Mengubah Tanda Desimal Pada Wps Office Spreadsheets

By | Juni 23, 2018
mengubah tanda pisah desimal dari titik ke koma Mengubah tanda desimal pada WPS Office SpreadSheets
Mengubah tanda desimal pada WPS Office SpreadSheets
Pengantar Singkat
Mengubah tanda desimal pada Microsoft Excel mungkin sudah banyak tutorialnya di Internet. Namun, berbeda dengan Excel WPS Office SpreadSheets merupakan aplikasi yang sanggup disebut office versi gratis. Selain mengandung banyak fiture yang sanggup dikatakan hampir menyerupai dengan Software Produk Keluaran Microsoft namun, disatu sisi masih banyak perbedaannya. 
Pembahasan Artikel
Artikel ini akan membahas dua langkah yang sanggup dipakai untuk menyetel tampilan desimal pada WPS Office SpreadSheet. Tujuan penyetelan ini biar pembaca tidak kebingungan dikala menuliskan bilangan desimal pada jadwal tersebut. 
Aplikasi yang kami gunakan dalam penulisan artikel ini ialah WPS Office SpreadSheet Free Update 01 Juli 2017 dengan memakai Sistem Operasi Windows 10 Home Singel Language bawaan komputer. Seperti biasanya perlu diperhatikan bahwa hasil dari mempraktikkan tutorial ini pembaca yang akan menanggungnya sendiri, dan kami tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan yang ditimbulkan.
Mengubah Simbol Desimal Menjadi Koma (,)
Jika pembaca merupakan pengguna WPS Office SpreadSheet maka secara default pembaca akan menemukan sebuah kenyataan bahwa simbiol desimal masih dalam bentuk titik (.) sebagai pemisah antara bilangan bundar dengan bilangan desimalnya. Padahal, berdasarkan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) pemisah bilangan bundar dengan desimal berdasarkan hukum buku memakai tanda atau simbol koma (,)
Mengapa sanggup demikian? Alasannya ialah sebab pada sistem komputer pembaca pengaturannya masih memakai pengaturan English yang memang secara bakunya mereka memakai titik (.) sebagai simbol untuk memisahkan desimal dengan angka bulat. Bakan memakai koma (,) sebagai pemisahnya.

Penulisan desimal yang baku dalam Bahasa Indonesia memakai tanda koma sebagai pemisah antara Bilangan Bulat dengan Bilangan Desimal. Sedangkan Tanda titik dipakai untuk mengelompokkan ribuan

Ada beberapa cara yang sanggup dilakukan, untuk mengubah simbol tersebut, namun, cara yang paling gampang ialah dengan melaksanakan penyetelan pada software WPS Office SpreadSheet tanpa merubah penyetelan pada komputer. Maksudnya penulisan desimal dalam jadwal tersebut sudah memakai koma (,) namun dalam sistem penulisan dikomputer memakai titik sebagai pemisahnya. Cara ini kami anggap merupakan cara paling mudah.
mengubah tanda pisah desimal dari titik ke koma Mengubah tanda desimal pada WPS Office SpreadSheets
Gambar 1 : Kotak obrolan pengaturan WPS Office SpreadSheet
(Klik untuk memperbesar gambar)
Langkah yang perlu dilakukan ialah membuka sajian Option pada WPS Office SpreadSheet. Caranya dengan mengklik lambang Spread Sheet pada pojok kiri atas (dengan latar hijau), kemudian pilih Option, maka akan keluar kotak menyerupai GAMBAR 1 diatas.
Jika sudah keluar kotak obrolan option pembaca pilih opsi GENERAL AND SAVE kemudian pada kotak setting nomor tiga dari atas pada obrolan “SET DECIMAL SIMBOL TO ,” pembaca berikan tanda CONTRENG (diaktifkan). Klik OK untuk mengakhiri dialog.

Menu Set Decimal Simbol To , hanya akan keluar dikala komputer pembaca masih dalam settingan (pengaturan) region US / UK atau Inggris.

Cara Kedua yang sanggup dilakukan ialah dengan melaksanakan penyetelan pada setting bahasa yang dipakai dalam komputer. Cara ini penulis anggap cukup ribet tetapi kami harap pembaca sanggup memahami baik-baik langkah-langkah yang akan kami bagikan 
Buka Control Panel dengan cara klik START (Gambar windows pojok kiri bawah) kemudian ketikkan Control Panel sehabis itu tekan enter untuk membuka Control Panel. Setelah Control Panel terbuka kemudian Pilih Clock, Language, and Region. Perhatikan GAMBAR 2 di bawah biar lebih terang !
mengubah tanda pisah desimal dari titik ke koma Mengubah tanda desimal pada WPS Office SpreadSheets
Gambar 2 : Menyetel tampilan desimal sistem melalui Control Panel
(Pilih gambar untuk memperbesar)
Setelah Pembaca masuk ke Clock, Language, and Region maka langkah selanjutnya ialah pembaca memilih sajian region biar tampil menyerupai GAMBAR 2 belahan Kiri.
Dalam kotak obrolan Region Isikan Format dengan Indonesian (Indonesia), untuk format waktu pembaca sanggup menyontek pada GAMBAR 2 atau mengisinya dengan format lain yang pembaca sukai.
Setelah selesai mengisi format dengan Indonesian langkah selanjutnya ialah menentukan ADDITIONAL SETTINGS… (yang saya beri latar warna kuning pada belahan kiri. Setelah pembaca menentukan (klik) sajian tersebut maka akan keluar kotak obrolan kedua, yaitu : Customize Format (inilah titik terpenting)
Mengisi Costumize Format yang pertama ialah mengubah Decimal Symbol menjadi : koma (,) jikalau awalnya titik (.) maka dibuah ke koma. Setelah itu pembaca sanggup melihat settingan yang lainnya. sesuai dengan GAMBAR 2 diatas.
Jika penyetelan sudah dirasa benar langkah selanjutnya ialah Klik OK untuk menutup dan mengakhiri Penyetelan Desimal. Penyetelan menyerupai cara kedua akan merubah penampilan tanda pemisah desimal pada komputer pembaca.
Penutup
Setelah mengikuti langkah-langkah tersebut maka secara otomatis pembaca akan sanggup memakai koma sebagai pemisah desimal dan bilangan orisinil pada jadwal WPS SpreadSheet. Cara nomor dua (pengaturan pada setelan desimal komputer) sanggup pula dipakai untuk melaksanakan penyetelan tanda pemisah desimal dalam jadwal Microsoft Excel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *