan, diantar sendiri itu bukan wilayahnya, kesudahannya beberapa kali barang nyangkut di kantor sub agen.
4. J&T
Saya cukup pesimis dikala J&T buka layanan. Pertama lantaran saingannya sangat senior, Kedua lantaran kantornya jauh, Ketiga lantaran harga kirim dari Jawa mahal. Tapi sehabis cukup perluasan di mana-mana, layanannya membaik. Di sekitar rumah aku aja ada 2 kantor agennya. Layanannya dapat jemput ke rumah.
Hal yang cukup mengejutkan, memang ongkir dari jawa ke kalimantan paling mahal, selisih dikit ama JNE/TIKI, itupun banyak promosi diskon ongkir, jadi ya samalah kayak yang dua itu, tapi kiriman dari Kalimantan ke Jawa lebih murah dibanding yang lain ( kecuali ama Wahana )
Layanan packing dll sama ibarat JNE. Hal aktual lainnya soal kecepatan antar, 3 hari ya 3 hari, barang nyampe eksklusif diantar. Trackingnya paling detail dibanding yang lain, mulai dari terima barang di sub biro mana, hingga siapa nama ‘sprinter’ yang ngirim ke rumah kita.
5. Wahana
Nah ini kurir favorit aku lantaran murah, cuma 15rb/kg dari seluruh wilayah indonesia dan 13rb/kg khusus dari wilayah jatim. Wahana ini kualitasnya angin-anginan. Contoh kiriman dari Surabaya, dapat 2 hari nyampe lho… padahal pake paket biasa, benar2 the flash. Tapi… kiriman dari Jakarta kadang 1minggu – 10 hari gres nyampe. Pokoknya ‘Sabar Menanti’ aja dah, namanya juga Pak Eko ( Paket Ekonomis, mashoook pak eko…!!! )
Hal yang kurang lainnya ialah packing dan tracking. Packing sama kayak POS, tidak ada kemasan plastik tambahan. Soal tracking ini yang sering bikin mumet. Bayangkan, isinya trackingnya cuma ‘Dikirim ke Kota Tujuan’, apa ga puyeng tuh.
Kesimpulan
—-
Banyak pilihan kurir di marketplace, bahkan selain yang aku sebutkan diatas. Cuma lantaran posisi aku di Kalimantan Selatan, jadi agak2 terbatas mau pilih kurir. Wahana ialah favorit aku khusus untuk duduk kasus ongkir, rata2 aku pake ini untuk order barang dari Jawa. Soal lamanya pengiriman dan packing, ga masalah. Harap maklum lantaran terkompensasi dengan harga. Perkuat sendiri aja packingnya.
Jika perlu pengiriman cepat, maka aku rekomendasikan J&T. Ketepatan waktunya cantik dan packing juga oke. Soal harga ya anggap rata2 sama dengan kurir pada umumnya, malah dapat lebih murah lantaran J&T masih jor2an promosi Gratis Ongkir. Kalo kepepet waktu dan butuh segera digunakan, aku pake J&T, apalagi untuk pengiriman ke Jawa.
Tentunya opini diatas sebatas pengiriman barang2 eceran kecil2an yang umum, biasanya produk konsumer atau end user yang diorder via marketplace. Bukan pengiriman barang grosir gede2an. Kaprikornus aku tidak membandingkan dengan ekspedisi kapal bahari atau dengan layanan semacam JNE Truck.
Disclaimer : ini sekedar share pengalaman pribadi, bukan menilai secara keseluruhan. Hanya khusus layanan di wilayah aku saja, dapat jadi ditempat lain beda. Dan aku bukan endorser, jadi tidak ada relasi bisnis dengan kurir2 diatas.
Sumber:
https://www.facebook.com/1559044557/posts/10216787163582292/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *