Peran Insan Dalam Kala Kemajuan Teknologi

By | Juli 1, 2011
 Sebelum membaca artikel ini hendaknya kita bersyukur dengan apa yang Tuhan Yang Maha Esa  Peran insan dalam kala kemajuan teknologi
Manusia dan teknologi

Pengantar Singkat
Sebelum membaca artikel ini hendaknya kita bersyukur dengan apa yang Tuhan Yang Maha Esa berikan kepada kita. Jika selama ini kita belum bisa mensyukuri apa yang Tuhan YME berikan kepada kita hendaklah mulai kini kita mencoba untuk mensyukurinya sedikit demi sedikit. Karena intinya Manusia (normal) itu tidak kalah dengan sesuatu yang diciptakan oleh insan itu sendiri.

Lingkup Permasalahan
Pada bulan Maret 2008 aku membeli sebuah majalah komputer. pada halaman viewpoint aku menemukan sebuah artikel yang ditulis oleh seorang Analisis sistem dan Pemerhati sekuriti yang judulnya PROCESSOR-OTAK sehabis membaca hingga selesai artikel tersebut. Saya jadi bertanya-tanya? Bagaimanakah tugas insan dalam kala kemajuan teknologi?

Antara Tubuh Manusia dan Teknologi
Komputer atau teknologi lainnya dikembangkan menurut imajinasi insan dan dibentuk supaya mempunyai fungsi yang menyontek kemampuan manusia. Meskipun, komputer (sebagai perwakilan teknologi) bisa menciptakan sesuatu yang lebih baik dari insan namun pada hakikatnya masih banyak kemampuan insan yang belum dicapai oleh teknologi.

Misalkan : Perbandingan antara otak insan dengan Storege drives (tempat penyimpanan)

Otak insan merupakan organ salah satu kendali yang utama dari badan manusia. Menurut penelitian otak insan bisa menguasai lebih dari 15 macam bahasa yang berbeda. Kemampuan membelah pada sel otak insan mengakibatkan otak tidak perlu melaksanakan penambahan ruang untuk menyimpan data.

Hal tersebut sangat berbeda dengan harddisk pada sistem komputer yang juga berfungsi untuk menyimpan data. Harddisk mempunyai kemampuan yang terbatas pada kapasitas penyimpanannya. Sampai kini pun penulis belum pernah membaca artikel wacana hardisk berkemampuan memperbesar kapasitas penyimpanan.

Manusia yakni makhluk hidup yang paling istimewa dibandingkan makhluk hidup lain, lantaran insan mempunyai akal.

Belum lagi perbandingan antara mata dengan kamera, atau lengan robot dengan lengan manusia. Bahkan kecerdasan buatan (AI) saja masih kalah dengan perasaan manusia.

Oleh alasannya yakni itu, dalam perkembangan kemajuan teknologi insan masih menjadi hal utama yang menjadi aktivis dan penentu arah kemajuan. Sehingga kalau todak ada insan maka tidak akan ada perkembangan teknologi, alasannya yakni insan yang diberi kepercayaan oleh Tuhan YME untuk mempunyai logika yang sanggup dipakai untuk berfikir.

Selain itu, apakah tugas insan dalam kala kemajuateknologi?

  1. Manusia menjadi subjek yang bertindak sebagai pengambil keputusan atau tindakan. Misalkan : pembaca memakai komputer maka perintah komputer akan laksanakan kalau pembaca mengambil keputusan (perintah) dalam menjalankannya.
  2. Teknologi yang lebih maju menjadi sebuah media untuk membantu mempermudah pekerjaan manusia. Sehingga penggunaannya tergantung oleh manusia. Misalkan : Teknologi video call sanggup dipakai dikala di inginkan saja. Kalau hal-hal singkat bisa melalui pesan singkat.
  3. Latar belakang pendidikan insan (pengguna) akan menjadi kunci dari penggunaan teknologi. Faktor pendidikan ini mengakibatkan teknologi yang lebih mutakhir hanya dikuasai oleh orang-orang yang sebelumnya telah memperoleh training atau pendidikan. Misalkan : pada teknologi pembuatan dan pengelolaan satelit luar angkasa.
  4. Manusia menjadi kawasan untuk memanajemen penggunaan teknologi. Banyaknya teknologi yang dimiliki seseorang diharapkan pemanajemenan yang baik supaya semua bisa berjalan dengan sendirinya. Manajemen ini masih memerlukan pengaturan oleh manusia.

Kesimpulan
Kemajuan teknologi tidak akan terpisahkan dari kemampuan Sumber Daya Manusianya. Teknologi yang tinggi mengharuskan seseorang untuk bisa menguasainya melalui pendidikan atau training terlebih dahulu. Sehingga tugas insan masih dibutuhkan dalam kemajuan teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *