Ingin Berguru Bahasa Pemrograman ? Ini Ia 12 Macam Bahasa Pemrograman Yang Paling Populer

By | Februari 14, 2020

Ingin Belajar Bahasa Pemrograman ? Ini Dia Pengertian , Fungsi dan 12 Macam Bahasa Pemrograman Yang Paling Popular


Hai Sobat apa kabar? Baik kan? 
Kali ini kita akan mempelajari suatu hal yang mungkin bermanfaat bagi kita semua.Karena kita akan mencar ilmu mengenai bahasa pemrograman.Buat kalian yang masih belum mengerti bahasa pemrograman niscaya bertanya-tanya kan ? Apa sih bahasa pemrograman itu? Apakah berbeda dengan bahasa yang kita gunakan sehari-hari ? Lalu untuk apa kita memakai bahasa pemrograman? Mari kita mempelajarinya secara perlahan-lahan!


Pengertian Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman merupakan sekumpulan perintah atau aba-aba khusus yang terdiri dari kumpulan baris untuk memerintah komputer biar menjalankan fungsi tertentu sesuai perintah yang diberikan.Jadi , bahasa pemrograman terang berbeda dengan bahsa yang kita gunakan sehari-hari(apalagi bahasa kids jaman now ).

 Fungsi Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman sendiri mempunyai fungsi untuk memberi perintah pada komputer biar sanggup mengolah data sesuai dengan apa yang kita inginkan.Misalkan , kita ingin komputer kita sanggup menghitung rumus-rumus fisika(yang sangat sulit itu) , kita harus menciptakan suatu aktivitas telebih dahulu supaya memudahkan komputer untuk menampilkan hasil yang kita inginkan.Dan aktivitas tersebut harus dibentuk memakai bahasa pemrograman.Hasil dari bahasa pemrograman inilah yang nanti kita sebut dengan aplikasi/program.

 Macam-Macam Bahasa Pemrograman

 Sebenarnya bahasa pemrograman banyak sekali macamnya , jadi untuk mempersingkatnya kita hanya akan membahas 12 macam bahasa pemrogaman yang ketika ini sedang populer.Berikut ini 12 macam bahasa pemrogramannya :

  1. JAVA
     
     Image Source : java.com

    Java merupakan bahasa pemrograman yang sanggup dijalankan di banyak sekali platform, dari mulai PC hingga perangkat mobile. Bahasa pemrograman ini awalnya dikembangkan pada The Green Project pada tahun 1991 oleh Sun Microsystem yang lalu dilepas pada Oracle. Asal nama Java sendiri dipilih lantaran salah seorang pendiri Java, James Gosling, sangat menyukai kopi murni yang pribadi digiling dari mesin giling (kopi tubruk) dimana kopi jenis ini berasal dari pulau Jawa di Indonesia.

    Java menjadi salah satu bahasa pemrograman terpopuler bukan lantaran tanpa alasan, bahasa pemrograman ini mempunyai beberapa kelebihan menyerupai contohnya bisa berjalan di sistem operasi yang berbeda-beda, lalu bahasa pemrograman ini termasuk kedalam pemrograman OOP (Object Orientation Program) sehingga seorang programer lebih gampang dalam menyusun aktivitas memakai bahasa in.Selain itu bahasa ini juga mempunyai library yang lengkap sehingga akan sangat memudahkan programer.

    Dan ketika ini merupakan kurun dimana smartphone Android sangat banyak digunakan. Aplikasi dalam smartphone Android dibangun memakai bahasa Java, sehingga banyak juga programer-programer yang memakai bahasa ini lantaran memang sedang banyak dibutuhkan.

    Download aplikasi Java lewat link di bawah ini
  2. C

    image source : https://en.wikipedia.org/wiki/C_(programming_language)

    Bahasa C ini termasuk bahasa pemrograman paling ‘tua’ yang pernah ada. Karena bahasa pemrograman C ini sudah dikembangkan dari sekitar tahun 70-an. Pembuat bahasa C ini ialah Dennis Ritchie . Bahasa C menjadi bahasa pemrograman yang terkenal lantaran hampir sebagian besar akademi tinggi jurusan IT ataupun forum kursus pemrograman memakai bahasa ini untuk dipelajari pertama kali sebelum mempelajari bahasa pemrograman yang lain. Bukan tanpa lantaran ,karena bahasa C ini menjadi dasar untuk mempelajari bahasa pemrograman yang lain, lantaran memang bahasa C ini merupakan “bapak” dari bahasa pemrograman lain seperi C#, Java, C++, dan lain sebagainya.
  3. PHP
    Image Source : https://en.wikipedia.org/wiki/PHP
    PHP  merupakan bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan. Selain lantaran gratis, PHP banyak digunakan lantaran bahasa pemrograman ini merupakan server side scripting yang memang dirancang untuk membangun website dinamis. Selain itu banyak website-website ternama menyerupai Facebook, WordPress, ataupun Digg yang memakai PHP dalam pengembangannya. PHP pertama kali dikembangkan oleh Rasmus Lerdrorf .
  4.  VISUAL BASIC
    image source : http://www.pvhc.net/Visual-Basic-Icon20luqmwmhq/
    Visual Basic merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. Bahasa pemrograman ini mengatakan IDE visual dalam pembuatan software, dan bahasa pemrograman ini dikembangkan untuk menciptakan software-software berbasis sistem operasi Windows. VisualBasic sendiri ialah keturunan dari bahasa pemrograman BASIC.
    Sebuah survey pada tahun 2005 mengambarkan 62% developer software memakai Visual Basic dalam pengembangan software nya, sehingga hal tersebut mengakibatkan VisualBasic sebagai salah satu bahasa pemrograman yang populer. Di Indonesia sendiri terdapat grup Visual Basic Indonesia yang telah mempunyai 22 ribu member lebih.

  5. PYTHON
     
    Image source : Python.org
    Dalam tingkatan bahasa pemrograman, Python termasuk bahasa tingkat tinggi. Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang sanggup membangun aplikasi, baik itu berbasis web ataupun berbasis mobile. Bahasa phyton ini termasuk kedalam bahasa pemorgraman yang cukup gampang bagi pemula, lantaran bahasa tersebut gampang untuk dibaca dengan syntax yang gampang untuk dipahami juga. Banyak perusahaan besar menggunanakn Phyton dalam pengembanganya menyerupai Instagram, Pinterest dan Rdio. Python juga digunakan oleh para pengembang Google, Yahoo!, dan juga NASA.
    Di Indonesia sendiri terdapat grup Facebook yang membahas perihal Python yang telah mempunyai lebih dari 6000 anggota. Grup ini cukup aktif, grup ini berjulukan Python Indonesia .
  6. C++
     Macam Bahasa Pemrograman Yang Paling Popular  Ingin Belajar Bahasa Pemrograman ? Ini Dia 12 Macam Bahasa Pemrograman yang Paling Populer
    Image source : https://en.wikipedia.org/wiki/C%2B%2B
    C++ merupakan bahasa pemrograman pengembangan dari bahasa C. C++ dan C mempunyai sintaks penulisan yang hampir sama, meski begitu kedua bahasa pemrograman ini mempunyai perbedaan pada penyelesaian masalahnya. Pada bahasa C penyelesaian persoalan dilakukan dengan membagi-bagi kedalam sub-sub persoalan yang lebih kecil lagi atau bisa disebut bahasa pemrograman prosedural, sedangakan C++ berorientasi pada objek dimana permasalahan dibagi-bagi kedalam class-class. C++ pertama kali dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup .

    C++ ini menjadi bahasa pemrograman yang terkenal lantaran banyak juga perusahaan-perusahaan software besar yang memakai bahasa ini untuk membangun software nya menyerupai Adobe, Firefox, ataupun Winamp yang kini pengembanganya di hentikan.

      


  7. JAVASCRIPT

    JavaScript ialah bahasa pemrograma yang dikembangkan oleh Netscape. Penggunaan JavaScript ketika ini kebanyakan terdapat pada pengembangan web. Dengan JavaScript ini kita bisa menciptakan web yang interaktif dan menarik. Di Indonesia sendiri terdapat grup Facebook yang membahas perihal JavaScript ini dengan nama
    JavaScript Indonesia . Grup yang beranggotakan lebih dari 10 ribu orang ini masih aktif hingga sekarang.
  8.  C#

    https://en.wikipedia.org/wiki/C_Sharp_(programming_language)
    C# ialah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. C# ini menggabungkan prinsip dari C dan C++. C# ini banyak digunakan untuk membuatkan software yang memakai platform Windows.

     

  9. OBJECTIVE-C
    https://teamtreehouse.com/skageiger
    Objective-C ialah bahasa pemrograman yang berorientasi objek. Bahasa pemrograman ini digunakan untuk pengembangan aplikasi yang digunakan pada perangkat Apple, bahkan sistem operasi iOS pun dikembangkan memakai bahasa pemrograman Objective-C ini.

  10.  ACTIONSCRIPT
    https://en.wikipedia.org/wiki/ActionScript
    ActionScript ialah bahasa pemrograman yang dibentuk menurut ECMAScript yang digunakan dalam pengembangan situs web dan perangkat lunak memakai platform Adobe Flash Player. ActionScript juga digunakan pada beberapa aplikasi basis data, menyerupai Alpha Five. Bahasa ini awalnya dikembangkan oleh Macromedia, tapi kini sudah dimiliki dan dilanjutkan perkembangannya oleh Adobe, yang membeli Macromedia pada tahun 2005.
    Action Script terbaru ketika ini ialah Action Script 3.0. Action Script 3.0 ialah bahasa terbaru dari edisi yang sebelumnya dikenal dengan Action Script 2.0. Action Script 3.0 mempunyai beberapa kelebihan dibanding pendahulunya, antara lain fitur yang ditawarkan ialah file pada Action Script 3.0 sanggup dibentuk terpisah ketika runtime. (wikipedia.org)
  11. R

    https://en.wikipedia.org/wiki/R_(programming_language)
    Bahasa R pertama kali muncul pada tahun 1993.Bahasa ini dikembangkan oleh Ross Ihaka dan Robert Gentleman.Bahasa R ini merepakan bab dari projek GNU dan digunakan untuk analisa statistika dan grafik.
    Bahasa R mempunyai kode sumber yang tersedia bebas dibawah lisensi GNU.Menariknya bahasa R ini menyediakan banyak sekali teknik statistika serta grafik.

  12. MATLAB 

    https://engineering.usu.edu/students/resources/matlab
    Matlab(Matrix Laboratory) merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk kebutuhan analisa dan komputasi numerik.Meskipun demikian Matlab termasuk bahasa pemrograman generasi keempat.
    Matlab dikembangkan oleh The MathWorks yang mempunyai kemampuan untuk menciptakan plot fungsi serta data, memanipulasi matrix, mengimplementasi algoritma, dan masih banyak lagi.

Itu ia pembahasan kita mengenai ” Ingin Belajar Bahasa Perograman ? Ini Dia 12 Maca Bahasa Pemrograman yang Paling Populer “.Semoga sanggup bermanfaat bagi kita semua.

Dan nantikan pembahasan menarik lainnya hanya di .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *