Pengertian, Manfaat Dan Tujuan Berkemah

By | Mei 17, 2012
 berkemah dalam acara kepramukaan merupakan hal wajib yang harus dialami oleh setiap  Pengertian, Manfaat dan Tujuan Berkemah
Ilustrasi bentuk api unggun

Kegiatan kepramukaan tidak terlepas dari istilah berkemah, berkemah dalam acara kepramukaan merupakan hal wajib yang harus dialami oleh setiap pramuka. Namun, tahukah anda manfaat dan tujuan berkemah?

Sebelum membahas kalimat tersebut ada baiknya kita menelaan terlebih dahulu pengertian berkemah.

Apa itu berkemah?

Berkemah ialah sebuah acara rekreasi di luar ruangan. Kegiatan ini umumnya dilakukan untuk beristirahat dari ramainya perkotaan, atau dari keramaian secara umum, untuk menikmati keindahan alam. Berkemah biasanya dilakukan dengan menginap di lokasi perkemahan, dengan memakai tenda, di bangunan primitif, atau tanpa atap sama sekali.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kemah (kata benda) ialah tempat tinggal darurat, biasanya berupa tenda yang ujungnya hampir menyentuh tanah dibentuk dari kain terpal dan sebagainya. perkemahan (kata benda) 1 hal berkemah; 2 himpunan kemah (pramuka, pasukan, dsb); daerah berkemah.
Berkemah juga bisa dimaknai dengan membuat rujukan hubungan keluarga. Mengapa demikian? Karena, berkemah didalamnya terdapat banyak sekali macam unsur terbentuknya sebuah keluarga, ada Pemimpin (pimpinan regu), ada yang anggota-anggota yang mempunyai kiprah yang berbeda-beda, ada juga “rumah” yang dibangun
Siapa Peserta Perkemahan?
Secara umum orang yang berkemah ialah orang-orang yang mempunyai hobi bertualang, para petualang ini umumnya mereka akan berkemah baik di pantai di gunung maupun di tempat-tempat yang mereka inginkan. Organisasi yang sangat erat dengan acara berkemah ialah pecinta alam dan pramuka.

Selain itu, ada juga istilah perkemahan yang merupakan acara berkemah secara bahu-membahu pada sebuah daerah tertentu. Peserta perkemahan ini umumnya berasal dari organisasi pramuka atau kepanduan lain yang mempunyai tujuan untuk berkumpul dan melaksanakan perlombaan guna mencari penerima terbaik.

Peserta perkemahan pramuka dimulai dari tingkat siaga (tidak menginap hanya sebatas berkumpul dari pagi hingga siang atau lebih sering disebut pesta siaga) hingga dengan pandega, Nantinya, materi perkemahan yang dilombakan diadaptasi dengan tiap jenjangnya.

Perkemahan siaga dilakukan dengan pesta siaga yang hanya dilakukan satu hari saja itupun hingga pukul 12.00 siang. Sedangkan untuk tingkat pecahan dan seterusnya biasanya dilakukan selama tiga hari atau lebih.

Macam-macam Jenis Berkemah
Macam-macam berkemah sanggup ditinjau dari :

  1. Lama waktu pelaksanaan (satu hari, dua hari atau tiga hari)
  2. Tempat Pelaksanaannya (menetap atau berpindah)
  3. Tujuan pelaksanaan (perlombaan, rekreasi, penelitian atau lainnya)
  4. Jumlah penerima (perkemahan tingkat gudep, ranting, cabang atau lainnya)

Contoh Kegiatan yang sanggup dilakukan dalam perkemahan
Kegiatan yang dilakukan dalam perkemahan (khususnya perkemahan pramuka) antara lain :

  1. Permainan
    Perkemahan selain dipakai untuk pertemuan anggota pramuka juga sanggup dipakai sebagai sarana permainan yang dilombakan guna mencari tim terbaik dengan anggota yang cerdas dan tangkas
  2. Wide Game
    Wide game atau acara mencari jejak merupakan acara penjelajahan lingkungan sekitar dengan penambahan perlombaan-perlombaan kecil dalam rutenya
  3. Api Unggun
    Api unggun bisa dikatakan merupakan acara puncak dalam program berkemah pramuka yang diadakan di malam terakhir perkemahan

Apa Manfaat Berkemah?

Berkemah mempunyai manfaat antara lain :
  1. Mengagumi alam ciptaan Tuhan YME
  2. Mempercakap diri dalam melaksanakan ajaran-ajaran pramuka
  3. Mempraktikan sistem kerukunan
  4. Dapat mengenal alam dan mitra dari dekat
  5. Kita akan menemukan hal-hal yang gres yang akan mempertebal percaya pada diri pribadi

Lalu apa tujuan dari berkemah?
  1. Memeberikan pengalaman adanya saling ketergantungan antara unsur-unsur alam dan kebutuhan untuk melestarikannya, menjaga lingkungan dan menyebarkan perilaku bertanggung jawab akan masa depan yang menghormati keseimbangan alam.
  2. Mengembangkan kemampuan diri mengatasi tantangan yang dihadapi, menyadari tidak ada sesuatu yang berlebih di dalam dirinya, menemukan kembali cara hidup yang menyenangkan dalam kesederhanaan.
  3. Membina kerjasama dan persatuan dan persaudaraan.
Manfaat dan tujuan berkemah dalam memang bukan mencerdaskan orang secara kognitifnya saja, namun, juga menuntut afektif dan psikomotor. Hal itu terang mengakibatkan bahwa pramuka memang sebuah wahana yang sangat sempurna untuk membentuk

suatu aksara bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *