Macam Format File Gambar Dan Ukuran Yang Ideal

By | Januari 13, 2018
Ukuran gambar yang pas semoga loading cepat
Memahami ukuran gambar yang pas : Pengantar Singkat
Gambar yaitu elemen yang tidak bisa dipisahkan dalam dunia digital. Tentu kita masih ingat perihal perbedaan gambar antara gambar vektor dan gambar bitmap. Adanya dua hal yang berbeda tersebut dibarengi dengan perbedaan penggunaannya. Pemahaman perihal ukuran gambar yang paling sesuai semoga pas dikala ditampilkan memang bukan kasus mudah, apalagi menyangkut sebuah website dengan gambar yang pas akan menghasilkan performa dan tampilan yang sangat baik. Bukan itu saja, memanfaatkan gambar yang sesuai dengan screen (layar) akan menghasilkan pula sebuah tampilan destop yang lumayan dikala gambar tersebut ditampilkan
Ruang Lingkup
Kali ini kita akan membahas sebuah artikel ringan perihal ukuran sebuah gambar, dulu kita sudah pernah membahas juga perihal ukuran dari kertas. Ukuran gambar yang kami maksudkan yaitu ukuran dikala dimuat dalam sebuah layar LCD, dokumen, web, dan Email. yang tentuhnya mempunyai ukuran-ukuran yang berbeda. Program yang menjadi tumpuan kita yaitu Microsoft Office 2010 yang khusus menampilkan gambar dan juga Screen Resolution pada monitor laptop 14 inch yang kami miliki. Di simpulan pembahasan kami akan menjelaskan perihal perbedaan dari kompresi gambar dengan perubahan ukuran pada gambar
Satuan ukur yang kami gunakan
Pada artikel yang kami bahas kali ini kami memakai satuan berupa piksel (bahasa Inggris : pixel) menurut, wikipedia piksel adalah

Piksel yaitu unsur gambar atau representasi sebuah titik terkecil dalam sebuah gambar grafis yang dihitung per inci.

Saya kira kini anda sudah sedikit paham, ini artinya dikala kami menyebutkan ukuran 345 x 72 artinya gambar tersebut mempunyai panjang (horizontal) sebesar 345 piksel dengan tinggi (vertikal) 72 piksel. 
Jelaskan? Gabungan dari ukuran tersebut dinamakan resolusi gambar
Bagaimana cara menampilkan ukuran suatu gambar bitmap?
Anda tak perlu khawatir dikala anda mengalami kebingungan terhadap ukuran suatu gambar. Mengetahui ukuran sebuah gambar caranya cukup mudah, anda hanya perlu meletakkan kursor mouse komputer (laptop) anda pada file gambar yang ingin anda lihat ukurannya. Misalnya:

Ukuran gambar yang pas semoga loading cepat Macam Format File Gambar dan Ukuran yang Ideal
Ukuran sebuah gambar dinamakan Dimensions dengan keterangan (panjang x lebar)

Seperti yang dijelaskan diatas tadi bahwa ukuran (dimensions) di tulis memakai rumus panjang x lebar itu artinya gambar tecno-min tersebut mempunyai ukuran panjang (horizontal) 502 piksel dengan lebar (vertikal) 162 piksel.
untuk keterangan yang lain menjelaskan perihal jenis gambar (JPEG image) dan juga rating (tidak terlalu diperlukan) dan size (ukuran file gambar tersebut)

Bagaimana kalau tidak bisa tampil?
Cara termudah lainnya yaitu anda tinggal klik kanan pada gambar pilih sajian propertis setelah keluar sajian propertis pilih sajian detail (silahkan anda lihat disitu akan ditampilkan secara mendetail klarifikasi gambar tersebut)

Apakah yang dimaksud dengan Format (jenis) sebuah gambar?
Jenis gambar ada yang menyampaikan file ekstensi gambar. Mempunyai bermacam macam jenis dengan misalnya: .png .jpg .tiff .giv dll untuk kepanjangannya saya rasa tidak perlu kita bahas terlalu jauh. Saya akan sajikan tiga format gambar yang paling terkenal yaitu .jpeg (.jpg) .gif .png untuk format lain tidak terlalu diharapkan dalam pembahasan kita

JPG (Joint Photogrphic) yaitu jenis data yang dikembangkan oleh Joint Photographic Experts Assemble (JPEG) yang dijadikan standar untuk para fotografer profesional. Teknologi ini hanya dipakai untuk menyimpan data yang besar di media penyimpanan yang terbatas, bukan untuk manipulasi foto. JPG  menjadi salah satu standar gambar di internet sebab ia bisa dikompresi sampai ukuran kecil.

Keunggulan file jpeg

  • Gambar yang mempunyai banyak warna, contohnya foto wajah dan pemandangan.
  • Gambar yang mempunyai gradien (gradasi), contohnya perubahan warna yang perlahan-lahan dari merah ke biru.

GIF (Graphics Interchange Format) adalah gambar dengan format 8-bit warna, artinya format gambar ini mempunyai palet warna sebanyak 256 warna, yang sanggup dipilih dari model RGB dan disimpan ke Color Look Up Tablet (CLUT), atau sederhananya “Color Table“. Palet warna tersebut yaitu palet warna standar.

Kelebihan file gif

  • Gambar dengan jumlah warna sedikit (dibawah 256).
  • Gambar yang memerlukan perbedaan warna yang tegas menyerupai logo tanpa gradien.
  • Gif umumnya dipakai untuk menciptakan gambar animasi sederhana menyerupai banner-banner iklan.
  • Cocok untukngambar dengan jumlah warna sedikit
  • Cocok untuk menyimpan Gambar Grayscale (palet 8 bit)
  • Memiliki ukuran file yang relatif kecil

Kekurangan file gif

  • Format Gambar ini kurang cocok untuk menampilkan gambar yang mempunyai banyak warna menyerupai foto.
  • Gambar yang didalamnya terdapat warna gradien (gradasi) akan terkesan tajam transisi antar warnanya.

Format PNG(Portable Network Graphics) ini diperkenalkan untuk menggantikan format GIF. PNG mempunyai faktor kompresi yang lebih baik dibandingkan dengan GIF (kurang lebih 5%-25% lebih baik dibanding format GIF). Tetapi ada satu akomodasi dari GIF yang tidak terdapat pada PNG format yaitu pinjaman terhadap penyimpanan multi format untuk keperluan animasi. Untuk keperluan pengolahan gambar, meskipun format PNG bisa dijadikan alternatif selama proses pengolahan grafis namun format JPEG masih menjadi pilihan yang lebih baik.

Kelebihan format png

  • Gambar yang kaya akan warna
  • Gambar yang akan diedit ulang dan tanpa melaksanakan penurunan kualitas.

Kekurangan format png
Gambar png kalau di ubah ke format jpeg ukuran filenya masih terlalu besar.


Apakah format file gambar yang disarankan oleh google?
Jika anda menguji web dengan memakai google pagespeed, maka Google akan menyarankan penggunaan format gambar sebagai berikut:

Menggunakan file PNG sebab png hampir selalu lebih baik dari GIF, meskipun beberapa versi browser lawas mungkin kurang mendukung png.
Penjelasan: Jika anda mempunyai sebuah web sebaiknya gambar yang akan anda tampilkan kalau berupa gambar sederhana, hendaknya memakai file png, namun ada resiko, yaitu mungkin browser usang (tidak terupdate) ada yang tidak mendukung png

Gunakan GIF untuk grafik sederhana atau sangat kecil (misalnya kurang dari 10×10 piksel, atau palet warna yang kurang dari 3 warna) dan untuk gambar yang bergerak.
Penjelasan: Sebaiknya gambar gif dipakai untuk gambar falicon (ikon disebalah judul posting), gambar dengan warna sederhana dan gunakan gif untuk gambar animasi

Gunakan JPG untuk semua gambar bergaya fotografi
Penjelasan: Format jpg dirancang khusus untuk menampilkan gambar yang banyak memakai gradasi warna, dengan jpeg (atau jpg, sama saja) gambar sanggup dikompres sehingga cocok untuk ditampilkan pada website mungkin sebab format tersebut tidak mendukung kompresi gambar.

Jangan memakai BMP atau TIFF
Penjelasan: Jika ingin menampilkan gambar dengan banyak gradasi warna maka gunakan format Jpeg atau jpg (setahu saya sama saja) semoga gambar bisa tampil optimal. Jangan gunakan BMT dan TIFF sebab gambar tersebut tidak direkomendasikan untuk penggunaan pada web

Berapa ukuran gambar yang ideal?
Ukuran gambar pada layar monitor laptop
Ukuran gambar yang ideal dikala ditampilkan dalam sebuah monitor laptop dengan layar 14 inch paling pas yaitu gambar yang mempunyai resolusi 1366×768. Sedang untuk layar dibawahnya bisa memakai ukuran 1024×768. Ukuran paling kecil dari resolusi layar monitor yaitu 800×600.

Ukuran Gambar untuk dokumen, web dan email
Ukuran gambar pada kertas dokumen yang besar idealnya berukuran 1024×768, sedang untuk gambar pada kertas dokumen kecil idealnya berukuran 800×600. Pada ukuran website kalau menghendaki ukuran gambar yang besar dalam posting blog maka gunakan ukuran 640×480, kalau ingin ukuran yang lebih kecil maka gunakan 448×336. Terakhir yaitu penggunaan pada dikala gambar di kirim melalui email kalau menghendaki gambar besar bisa memakai ukuran 314×235, namun kalau menginginkan gambar kecil maka bisa memakai ukuran 160×160. Itulah beberapa ukuran gambar yang sanggup anda jadikan sebagai refensi.


Bagaimana dampaknya kalau kita tidak memakai ukuran yang tidak sesuai?
Tidak ada dampak yang signifikan. yang ada hanya kelebihan ukuran akan mengakibatkan beberapa pekerjaan tidak efektif, dengan ukuran yang telah disediakan kita bisa menghemat kertas atau bahkan menghemat ukuran halaman website yang kita kelola. Bayangkan kalau anda memasukkan ukuran gambar yang besar, sedangkan situs web anda bukan khusus untuk menyediakan konten gambar. Berapa usang pengunjung menunggu loading website/blog milik anda?

Ukuran ini tidak akan berlaku dikala dalam kondisi tertentu, misalkan anda memang sengaja sedang mencetak ukuran foto yang sangat besar. Anda sedang berusaha membangun sebuah web khusus menampung gambar-gambar background yang berkualitas besar.

Lalu bagaimana solusi semoga kita mempunyai gambar yang baik namun dengan kualitas yang mempuni?
Permasalah menyerupai ini yang risikonya akan mengakibatkan sebuah polemik dan akan menghadirkan fungsi antara resize dan compress sebuah gambar!

Resize atau merubah ukuran yaitu sebuah teknik yang sering kita lakukan dikala sebuah gambar tidak sesuai dengan ukuran yang kita kehendaki. Menggunakan tool trim atau yang lainnya tentu kita sudah tidak abnormal lagi.
Efek yang dihasilkan:
Ukuran Gambar berubah dengan kualitas yang sama, tidak ada penurunan kualitas pada gambar, yang ada hanya perubahan ukuran gambar saja. Berdasarkan hasil menyerupai ini tentu kapasitas dari sebuah gambar masih bisa dikatakan besar ukuran file gambarnya.

Compress (kompresi) atau mengurangi kualitas dari sebuah gambar. Salah satu hal yang biasanya dipakai untuk memperkecil ukuran sebuah gambar yaitu dengan mengurangi kualitasnya. inilah yang dinamakan dengan kompresi. Ada dua macam cara kompresi, anda bisa memakai tool secara online maupun secara offline.

Secara offline anda bisa memakai software editing foto yang mempuni misalkan photoshop atau microsoft foto viewer (bawaan dari ms office) didalamnya ada sajian kompresi yang sanggup anda gunakan untuk mengurangi kualitas foto (Untuk resize sejauh ini saya belum pernah mendengar dan memperaktikkan resize gambar secara online, saya sendiri selalu pake offline)

Kompresi secara online kompresi secara online yaitu anda mengunjungi sebuah web penyedia kompresi sehabis itu anda update file gambar yang akan dikompresi. Setelah mereka melaksanakan kompresi langkah selanjutnya yaitu kita mengatur (apakah kompresi sudah sesuai denganyang kita harapkan. Jika belum ulik (cari-cari dalam web tersebut) sajian untuk melaksanakan costumisasi pada hasil kompresi. Contoh situs penyedia kompresi gambar jpg dan png yang sering saya kunjungi yaitu http://compressjpeg.com/id/
Kekurangan dari kompresi ini yaitu ia tidak bisa melaksanakan resize ukuran gambar yang di pilih sehingga masih memerlukan resize sebuah gambar.

Cara kompres gambar jpeg di situs kompres gambar online
Setelah anda membuka ditas tampilan awalnya yaitu menyerupai berikut

Ukuran gambar yang pas semoga loading cepat Macam Format File Gambar dan Ukuran yang Ideal
Jika anda menginginkan file png anda bisa pilih pada sajian png

Tampilan awal situs compressjpeg.com yaitu menyerupai ini, silahkan anda unggah file yang ingin di lakukan kompresi.

Setelah itu upload file (unggah file) dan tampilan akan terlihat menyerupai ini

Perhatikan bundar merah untuk kompresi format png

Pada kepingan 26% yang saya beri latar warna kuning anda bisa mengubahnya lagi menjadi lebih kecil dengan bari menempatkan mouse komputer disitu (nanti akan keluar tanda gerigi) sehabis itu anda lakukan klik.

Setelah anda klik tanda gerigi pada latar yang berwarna kuning maka akan menghasilkan tampilan menyerupai berikut ini

Bagian yang saya beri bundar warna biru silahkan anda atur lewat situ

Tampilan diatas yaitu tampilan dikala anda mengatur kualitas dari kompresi, secara default (setelah pabrikan) kualitasnya yaitu 90% atau turun 10% dari file asli. Anda bisa merubah sesuai kebutuhan. Saran saya yaitu minimal ubah saja ke 70%. Sebab kalau anda ubah ke 60% maka hasilnya akan menyerupai tiga gambar pada situs ini (kurang terperinci kan? gambarnya)

Kesimpulan
Gambar dalam dunia digital menjadi hal yang sangat pokok, dengan gambar akan sanggup menjelaskan beberapa permasalahan sehingga pembaca bisa paham terhadap apa yang ingin ditunjukkan oleh penulis. Pemilihan format gambar yang sesuai akan mememberikan laba kepada orang yang menggunakannya. Semoga bermanfaat. Sekian

===Daftar Pustaka===
Wikipedia. Piksel. Tersedia Online : Diakses 23-11-2017 Jam 23:30 WIB
klikhost. Perbedaan Ekstensi Gambar JPG, GIF, PNG, BMP dan TIFF. Tersedia Online : Diakses 23-11-17 Jam 23:45 WIB
Pagespeed Insights. Optimalkan Gambar. Tersedia Online : Diakses 26 Nov 2017 Pukul 18.10 WIB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *