Pengertian Dan Tujuan Membaca

By | Maret 24, 2018
 Membaca merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa Pengertian dan Tujuan Membaca
Membaca

Membaca merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa. kemudian apakah sebetulnya membaca itu? Bagaimana pengertian membaca berdasarkan para ahli? Apa tujuan dari membaca? berikut ini yaitu penjelasannya!

Artikel ini yaitu artikel pengantar dari artikel berseri yang akan kami bahas dalam dua seri selanjutnya yaitu (1) Alasan dan solusi bagi orang yang malas membaca (2) Manfaat acara membaca. Artikel pertama sudah kita bahas panjang kali ini kita akan membahas wacana manfaat dari acara membaca.


Pengertian Membaca Menurut Para Ahli
Sebelum membahas tujuan membaca membaca, kita akan memahami terlebih dahulu pengertian membaca berdasarkan beberapa jago berikut ini:
  • Hodgson (1960), Membaca yaitu suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan, yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata/bahasa tulisan.
  • Anderson (1972), dari segi lingustik, membaca yaitu suatu proses penyandian kembali dan pembacaan sandi (a reconding and deconding prosess ).
  • Membaca sanggup diartikan sebagai metode yang kita pergunakan untuk berkomunikasi dengan diri kita sendiri dan kadang dengan orang lain – yaitu mengomunisasikan makna yang terkandung atau tersirat pada lambang-lambang tertulis.
  • Beberapa penulis yang seakan-akan beranggapan bahwa “membaca” yaitu suatu kemampuan untuk melihat lambang-lambang tertulis melalui fonik (phonics = suatu metode pengajaran membaca, ucapan, ejaan berdasarkan interprestasi fonetik terhadap ejaan biasa) menjadi/menuju membaca verbal (oral reading).
  • Klein, dkk (1996) mengemukakan bahwa definisi membaca mencangkup (1) membaca merupakan suatu proses, (2) membaca yaitu strategis, dan (3) membaca merupakan interaktif.

Membaca membuka jendela dunia 


Tujuan Membaca

Tujuan utama dalam membaca yaitu untuk mencari serta memperoleh informasi, meliputi isi, memaknai makna bacaan. Berikut ini beberapa tujuan membaca yang penting :

    1. Membaca untuk memperoleh perincian-perincian atau fakta-fakta ;
    2. Membaca untuk memperoleh ide-ide utama;
    3. Membaca untuk mengetahui urutan atau susunan, organisasi cerita;
    4. Membaca untuk menyimpulkan, membaca inferensial.
    5. Membaca untuk mengelompokkan, membaca untuk mengklasifikasikan ;
    6. Membaca menilai, membaca mengevaluasi;
    7. Membaca untuk memperbandingkan atau mempertentangkan

    Kesimpulan
    Membaca mempunyai pengertian yang sangat luas. bukan hanya sekadar mengartikan sandi-sandi pengucapan saja, namun membaca juga bisa merupakan suatu proses untuk mendapat sebuah warta baru. Begitu pentingnya membaca sehingga kita dilarang malas membaca. Makara generasi yang cerdas, berantas malas membaca.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *