Makalah Fiqih Mawaris Lengkap Dengan Footnote

By | September 28, 2019

Kematian yakni suatu insiden aturan yang sanggup menimbulkan jawaban aturan berupa kewarisan yang melahirkan hak dan kewajiban antara pewaris dan hebat waris.

Setelah pelaksanaan kewajiban semasa hidupnya, pewaris secara Islam juga mempunyai kewajiban yang harus dilaksanakan yaitu pembagian atau peralihan harta peninggalannya kepada hebat waris.

Dalam sistem kewarisan Islam diatur wacana pembagian atau peralihan harta peninggalan pewaris kepada hebat waris.

Pembagian harta peninggalan dalam aturan Islam tidak hanya dilihat dari sudut pandang hebat waris yang mendapatkan harta peninggalan pewaris tapi juga perihal yang menghalangi hebat waris untuk mendapatkan harta peninggalan pewaris.

Tata cara peralihan harta peninggalan pewaris kepada hebat waris sanggup dilakukan dengan cara wasiat.

Perihal wasiat dalam Al-Quran antara lain diatur dalam surat Al-Baqarah ayat 180 yang menyatakan bahwa bila kau meninggalkan harta yang banyak, diwajibkan bagi kau apabila gejala maut tiba kepadamu, untuk berwasiat kepada ibu bapak dan karib kerabatnya secara baik.

Dilanjutkan masih dalam ayat tersebut bahwa wasiat yakni kewajiban orang-orang yang bertakwa kepada-Nya. Wasiat dalam sistem aturan Islam di Indonesia belum diatur secara material dalam suatu undang-undang menyerupai kewarisan barat dalam Kitab Undang-undang Hukum Perdata.

Wasiat hanya diatur Kompilasi Hukum Islam sebagaimana termuat dalam Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 1991. Wasiat diatur dalam Bab V yaitu pasal 194 hingga dengan pasal 209 Kompilasi Hukum Islam.

Pasal 194 hingga dengan pasal 208 mengatur wacana wasiat biasa sedangkan dalam pasal 209 mengatur wacana wasiat yang khusus diberikan untuk anak angkat atau orang bau tanah angkat. Dalam khasanah aturan Islam, wasiat tidak biasa ini disebut wasiat wajibah.

B. RUMUSAN MASALAH
1. Bagaimana definisi wasiat wajibah ?
2. Apa dasar aturan wasiat wajibah ?
3. Bagaimanakah derma kepingan melalui wasiat wajibah?
4. Bagaimanakah perhitungan memakai wasiat wajibah?
5. Bagaimanakah penggantian kedudukan?

Daftar isi
1. Definisi Wasiat Wajibah
2. Dasar Hukum Wasiat Wajibah
3. Pemberian Bagian dalam Wasiat Wajibah
4. Contoh Perhitungan Menggunakan Wasiat Wajibah
5. Penggantian kedudukan

INFORMASI 

Temen – temen sanggup mendapatkan file lengkap nya dengan format word pada link yang kami sediakan dibawah ini.

Ambil Makalah Fiqih Mawaris Format Word

Isi makalah sesuai dengan Rumusan duduk perkara dan kepingan pembahasan diatas, temen – temen tidak perlu lagi menyalin ke word, namun perlu diketahui juga ini hanya sebagai materi refrensi kiprah makalah saja.


Tags: fiqih mawaris pdf,istilah istilah dalam fiqih mawaris,hukum mempelajari fiqih mawaris,makalah fiqih mawaris,sumber aturan fiqih mawaris,hadits fiqih mawaris,ppt fiqih mawaris,soal fiqih mawaris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *