Pentingnya Menciptakan Kerangka Karangan

By | Maret 21, 2018
manfaat pentingnya menciptakan kerangka karangan Pentingnya Membuat Kerangka Karangan
Download pola kerangka karangan dan pengembangannya

Pengantar Singkat
Mengarang ialah aktivitas yang menyenangkan, khusus bagi siswa sekolah dasar mengarang bisa dikatakan bahan wajib Bahasa Indonesia. Setelah bahan wacana kalimat guru pastinya akan mengajarkan bahan mengarang, mulai dari mengarang surat, puisi, pantun, syair hingga pada mengarang cerita.
Ruang Lingkup
Artikel kali ini kita akan membahas bahan wacana perlunya menciptakan kerangka karangan dalam kaitannya bahan pelajaran mengarang. 

Apa itu kerangka karangan?

Mudahnya kerangka karangan ialah susunan inspirasi pokok yang akan dibentuk menjadi karangan atau inspirasi pokok yang menjadi jalan ceritanya. 
Mengapa menciptakan kerangka karangan itu penting?
  1. Kerangka karangan sanggup berfungsi dan bermanfaat sebagai alat bantu khususnya dalam alat bantu mengarang, misalnya:
  2. Kerangka karangan ialah konsep dasar dari pengembangan sebuah cerita. Melalui kerangka karangan penulis bisa menuliskan kisah dengan runtut sempurna dan yummy dibaca atau dimengerti.
  3. Kerangka karangan juga akan membatu siswa biar kisah yang dihasilkan sanggup fokus dan tidak keluar dari alur cerita. 
  4. Kerangka Karangan sanggup menjadi catatan penting yang nantinya akan dikembangkan kedalam sebuah cerita 
  5. Kerangka karangan akan memudahkan penulis dalam mencari data pendukung dalam karangan yang dibuatnya

Bagaimana cara mengembangkan kerangka karangan?
Penting untuk dicatat bahwa kerangka karangan mempunyai fungsi utama sebagai alat bantu dalam mengembangkan ide-ide penulisan. Sehingga untuk mengembangkan kerangka karangan diperlukan kemampuan berbahasa khususnya kemampuan menulis yang nanti jadinya akan berbeda-beda tiap individu. Pembaca sanggup mengembangkan kerangka karangan melalui :
1. Mencari tema dan judul
Karangan tidak akan lepas dari tema. Tema ialah inti permasalahan sebuah kisah , sehingga penting untuk mencari tema yang pas sebelum mengembangkan kerangka karangan. 

2. Mengumpulkan data yang dibutuhkan
Mengumpulkan data yang diperlukan sanggup dicatat pokok-pokoknya saja. Secara langsung saat penulis akan menulis artikel penulis mencatat data-data yang diperlukan terlebih dahulu. Jika goresan pena berupa kisah maka penulis akan menyebarkan kerangka kisah (kerangka karangan) dengan susunan yang sempurna sehingga menghasilkan kisah yang menarik
3. Menentuhkan susunan cerita
Susunan kisah yang sempurna akan memudahkan pembaca dalam memahami pembahasan yang sedang disajikan. Susunan kisah atau alur kisah juga bisa dipakai untuk mengetahui tingkat pengetahuan dari penulis cerita. Jika anda seorang guru di SD (SD), penulis yakin kalau 80% aktivitas mengarang yang dinilai ialah bentuk goresan pena anak didik (rapi atau tidaknya tulisan) dan susunan goresan pena yang dibentuk anak didik (runtutan kisah atau alur cerita). Berdasarkan poin ditas mengatakan bahwa susunan kisah menjadi sebuah hal yang sangat vital sekali.
4. Membuat Judul
Setelah pembaca menemukan tema yang sempurna mengumpulkan data dan menentuhkan susunan cerita, langkah selanjutnya ialah menciptakan judul. Mengapa judul diakhirkan? Jika kita sudah mengetahui isi kisah yang akan kita bawakan maka memberi judul bisa menjadi pekerjaan yang gampang dan positifnya judul yang diberikan akan lebih menarik alasannya ialah ceritanya sudah tersusun dengan runtut pada kerangka karangannya. 
Dalam dunia Blogging pun sama, memberi judul yang menarik akan mempermudah mendatangkan pengunjung blog. Tapi, perlu dicatat mohon jangan menuliskan judul yang menarik dengan pembahasan yang berbeda dari judul tersebut.

Contoh Susunan Kerangka KaranganTema : …..
Rencana Judul : …..
Isi Cerita
1. …..
2. …..
3. …..
… dst.

Download Contoh Kerangka Karangan dan Pengembangannya
Jika pembaca menghendaki pola kerangka karangan dan pengembangannya menjadi sebuah cerita. Pembaca sanggup mengunduh dalam file yang kami simpan di Mediafire kami. Klik tombol dibawah untuk mulai mengunduh.

Kesimpulan
Kerangka karangan akan mempermudah siswa dalam mencar ilmu mengarang sehingga para siswa jago dalam mengarang dan bisa menceritakan sebuah kisah secara runtut dan benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *