Nilai-Nilai Dalam Upacara Bendera

By | Juni 9, 2012
Pembaca….
Setelah kemarin penulis mempostingkan tentang manfaat air putih bagi kecerdasan. kini penulis akan mempostingkan lagi artikel yang bekerjasama dengan nilai-nilai yang terkandung didalam upacara bendera yang sering kita laksanakan pada hari Senin pagi dan/atau pada hari-hari besar (misal : upacara kemerdekaan)
Kita sebagai warga negara yang baik menjunjung tinggi pancasila sebagai dasar negara, tentu pernah melaksanakan kegiatan upacara bendera. Minimal saat kita sekolah dahulu. Upacara bendera yakni bentuk kegiatan yang mencerminkan sikap cinta tanah air, bangsa dan negara kita.
Tahukah pembaca selain menumbuhkan sikap cinta tanah air, nilai-nilai apalagi yang ditanamkan dalam upacara bendera?
Nilai-nilai yang ditanamkan dalam upacara bendera, bukan hanya mencerminkan sikap cinta terhadap tanah air, bangsa dan negara. Tetapi, masih banyak lagi yang terkandung dari kegiatan upacara bendera.
Nilai-nilai tersebut antara lain :
  1. Mencerminkan wujud sikap cinta tanah air
    Upacara bendera ibarat yang penulis tuliskan diatas, merupakan wujud penggambaran dari sikap cinta terhadap tanah air, bangsa, dan negara.
  2. Menghargai pahlawan
    Nilai selanjutnya dari upacara bendera yakni menghargai satria yang telah berjuang merebut kemerdekaan, para perumus pancasila (dasar negara) dan  dan satria dalam mempertahankan kemerdekaan ini. Lewat upacara bendera ini kita sebagai tunas-tunas keinginan bangsa yang gres sebagai pengganti generasi pendahulu, tentuh harus bisa menghargai jasa-jasa satria yang telah berjuang mendahului kita. Ingat!

    “Bangsa yang besar yakni bangsa yang bisa menghargai jasa para pahlawan”

  3. Mencerminkan ketertiban
    Selain dari cinta tanah air dan menghargai jasa pahlawan. Upacara bendera juga mencermikan wujud ketertiban, hal ini dibuktikan dengan kekompakan saat kita melaksanakan upacara bendera. Kita harus khidmat dan tertib. dihentikan semrawud atau terserah kita sendiri. Namun, harus sesuai tata hukum dan caranya.
  4. Menumbuhkan sikap kedisiplinan
    Upacara bendera juga akan menumbuhkan sikap kedisiplinan bagi kita. Kedisiplinan itu bisa mencakup penampilan dalam berpakaian saat upacara (seragam), Kedisplinan dalam gerakan, dan kedisiplinan dalam hal pelaksanaannya yang teratur dan terstruktur.
  5. Menumbuhkan nilai saling menghormati dan menghargai
    Hal lain dalam upacara bendera juga menumbuhkan nilai saling menghormati dan menghargai. Contohnya yakni saat Pembina upacara sedang menunjukkan amanat, kita harus membisu dan memperhatikan setiap ucapan yang dituturkan oleh Pembina. Nilai menghormati dan menghargai harus dipupuk semenjak kecil sehingga kita bisa mempunyai sikap keperdulian, empati dan bertanggung jawab terhadap orang lain.
  6. Menumbuhkan sikap kekompakan dan kerja sama
    Selanjutnya, upacara bendera sanggup menumbuhkan sikap kekompakan antar individu-individu yang terlibat dan dibutuhkan kekompakan tersebut sanggup melahirkan sikap kerja sama. Coba bayangkan saja saat kita disuruh hormat kepada Pembina, namun masih ada yang belum hormat atau sedang asik ngomong sendiri?. Kejadian ibarat itu akan mengurangi nilai kekompakan dan kolaborasi yakni upacara bendera dan artinya masih belum menumbuhkan sikap saling menghargai dan menghormati (butir 5)
  7. Upacara bendera mencerminkan menghargai jasa-jasa pahlawan
    Upacara bendera sebagai wujud menghargai jasa-jasa satria yang telah berjuang untuk merebut kemerdekaan Indonesia dari para penjajah
Baca Juga : Nilai-nilai lima sila Pancasila

Enam nilai dalam upacara bendera mungkin sudah cukup untuk menggambarkan bahwa upacara bendera itu bukan sebuah kegiatan tanpa arti atau kegiatan yang hanya dianggap melelahkan saja oleh siswa-siswa sekarang. Namun, dibalik itu ternyata banyak nilai-nilai luhur yang terkandung.
Selain terdapat banyak nilai yang terkandung kegiatan upacara bendera. Upacara bendera juga mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan karena, saat sedang bangkit dan terkena sinar matahari pagi, mempunyai imbas yang anggun bagi kekuatan tulang dan kulit. sebab,sinar matahari pagi membantu mengaktivkan vitamin D yang terdapat pada badan kita. Tentuh pembaca sudah tahu manfaat dari vitamin D bagi tubuh.
Bagaimana pembaca?
Tentu kini sudah tahu ihwal nilai-nilai dalam upacara bendera dan keuntungannya pula.
Semoga sehabis membaca posting ini pembaca bisa lebih bersemangat lagi dalam mengikuti kegiatan upacara bendera, dan tidak malas lagi dalam berupacara. Karena sudah mengetahui ihwal nilai-nilai dalam upacara dan manfaatnya.
Terimakasih…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *