Lankah Gampang Menciptakan Goresan Pena Tangan Menjadi Rapi

By | Agustus 12, 2016

Melanjutkan artikel tentang menulis memakai tanda baca yang saya tulis tahun lalu. Kali ini saya lanjutkan wacana menulis dengan goresan pena tangan supaya rapi.

Tulisan dalam aktivitas sehari-hari merupakan salah satu cara dalam aktivitas mencatat informasi. Bertitik berat pada goresan pena tangan, yang cukup umur ini mengalami penurunan kualitasnya pada orang-orang zaman kini (berdasarkan pengamatan kepada anak sekolah). Mungkin hal tersebut merupakan efek dari fasilitas teknologi pencatatan memakai HP ataupun Komputer

Sudah jarang pelajaran menulis halus di sekolah mengakibatkan belum dewasa kini tidak mempunyai keterampilan menulis yang rapi

Tulisan memakai tangan merupakan hal yang penting yang berat kaitannya dengan pekerjaan yang memerlukantulis-menulis, contohnya : Guru, Karyawan TU, supervisor, ataupun lainnya yang masih bersentuhan dengan ballpoin.

Menulis dengan goresan pena tangan juga merupakan cara paling sederhana dalam mencatat informasi. Menurut beberapa guru-guru senior. Hilangnya mata pelajaran menulis halus juga turut andil dalam ketidakmampuan siswa cukup umur ini untuk menghasilkan goresan pena tangan secara baik dan rapi.

Tulisan tangan sejatinya merupakan teknik pencatatan yang paling murah dan sederhana, serta dirasa merupakan cara paling simpel dalam menciptakan sebuah catatan. Terlebih lagi tanpa membutuhkan energi listrik. Tentuhnya semakin baik goresan pena tangan kita akan menciptakan catatan kita semakin rapi dan menarik untuk dibaca.

Bentuk goresan pena yang kurang rapi
Tulisan yang tidak rapi bisa berasal dari bentuk goresan pena yang terlalu kecil, terlalu besar. Namun, yang terlihat kasatmata yakni penulisan antara abjad kapital dengan abjad biasa terlihat sama. Hal ini yang sangat kuat sekali dalam penulisan memakai tangan. Tanpa saya jelaskan secara menyeluruh tentuhnya anda sudah sangat tahu dan paham bagaimana bentuk goresan pena yang tidak rapi.

Bagaimana Solusinya?
Berdasarkan pembicaraan dengan guru senior wacana hilangnya menulis halus, maka sanggup menjadi solusi dengan memanfaatkan buku halus sebagai solusi. Bukan menyoal pada bentuk goresan pena latin (tegak bersambung) tetapi pada kerapian goresan pena abjad (Ingat! bukan abjad tegak bersambung)

Langkah dan cara
Menyediakan buku halus, yakni langkah pertama, kemudian, dengan buku halus tersebut, kita mulai menuliskan huruf-huruf yang mengikuti garis-garis yang terdapat dalam buku halus tersebut.

Jika masih belum terang lihat penampakan gambar dibawah!

 Kali ini saya lanjutkan wacana menulis dengan goresan pena tangan supaya rapi Lankah Praktis Membuat Tulisan Tangan Menjadi Rapi
Contoh goresan pena tanggan anak SD kelas V memakai buku Halus

Berdasarkan teladan diatas kita sudah bisa menciptakan goresan pena tangan kita menjadi tertata rapi, sesuai dengan garis dan mempunyai ukuran yang sama antara setiap hurufnya. Intinya memanfaatkan jarak antar garis pada buku halus mempunyai kegunaan untuk melatih kerapian goresan pena kita. Jika abjad kapital sanggup anda tuliskan hingga ke garis kedua, kalau abjad bukan kapital sanggup dituliskan secara rapi pada garis yang kerapatannya paling pendek, dan kalau abjad tersebut punya ekor (sirip) maka tuliskan ekor tersebut hingga dengan bab bawah buku halus tersebut.

Apabila anda dirumah mempunyai buku halus yang terdapat enam baris (salahsatu model lain dari buku halus) maka anda sanggup memanfaatkan dua baris ditengah untuk menuliskan huruf-huruf kecil. dan yang lainnya mengikuti saja. Praktis kan?

Kerapian dalam penulisan tersebut sanggup menjadi tolak ukur bahwa goresan pena yang kita hasilkan gampang dibaca oleh orang lain.

Selain itu, beberapa orang awam berpendapat, “mampu menuliskan abjad kapital dan abjad biasa dengan sempurna menciptakan goresan pena semakin rapi”. Menjadikan aktivitas menulis rapi menjadi salah satu kebiasaan sanggup dilakukan disekolahan, sebaiknya jangan dijadikan pekerjaan rumah. Karena, kita tidak bisa memantau siswa secara langsung

Langkah Lanjutan
akan dibahas di artikel selanjutnya!
Membuat Tulisan Tangan Rapi (Bag. 2)

Selamat Mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *