Mengatasi Baterai Nintendo Switch Lite Boros Cepat Panas

By | September 12, 2019

Bagaimana cara mengatasi Nintendo Switch Lite baterai boros dan cepat panas? – Switch Lite memang didesain menyerupai ponsel, ia tidak mempunyai Dock khusus untuk menampilkan layar ke televisi jikalau dibandingkan dengan Switch reguler yang punya fitur tersebut. Akan tetapi keunggulan versi Lite, ia mempunyai kapasitas baterai lebih besar sehingga diklaim bisa bertahan 6 hingga 7 jam. Sebenarnya semua perangkat yang berbasis mobile, termasuk kayak Switch Lite ini berpotensi mengalami yang namanya Overheat.

Bagaimana cara mengatasi Nintendo Switch Lite baterai boros dan cepat panas Mengatasi Baterai Nintendo Switch Lite Boros Cepat Panas

Overheat atau panas berlebih pada baterai bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Kaprikornus tak melulu mengacu pada satu penyebab saja, lantaran intinya Switch Lite merupakan perangkat khusus gaming yang didesain sedemikian rupa dan mempunyai banyak fitur.

Cara Mengatasi Baterai Nintendo Switch Lite Boros Cepat Panas

Apabila kau merasa baterai Switch Lite boros dan cepat panas belakangan ketika bermain, lakukan sejumlah tindakan sesuai rekomendasi kami berikut ini demi mencegah terjadinya kerusakan parah.

Matikan Daya dan Reset Perangkat

Menonaktifkan Nintendo Switch Lite kau untuk sementara waktu akan membantu menetralisir kondisi suhu baterai. Cukup Shut Down menyerupai biasa dan jangan digunakan atau dicas, diamkan setidaknya 1-2 jam. Tips ini merupakan saran yang diberikan oleh Customer Service Nintendo America, kalau belum ampuh coba lakukan Hard Reset

Faktor Game Berat

Tahukah kamu, rupanya jenis game sanggup kuat pada daya tahan baterai. Semakin berat grafik yang diperlukan sebuah game akan menghipnotis kinerja keseluruhan perangkaf Switch Lite. Misalnya Fortnite dan The Legend of Zelda, game 3D ini terbilang berat, sementara resolusi layar Nintendo Switch Lite yang pas-pasan harus memaksa device menjalankan game tersebut, kesannya baterai cepat habis dan panas.

Beberapa game memang awalnya diperuntukkan Nintendo Switch versi biasa, lantaran dari segi spesifikasi jeroan Switch Lite amat jauh berbeda. Itulah kenapa harga banderolnya pun beda satu-dua jutaan rupiah, menyerupai Sony PlayStation 5 PS5 reguler dan Pro.

Mengganti baterai Nintendo Switch Lite disarankan juga, lakukan pergantian batre minimal enam bulan sekali atau tiap tahun demi meminimalisir rusak pada komponen. Mengapa? Karena jikalau baterai sudah mulai menimbulkan tanda-tanda kerusakan dan dibiarkan terus-menerus sanggup berakibat fatal ke komponen hardware lain.

Bagaimana cara mengatasi Nintendo Switch Lite baterai boros dan cepat panas Mengatasi Baterai Nintendo Switch Lite Boros Cepat Panas

Contoh kecil, jikalau baterai Switch Lite kembung maka layar akan sedikit terangkat perlahan. Ini juga bisa timbul efek negatif ke tombol utama menyerupai Power Button contohnya yang bisa saja melepaskan perekat hingga tidak sesuai posisi awalnya.

Kamu bisa pakai jasa service Nintendo Switch Lite kalau mau memperbaiki baterai. Bisa saja ganti sendiri, berdasarkan pengalaman, menang tidak sesulit lepas batre iPhone 11 Pro Max. Tapi tetap harus berhati-hati jangan hingga ada baut / sekrup yang hilang.

Apabila kau lebih sering beraktivitas di luar ruangan, usahakan semoga Switch Lite tidak terkena sinar matahari langsung. Suhu baterai akan meningkat dua kali lipat lebih cepat menghantarkan panas sehingga berpotensi menimbulkan Overheat.

Bahaya Powerbank Berlebihan

Masih buat kau yang kegiatan di luar ruangan, mungkin banyak dari kau memanfaatkan Power Bank buat isi ulang baterai. Bahkan tak jarang ketika tersambung ke Powerbank masih tetap dimainkan.

Baca juga: Tips Beli PS4 Untuk Rental.

Harap diperhatikan baik-baik, berdasarkan pakar dari CNET, Nintendo Switch / Lite sama sekali tidak disarankan dicas pakai Powerbank. Memang awalnya Nintendo pernah merilis produk resmi daya baterai cadangan menyerupai PowerBank namun lalu ditarik lagi dari penjualan.

Jangan termakan oleh Powerbank Fast Charging menyerupai teknologi Qualcomm, Oppo VOOC Flash Charger, Dash Charge, yang katanya bisa mengisi ulang baterai Nintendo Switch / Lite dengan cepat hingga 60% per 30 menit. Itu menarik, tapi untum perangkat gaming kau nggak akan manis dan sulit bertahan buat jangka panjang.

Seorang pengguna Switch Lite di grup Telegram membuatkan cerita pengalaman sendiri. Ia beli Anker Powercore 13400 mAh serta diklaim telah disematkan fitur USB Power Delivery, kecepatan ngecas hingga 5 Volt 2 Ampere dan 9 Volt 2 Ampere.

5V 2A sama dengan 10 Watt / 9V 2A = 18W. Padahal perangkat Nintendo Switch dan Switch Lite hanya didesain maksimum sanggup 5 Watt saja, nggak ideal. Artinya jikalau dipaksakan pun awal pemakaian terasa biasa, tapi kelamaan dan keseringan kau bakal mencicipi perbedaannya menyerupai kerusakan komponen utama.

Dalam kasus teman saya, Switch Lite miliknya rusak. Tidak mau mengisi daya, meski tersambung ke colokan sayangnya persentase baterai tidak bertambah walau dicas tanpa pakai hampir 6 jam lamanya.

Efek Konektivitas

Konektivitas yang dimaksud merupakan fitur lain yang tersedia di dalam perangkat Switch Lite. Misalnya, kalau kau lebih sering main Nintendo Switch Online dan memerlukan koneksi jaringan stabil maka sedikit saja jikalau stabilitas sinyal internet berkurang itu akan mengonsumsi daya tahan baterai yang tidak mengecewakan banyak.

Demikian tips singkat Cara Mengatasi Baterai Nintendo Switch Lite Boros Cepat Panas, jaga barang elektronik kamu. Apalagi hingga kini Nintendo tidak mempunyai toko / cabang resmi di Indonesia, jadi susah buat klaim garansi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *