Karakter Anggota Grup Wa Yang Sering Anda Temui

By | Maret 17, 2018

Pengantar Singkat

WA salah satu aplikasi yang sangat terkenal cukup umur ini. Memiliki kepanjangan Whatapp, perusahaan yang berada dibawah naungan raksaksa jejaring sosial Facebook ini mempunyai keunggulan yang cukup banyak dibanding aplikasi sejenis. Keunggulan tersebut menciptakan WA menjadi aplikasi yang merakyat dan berkategori wajib untuk ditanam dalam smartphone atau perangkat komunikasi lain yang anda miliki.
Lingkup Pembahasan
Kami tidak akan membahas perihal keunggulan WA dibandingkan aplikasi lainnya yang sejenis. Artikel yang sedang anda buka ini akan membahas tentang  tipe-tipe orang dalam grup WA beserta ciri-ciri mereka. Artikel ini disusun menurut pengamatan tidak resmi semogaawet.com.

Hasil pengamatan kami bukan untuk dijadikan tolak ukur menilai sebuah grup yang anda miliki dan atau tergabung didalamnya. Kami menyajikan hasil pengamatan sebagai artikel hiburan dan opini semata. Berikut penjabarannya.

Tepe-tipe Anggota Dalam Grup WA
Berdasarkan pengamatan kami, dalam sebuah grup WA mempunyai beberapa tipe orang didalamnya, yaitu :

Pionir Grup (Pendiri Grup) 
Pionir grup atau pencetus grup ialah mereka yang mendirikan grup dan menjadi motor utama grup supaya acara grup sanggup berjalan dengan lancar dan menumbuhkan situasi grup yang sehat. Serta menyebabkan grup yang aktif.
Umumnya sebuah grup WA didirikan oleh orang yang menjadi tokoh dalam suatu komunitas  orang yang bisa menggerakkan orang lain dan beliau dihormati (disukai) oleh teman-temannya. Selain itu bisa juga beliau ialah orang yang sukses dibanding teman-teman lainnya. 
Karakter dari seorang pionir grup :
  • Memiliki kecenderungan ingin diperhatikan
  • Tampil menguasai percakapan (menjadi moderator topik)
  • Tokoh dalam kelompok didunia nyata, (dihormati, disukai, sukses) 
Penjual
Grup yang terdiri dari banyak insan akan mempunyai berbagai keragaman individu. Maka masuk akal kalau dalam grup WA ada tipe individu penjual. 
Tipe penjual akan aktif digrup sambil mempromosikan barang dagangan. Hal yang sering terjadi, mereka memposting sesuatu dengan foto dilengkapi dengan penawaran, meski tidak rutin. Tipe individu penjual merupakan penghuni yang mencari kesempatan ketika grup sedang ramai oleh percakapan anggota, alasannya ketika itulah waktu yang sempurna menunjukkan barang dagangan. 
Karakter anggota tipe penjual, ialah :
  • Sesekali aktif mempromosikan barang dagangan/bisnisnya
  • Senang membahas urusan jualan
  • Jarang muncul dalam pembicaraan yang kurang penting
  • Akan muncul ketika grup ramai anggota
Protagonis (tokoh percakapan)
Awal pembahasan kita sudah membahas perihal pionir grup dan tipe pedagang. Poin ini kita membahas perihal pemeran Protagonis grup. Dia ialah orang yang bisa menguasai topik diskusi dan bisa menjadi tokoh utama dalam grup meskipun beliau bukan admin grup atau pionir grup. Protagonis grup ialah mereka yang berperan aktif ketika percakapan grup dan sering menjadi pemenang dalam percakapan bukan sebagai pihak yang kalah.
Karakter anggota tipe protagonis ialah :
  • Mampu mengolah topik percakapan
  • Mencari tokoh antagonis untuk menyebabkan materi omongan utama

Antagonis (tokoh tersakiti) 
Beda nasib dengan tugas protagonis dalam grup WA. Tokoh antagonis grup akan menjadi objek target percakapan. Dia bisa saja mendapatkan bullian ataupun cacian lain yang dilempar orleh teman-temannya. Hebatnyanlagi si pemeran antagonis ini meruapakan orang yang pemaaf dan bisa menyebabkan beliau sendiri sebagai objek. Meskipun beliau sering dipojokkan di grup kemunculannya bisa menjadi pematik teman-teman lain untuk hadir dalam sebuah grup.
Karakter anggota tipe antagonis ialah :
  • Cenderung menjadi tokoh yang di pojokkan dalam grup
  • Aktif dalam percakapan, kalah dalam argumen
  • Jika beliau tiba grup bisa menjadi ramai
Spammer
Karakter yang satu ini merupakan orang yang hobinya memberi pesan sampah, baik berupa kata motifasi, atau dongeng lelucon. Tujuan utamanya ialah membuatkan kabar, namun cara yang ditempuh kurang tepat. Spammer atau orang yang hobi mengirimkan pesan sampah akan beraksi setiap kali grup sepi atau ketika jam-jam tertentu, contohnya dipagi hari dengan pesan motivasi paginya atau di malam hami dengan pesan ingat matinya. Kehadiran spammer umumnya akan menyebabkan grup tidak sehat ketika pesan sampah yang di kirim semakin banyak.

Karakter anggota tipe spammer ialah :

  • Mengirimkan pesan setiap hari tanpa perduli ada yang membaca
  • Pesan yang dikirim umumnya panjang dengan tema motivasi, kisah sukses atau dongeng lucu (dan saru)
  • Rajin mengirim pesan menyerupai diatas namun jarang berinteraksi

Spammer grup WA juga merupakan evolusi dari spammer SMS abad fiture phone, baca artikel kami perihal spammer via SMS dan cara mengatasinya

Pendiam (silent reader) 
Tipe terakhir ialah tipe pendiam atau silent reader. Para pendiam atau silent reader ini ialah anggota grup yang jarang muncul malah cenderung tidak pernah, tetapi mereka tetap setia berada di grup dengan alasan masing-masing. Tipe pendiam ini akan sangat rajin menyimak setiap dialog teman-temannya tanpa mengatakan komentar.
Alasan mengapa orang menentukan menjadi tipe pendiam di grup WA :
  • Jarang berbicara, rajin menyimak
  • Menganggap pembicaraan kurang menarik
  • Bukan pesohor (tokoh) kelompok dalam dunia nyata
  • Seseorang yang merasa belum sukses dalam hidupnya.

Pertanyaan selanjutnya. Pembaca termasuk tipe yang mana?
Beri komentar kalau pembaca punya ilham lain terkait pendapat kami. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *