Memadukan Gambar Tangan Dengan Coreldraw

By | November 3, 2014
Hasil final gambar tangan dan corel
SALAM SEMANGART!!!
Pembaca tentuh tersirat impian untuk menggambar objek dan mewarnainya di dalam aplikasi komputer. Kalau ada pembaca yang belum tahu caranya, saya akan bagikan sedikit langkah-langkah dan cara menggambar manual dikombinasikan dengan mewarnai di komputer.

Saya yakin sebagian dari pembaca niscaya pernah punya fatwa menyerupai saya kan? 

Langkah-langkah yang akan kita tempuh sebagai berikut :

1.  Buatlah gambar denah di kertas kosong

Menggambar Sketsa

Saran saya dalam membuat denah gambar yaitu buatlah gambar dengan pensil yang baik dan usahakan biar menggambar garis lekukan yang terang dan tidak terputus-putus.

2. Pertebal gambar sketsa

Sketsa di pertebal dengan spidol

Mempertebal gambar dengan spidol maupun sejenisnya haruslah rajin (jangan menyerupai saya) biar hasil yang didapatkan sanggup maksimal dan baik.

3. Silahkan di foto ataupun di scan gambar yang pembaca buat
Melakukan scanning ataupun dengan cara memfoto document sanggup mengubah dari gambar reel menjadi gambar dalam bentuk softcopy. Gambar dengan softcopy tersebutlah yang nantinya akan kita gunakan sebagai sara untuk mengedit.
4. Atur pencahayaan sehingga garis dalam gambar sanggup terlihat dengan jelas
Mengatur pencahayaan sehingga didapatkan gambar dengan warna tinta (sketsa) yang jelas.
5. Masuk ke CorelDRAW dan lakukan tracing

Gunakan Menu Trance Bitmap > Outline Trance > Line Art

Pilih sajian Line Art pada jendela Traching, lalu atur tingkat ke lembutan (smooting) baik corner maupun yang lainnya. Sambil mengatur jangan lupa lihat juga previewnya.

6. Gabungkan garis-garis yang terputus dengan sajian weld

Weld Digunakan untuk menggabungkan objek yang terputus

Gabungkan garis-garis yang masih belum rapi dengan sajian weld. Selain menggabungkan anda juga harus sanggup mengatur ulang garis-garis yang tidak ter-copy dengan baik.

7. Beri warna dan kreasikan hasilnya

Hasil final gambar tangan dan corel

Setelah garis yang masih belum rapi terhubung semua (setelah di weld) sekarang tinggalah memberi warna pada objek yang telah rapi tersebut. Kemudian kreasikan karenanya dengan imajinasi sendiri.


Kesimpulan :
Penggunaan CorelDRAW pada pewarnaan objek atau coloring object sangat bergantung sekali pada hasil gambar sketsa. Jika denah yang dibentuk kurang sempurna, maka pewarnaan akan sedikit usang dan cukup memakan waktu.
Menggambar objek dan mewarnai pribadi di CorelDRAW akan lebih gampang dan lebih terukur lagi dalam detail objeknya. Namun, butuh keahlian yang mempuni dan imajinasi tinggi untuk membuat karya yang unik dan menarik.
So? Pembaca tinggal pilih sendiri mau digambar langsung, atau di gambar denah dulu gres di kreasikan di Corel dikala santunan warnanya.
Sekian.
Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *