Install Driver Printer Kasir Qpos Q58m Di Linux Ubuntu

By | Februari 14, 2020

Pada umumnya seluruh printer POS kasir ini sanggup berjalan di Linux tanpa installasi driver, alasannya ialah printer ini mendukung perintah ESC/POS. Pada ulasan ini saya memakai Printer QPOS Q58M.

Langkah pertama untuk menguji printer pada ubuntu, terlebih dahulu kita cek koneksi printer dengan komputer. Media koneksi yang digunakan yaitu usb. Sambungkan printer, dan periksa apakah printer sudah terdeteksi:

Lakukan perintah dmesg pada terminal


Pada tampilan diatas terlihat bahwa usb printer telah terdeteksi, selanjutnya cek Modul kernel, Lihat perangkat gres di /dev/ usb:

Lakukan dengan perintah ls /dev/usb pada terminal

Dalam kasus saya, Printer terdeteksi pada /dev/usb/lp0. Langkah selanjutnya ialah menguji printer memakai terminal:

Lakukan ujicoba dengan perintah echo “Hai” >> /dev/usb/lp0 pada terminal

Apabila terjadi error ibarat berikut bash: /dev/lp0: Permission denied. Kemungkinannya, Terjadi kesalahan hak susukan pada ubuntu sehingga  izin ditolak kesalahan pada dikala ini, kita cari tahu dengan langkah berikut:

Lakukan dengan perintah stat /dev/usb/lp1 pada terminal

File ini dimiliki oleh grup lp (“line printer”). Jika nama pengguna sucipto, kau akan menambahkan diri ke grup ini:

Lakukan dengan perintah sudo usermod -a -G lp sucipto pada terminal
Kemudian lakukan perintah users  dan groups untuk mengecek perintah sudah berjalan dengan benar.

Jika kau berencana untuk membangun sistem point-of-sale (POS) berbasis web dengan ini, maka tambahkan juga pengguna data-www ke grup itu.

Sekarang logout dan kembali, dan tes sebelumnya kini sudah berfungsi:

Lakukan ujicoba dengan perintah echo “Hai” >> /dev/usb/lp0 pada terminal

Langkah selanjutnya menginstall pada mode GUI. Printer yang digunakan memakai kertas ukuran lebar maksimal 58 mm, jadi tutorial ini hanya akan memakai sistem 58 mm. Berikut ini pilihan drivernya:

1. Driver Printer Dari PHP
Driver ini dibentuk memakai bahasa PHP. Driver ini dikhususkan untuk para pembuat aplikasi kasir berbasis website semoga sanggup memakai printer thermal tanpa harus menginstall driver terlebih dahulu. Driver ini sanggup di ambil disini : https://github.com/mike42/escpos-php

Berikut script sederhana yang sanggup dicoba:

<?php require __DIR__ . '/autoload.php'; use Mike42EscposPrinter; use Mike42EscposPrintConnectorsFilePrintConnector; $connector = new FilePrintConnector("/dev/usb/lp1"); $printer = new Printer($connector);  /* Print some bold text */ $printer -> setEmphasis(true); $printer -> text("FOO CORP Ltd.n"); $printer -> setEmphasis(false); $printer -> feed(); $printer -> text("Receipt for whatevern"); $printer -> feed(4);  /* Bar-code at the end */ $printer -> setJustification(Printer::JUSTIFY_CENTER); $printer -> barcode("987654321"); $printer -> cut(); ?>
 
Lakukan perintah php foo2.php pada terminal untuk mengujinya.
 

2. Driver Printer ZJiang
Driver ini harus di install terlebih dahulu pada ubuntu. Driver ini dikeluarkan  oleh salah satu perusahaan printer thermal ZJiang.
– Driver ini sanggup di download disini. Pilih Linux Printer Driver. Jika tidak ada silahkan komentar pada artikel ini.

– Setelah download dan di-ekstrak, Anda akan melihat dua folder didalamnya, linux32 dan linux64, pilih sesuai aksitektur OS Anda, apakah 32 bit atau 64 bit.

Buka terminal ubuntu dan arahkan ke kawasan dimana driver yang sudah di ekstrak tersebut berada. Karena printer yang digunakan ialah jenis printer dengan kertas 58mm, maka ketika install driver, pilih file berjulukan install58, bila punya kau meliliki ukuran kertas 80mm, pilih yang install80. Beri hak susukan 777 pada file yang akan diinstall dan pastikan dikala menginstall memakai perintah sudo. Tunggu sampai selesai.

Install dengan perintah ./install58

 


 Setelah selesai, Anda sanggup melihat risikonya pada System Settings->Printers, akan ada komplemen daftar printer gres dengan nama POS58.

Kemudian lakukan konfigurasi melalui web browser, masukkan alamat http://localhost:631

 

Kemudian pilih hidangan Printer

Kemudian pilih POS58

 Pilih Modify Printers, gunakan user dan password user yang aktif

Lakukan konfigurasi sebagai berikut:


Klik Continue

 Klik Continue

Klik Modify Printer untuk menuntaskan konfigurasi

Printer siap digunakan

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *