Kunci Sukses Bercerita

By | Januari 30, 2015
 Bercerita selain sebagai hiburan yang disajikan untuk didengar oleh khalayak ramai juga m Kunci Sukses Bercerita
Sukses dalam bercerita

Bercerita selain sebagai hiburan yang disajikan untuk didengar oleh khalayak ramai juga merupakan sebuah mata lomba yang patut untuk di nikmati. Sebab, bercerita merupakan penggambaran dari salah satu keterampilan berbahasa yaitu keterampilan berbicara.
Bercerita dalam praktiknya (perlombaan) kebanyakan yang tampil ada satu anak satu anak (maju satu persatu). Perlombaan bercerita kadang memang memakan waktu yang tidak singkat, sanggup hingga hampir satu jam, jikalau anak yang menceritakan sangat fasih dan hafal garis garis dongeng yang dibawakan.
Sebagai seorang yang pernah membawa anak bimbing sering mengikuti perlombaan bercerita, penulis memiliki sedikit tips dan trik yang biar sanggup bermanfaat untuk para pembaca sekalian. berikut yaitu tips dan trik-nya :
Riasan yang sesuai dengan tema lomba
Merias anak yang mau melaksanakan perlombaan biasanya sering kita jumpai dalam perlombaan bercerita, risaan yang mudah dan sederhana yang nantinya tidak menyusahkan anak ketika bercerita menjadi hal yang perlu kita lakukan

Gunakan alat peraga yang menunjang

Penggunaan alat peraga yang menunjang dongeng sanggup menjadi hal yang baik, untuk menampilkan performa ketika bercerita. Perlu diingat alat peraga hendaknya yang sesuai kebutuhan saja, jangan yang susah anak ketika bercerita.

Permainan Suara

Permainan bunyi menyerupai ketika kita sedang melihat pertunjukan wayang akan sangat kuat sekali ketika kita sudah melaksanakan bercerita. Permainan bunyi sanggup menjadi embel-embel dongeng dan menciptakan dongeng tidak hambar

Mimik (Ekspresi wajah)

Mimik atau mulut wajah diharapkan sebagai bentuk pemfokusan dari sebuah cerita. Serta menjadi sebuah kesan bahwa orang yang bercerita. Sangat menikmati ceritanya.

Demikianlah tips dan trik dalam bercerita yang sanggup saya berikan. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *