Hdd , Ssd Dan Sshd

By | Februari 14, 2020

Perbedaan Penyimpanan / Storage HDD , SSD dan SSHD 


HDD , SSD dan SSHD yaitu penyimpanan atau storage untuk menciptakan kinerja atau performa dari PC Anda lebih baik dari .Tapi masih banyak orang yang belum paham ihwal perbedaan penyimpanan HDD , SSD dan SSHD. Ada beberapa faktor yang sanggup sahabat jadikan pola untuk membedakan ketiganya. Biar sahabat gak ingin tau Langsung aja Kuy! 

 PENGERTIAN 



Yang pertama yaitu perbedaan pengertian dari HDD , SSD dan SSHD. Apa sih pegertian dari HDD,SSD dan SSHD itu?Buat sahabat yang masih belum tau ini yaitu klarifikasi singkat mengenai HDD , SSD dan SSHD. HDD (Hard Disk Drive) merupakan perangkat penyimpanan paling banyak digunakan,dan merupakan penyimpanan generasi lama. HDD merupakan penyimpanan berupa piringan berputar untuk menyimpan data, sebab itu cukup beresiko ketika bekerja sebab komponen-komponennya bergerak. 


Gambar Hard Disk Drive 

 SSD (Solid State Drive) merupakan perangkat penyimpanan generasi baru, berbasis teknologi flash memory untuk menyimpan data. Karena memakai Flash, SSD tidak mempunyai komponen bergerak. SSD sudah banyak dipakai oleh perangkat Notebook High-End dan Server . 

Gambar Solid State Drive 


SSHD (Solid State Hybrid Drive) merupakan penyimpanan hybrid yang menyatukan fungsi HDD dan SSD didalam satu perangkat penyimpanan. Pada dasarnya SSHD berbasis platter (piringan), tapi juga menyertakan flash memory supaya transfer data menjadi lebih efisien.

Gambar Solid State Hybrid Drive 




Kecepatan 





Yang kedua yaitu perbedaan mengenai kecepatan.Kalau soal kecepatan sudah niscaya SSD mempunyai kinerja yang sangat maksimal untuk booting serta mempunyai kinerja yang sangat tinggi untuk baca ataupun tulis yang sangat amat baik. Sedangkan SSHD juga menunjukkan kinerja yang hampir sama dengan SSD dalam hal booting, pemuatan data dan juga peluncuran. Biasanya opsi ini sangat memadai untuk menunjukkan kinerja yang dibutuhkan oleh komputer sekarng ini.Namun lain halnya dengan HDD ,kinerja dari HDD bias dibilang kurang baik dari segi kecepatan dibanding dengan SSD maupun SSHD. 

Harga

Kali ini perbandingan dari segi harga.Sudah terang sekali kalau soal harga niscaya HDD lah yang paling terjangkau alias murah per Gigabyte.Sedangkan SSD yaitu penyimpanan yang paling mahal. SSD berkapasitas rendah saja, pada tingkat kisaran ukuran sekitar 32 GB hingga dengan 64 GB sudah tidak mengecewakan mahal. Apalagi SSD dengan kapasitas yang tinggi,pastinya harganya pun cukup tinggi untuk menguras isi dompet sahabat sebab biasanya harga penyimpanan/storage diukur dengan biaya tiap gigabyte nya.. Sedangkan SSHD biasanya mempunyai kisaran harga yang lebih tinggi untuk setiap gigabyte nya dibandingkan dengan HDD tapi masih mending lah dibanding dengan SSD. 

Daya tahan dari Baterai

Biasanya penyimpanan/storage tidak akan besar lengan berkuasa pada daya tahan dari sebuah baterai di komputer atau laptop hingga lebih dari 10%. Sedangkan yang biasanya menghabiskan baterai yaitu operasi daya dari Processor dan juga LCD. SSD biasanya mempunyai daya yang paling efisisen diantara yang lainnya. Sedangkan daerah kedua daya yang paling efisien ditempati oleh SSHD sebab SSHD sanggup berputar turun dengan lebih sering jikalau dibandingkan dengan HDD. 

Ketahanan 

SSD merupakan sebuah opsi yang mempunyai ketahan paling baik dan abadi dikarenakan adanya desain “solid-state”. Tanpa adanya komponen bergerak, SSD sanggup bertahan dari beberapa hal ekstrem menyerupai benturan, terjatuh, suhu ekstrem dan keadaan-keadaan ekstrim lainnya. 

Dari faktor-faktor diatas sanggup disimpulankan bahwa perbedaan, keunggulan dan kekurangan Penyimpanan HDD ,SSD dan SSHD yaitu pada teknologi yang digunakan, HDD memakai piringan disk sebagai media dan dengan ukuran kapasitas yang besar juga dengan harga terjangkau, dan SSD merupakan peningkatan dari HDD yang diperlukan akan mempunyai kecepatan read/write yang lebih cepat namun sayangnya harga terlampau mahal juga tidak sebanding dengan kapasitas penyimpanannya. Dan yang terakhir yaitu SSHD, yang memakai terobosan gres dengan menggabungkan perpaduan antara SSD dan HDD dengan tujuan menghadirkan sebuah media penyimpanan yang Cepat ketika read/write, tahan banting dan kapabilitasnya baik dalam menyimpan data, kapasitas penyimpanan yang besar dan tentunya dengan harga yang terjangkau.
Nah itu beliau sedikt uraian mengenai perbedaan Penyimpanan HDD ,SSD dan SSHD

Semoga bermanfaat ya! Buat sobat-sobat semua.See you!

Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya dan share ya!

 Berbagu ilmu itu indah !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *