Pengertian, Fungsi, Dan Sejarah Ram(Random Access Memory)

By | Februari 14, 2020

Hai teman ! Apa kabar? baik kan? Pasti baik kan? Biaik dong!

Kabar baik nih buat kalian , lantaran di hari ini kita akan mengorek isu mengenai salah satu komponen (hardware) komputer/laptop yaitu RAM(Random Access Memory).Sudah tidak sabar? Langsung aja baca di bawah!

Pengertian RAM

Apa sih RAM itu?

Secara singkat RAM(Random Access Memory) merupakan komponen komputer yang berfungsi sebagai daerah penyimpanan (memori) sementara ketika komputer sedang digunakan.Artinya sehabis komputer mati , maka RAM akan kembali kosong dan diisi data gres yang diharapkan ketika komputer digunakan kembali.Sesuai namanya RAM ( Random Access Memory ) ,RAM sanggup diakses secara acak atau random , sehingga RAM mempunyai kecepatan yang lebih cepat daripada media penyimpanan lainnya.

Fungsi RAM

Fungsi utana dari RAM ialah mempercepat pemrosesan data pada komputer.Maka semestinya, semakin besar kapasitas RAM yang dipasang , maka semakin cepat kinerja dari komputer , dan semakin mahal pula harganya.

Selain itu , RAM juga berfungsi sebagai media penyimpanan disaat komputer/laptop dalam keadaan hidup sehingga data masih tersimpann di dalam RAM selagi komputer masih hidup.

Misalkan, ketika kita menciptakan sebuah dokumen di Excel, kemudian kita tutup aplikasi Excel-nya dan kita lupa untuk menyimpan dokumen tersebut terlebih dahulu.Tenang saja dokumen yang kita buat akan tersimpan di memori RAM secara otomatis.Jadi , kita bisa membuka dokumen tersebuat melalui history terakhir dari Excel tadi.

Dan yang wajib kita ketahui RAM tidak hanya satu jenis saja, tetapi RAM mempunyai beberapa jenis , berikut ialah jenis RAM dari masa ke masa yang wajib kita ketahui keberadaannya !

  1. EDORAM (Extended Out Random Access Memory)

    Gambar EDORAM

     Pada sekitar tahun 1995, EDORAM gres dikembangkan dan sudah mempunyai kemampuan yang lebih cepat dalam membaca dan mentransfer data dibandingkan dengan jenis-jenis memori pendahulunya.Slot memori untuk memasaang EDORAM ialah 72 pin.

    Hebatnya RAM ini sangat cocok dipasang pada semua komputer generasi Pentium.Dan lebih hebatnya lagi RAM ini juga sanggup menyimpan dan mengambil data memori secara bersamaan.Namun sangat disanyangkan RAM ini hanya mempunyai kecepatan maksimal 50 Mhz saja.

  2.  DRAM (Dynamic Random Access Memory)
    Gambar DRAM

     DRAM ini ialah sebuah memori semikomduktor yang membuuhkan kapasitor sebagai sarana untuk menyegarkan data yanf ada di dalam DRAM.Kecepatan dari DRAM ini tidak mengecewakan tinggi yaitu frekuensi kerja yang bervariasi antara 4,7 Mhz hingga 40 Mhz.Disebabkan DRAM ini menyimpan setiap bit (bagian) data dalam suatu sirkuit terpadu.

    Namun masih kalah cepat jikalau dibandingkan dengan SRAM.DRAM juga dikatakan sebagai memori yang lebih dinamis dibandingkan dengan memori yang lain.

    Kelemahan dari DRAM ialah data yang ada pada DRAM harus selalu disegarkan (direfresh) secara bersiklus oleh CPU biar data-data yang ada di memori tersebut tetap ada.

  3.  RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)

    Gambar RDRAM

      Komponen ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1995 dengan kecepatan 600Mbytes/secon.Akan  tetapi pada tahun 1997 , kecepatan RDRAM meningkat hingga 700 MBps.Bahkan pada tahun 1998 meningkat menjadi 1,6 GBps.

    Sebenarnya RAM jenis ini pada awalnya dikembangkan untuk komputer dengan processor pentium 4 atau untuk keperluan perangkat gaming saja.Selain itu , RDRAM juga bertipe dinamis sinkron , serta memakai bus speed sebesar 800 Mhz.Slot memori untuk RDRAM ialah 184 pin.

  4.  SRAM (Static Random Access Memory)

    Gambar SRAM

    Kualitas dari SRAM ini sanggup melebihi jenis RAM pendahulnya.Hal ini lantaran SRAM terbuat dari suatu alat semi konduktor yang tidak membutuhkan suatu kapasitor dan tidak membutuhkan suatu penyegaran secara bersiklus sehingga kinerjanya lebih cepat.

    SRAM in didesain memakai desain cluster enam transistor untuk menyimpan setiap bit informasi.Sayangnya , SRAM mempunyai kekurangan yakni biaya prduksi yang sangat mahal.Tidak mengherankan jikalau RAM ini hanya tersedia dalam kapasitas kecil dan hanya digunakan untuk kepingan yang benar-benar penting saja.Chip ini sering digunakan untuk chace memori.SRAM ini mempunyai kecepatan yang sanggup menyaingi kecepatan processor 500 MHz.

  5. SDRAM(Synchronous Dynamic Random Access Memory)
    Gambar SDRAM

    Jika DRAM mempunyai kecepatan frekuensi kerja yang bervariasi  antara 4,7 Mhz hingga 40 Mhz , maka SDRAM mempunyai kecepatan yang lebih tinggi dibanding DRAM.Karena kecepatan SDRAM sanggup mencapai 100 Mhz hingga 133 Mhz.

    SDRAM banyak dijumpai dan digunakan pada sekitar tahun 1996 hingga 2003.SDRAM juga mempunyai 168 pin saluran transfer data.Ciri-ciri dari SDRAM ini yaitu mempunyai dua celah dibagian kakinya.RAM ini sering diletakan pada slot DIMM/SDRAM di motherboard yang hanya bisa menampung memori mulai dari 16 MB hingga 1 GB.

  6.  FPM DRAM (First Page Mode DRAM)

     
     Gambar FPM DRAM

    Setelah tadi kita membahas mengenai DRAM , maka jenis RAM yang satu ini merupakan bentuk orisinil atau bentuk asal dari DRAM tersebut.Kecepatan transfer maksimum yang dimiliki untuk chace L2 hampir menjangkau angka 176  MB per detik.FPM berjalan pada frekuensi antara 16 MHz hingga 66 MHz dengan susukan waktu mencapai 50ns.

  7. Flash RAM
    Gambar Flash RAM

     Flash RAM merupakan jenis memori berkapasitas rendah yang biasanya digunakan pada perangkat elektronik menyerupai TV , VCR , hingga ponsel lama.Namun sayang , memori yang satu ini hanya sanggup dipasang pada perangkat yang memerlukan refresh dan daya sedikit.

  8.  DDR SDRAM(Double Date Rate SDRAM)
    Gambar DDR SDRAM

      Jenis RAM yang satu ini menjadi salah satu dari sekian banyak RAM yang mempunyai kecepatan tertinggi melebihi RAM lainnya.Sehingga tak bisa dipungkiri , jikalau RAM ini sering dijumpai menempel diberbagai perangkat pada zaman kini ini.Karena DDR SDRAM ini mempunyai kecepatan yang amat tinggi melebihi jenis memori lainnya.Maka sudah niscaya RAM ini sanggup menjalankan lebih dari satu proses sekaligus pada waktu yang bersamaan,.Memori ini mempunyai 184 pin.RAM jenis ini juga mengonsumsi daya listrik lebih rendah.

    Yang perlu kita ketahui DDR SDRAM ini telah berkembang dengan sangat pesat.Dari awal mulanya DDR SDRAM , DDR2 RAM , DDR3 RAM hingga DDR4 RAM.Tapi , pada masa kini yang masih dijumpai  dibanyak komputer hanya DDR3 dan DDR4.Untuk kapasitas memori inipun cukup besar hungga mencapai 16 GB per chipnya.

  9.  VGARAM(Video Graphic Random Access Memory)

    Gambar VGRAM

      Memori ini befungsi sebagai daerah penyimpanan sekumpulan pixel bagi suatu tampilan grafik.Jika memakai VGRAM ini maka akan mengurangi tekanan pada processor serta menunjukkan performa grafis yang bagus.

  10. SO – DIMM(Small Outline Dual In-line Memory Module)

     Gambar SO-DIMM

    Memori ini merupakan jenis memori yang digunakan pada perangkat laptop/notebook.Bentuk fisiknya cukup ringkas dan kecil , kira-kira setengah dari ukuran DDR RAM sehingga lebih menghemat ruang,Memori SO – DIMM ini selalu mengikuti perkembangan yang terjadi pada RAM personal komputer.

    Demikian pembahasan singkat kita mengenai RAM(Random Access Memory).Jika ada kesalahan mohon dimaafkan.Semoga artikel ini bemanfaat bagi kita semua.

    Jangan lupa tulis kritik dan saran kalian pada kolom komentar di bawah!

    Dan nantikan pembahasan menarik lainnya di situs ini !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *