Karbunkel Yaitu Sekumpulan Infeksi Yang Mengganggu Kesehatan

By | Februari 14, 2020
Karbunkel yaitu sekumpulan bisul yang menjadikan pengelupasan kulit yang luas serta pembentukan jaringan parut. Penyebabnya yaitu kuman stafilokokus.
Pembentukan dan penyembuhan karbunkel terjadi lebih lambat dibandingkan bisul tunggal dan dapat menjadikan demam serta lelah alasannya yaitu merupakan infeksi yang lebih serius.
Lebih sering terjadi pada laki-laki dan paling banyak ditemukan di leher potongan belakang. Karbunkel juga cenderung gampang diderita oleh penderita diabetes, gangguan sistem kekebalan dan dermatitis.
Beberapa bisul bersatu membentuk massa yang lebih besar, yang mempunyai beberapa titik pengaliran nanah. Massa ini letaknya dapat lebih dalam di bawah kulit dibandingkan dengan bisul biasa.
Infeksi ini menular, dapat disebarkan ke potongan badan lainnya dan dapat ditularkan ke orang lain. Tidak jarang beberapa orang dalam sebuah rumah menderita karbunkel pada dikala yang sama.
Faktor risiko terjadinya karbunkel adalah:
tingkat kebersihan yang buruk
keadaan fisik yang menurun
tabrakan dengan pakaian
pencukuran.
Pada kulit yang terkena ditemukan beberapa bisul yang bersatu disertai nyeri yang sifatnya ringan atau sedang. Kulit tampak merah dan membengkak. Karbunkel yang pecah akan mengeluarkan nanah kemudian mengering dan membentuk keropeng.
Diagnosis ditegakkan menurut gejala-gejalanya. Untuk memilih penyebabnya, dapat dilakukan biopsi atau pembiakan pola jaringan yang terinfeksi.
Untuk mengendalikan infeksi diberikan sabun anti-bakteri, antibiotik topikal (salep atau krim) dan antibiotik per-oral.
Kompres hangat dapat membantu mempercepat penyembuhan. Jangan pernah memencet atau mencoba memecahkan karbunkel di rumah, alasannya yaitu dapat memperburuk dan mengembangkan infeksi. Jika nanahnya sudah mengering, luka yang tertinggal harus sering dibersihkan dan setelah menangani karbunkel, tangan harus dicuci bersih-bersih.
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Bisul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *