Download Templates Dan Memasangnya Pada Blogger

By | Mei 18, 2012
 Template sebagai wajah sebuah blog akan menjadi hal penting bagi pembaca atau pengunjung  Download Templates dan Memasangnya pada blogger
Download template dan memasangnya


Pengantar Singkat : Mendownload template blog
Template sebagai wajah sebuah blog akan menjadi hal penting bagi pembaca atau pengunjung blog dalam melihat blog kita secara keseluruhan dan menciptakan pembaca merasa betah berlama-lama. Semakin baik tampilan blog berdasarkan pendapat saya langsung yaitu tampilan blog yang bisa menampilkan sebuah konten secara utuh dan tidak mengganggu pembaca yang sedang membaca artikel

Mengapa sebuah template blog itu penting?
Ibarat rumah template blog menjadi bentuk rumah tersebut, dengan detail yang akan membedakan dengan tampilan rumah lainnya. Template yang baik yaitu template yang bisa membantu menampilkan konten blog secara maksimal dan cepat termuat sehingga tidak menciptakan pembaca menunggu.

Langkah yang harus dilakukan yaitu sebagai berikut :
Langkah yang akan kami bahas dalam artikel ini mencakup : mendownload template di internet, dan teknik memasangnya, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan pemasangan template blog khususnya template blogger.


Donwload templetes
ada banyak situs-situs yang menyediakan macam-macam templates manis dan sesuai cita-cita pembaca. silahkan pembaca bisa download saja dari situs yang pembaca sukai. Misalkan thameindi.com, sugeng.id, btemplates.com, Gooyabi.com dan masih banyak lagi.

Kebanyakan situs tersebut menyediakan majemuk template gratis yang sanggup pembaca download secara gratis dan tentu dengan hukum yang berlaku yaitu dihentikan menghilangkan footer pada template blog tersebut.

Beda gratis beda pula dengan template premium. Template premium yang dihargai diangka kisaran Rp100.000,00 an  sampai Rp200.000,00an kadang merasa memberatkan. Namun, perbedaan yang terang yaitu pembaca berusaha untuk menghargai saudara kita yang sudah susah paya menciptakan template. (jika dirasa belum ada uang sebaiknya gunakan template gratisan dengan mengikuti hukum yang berlaku)

Setelah pembaca mendownload template yang pembaca inginkan. silahkan pembaca lanjutkan ke langkah selanjutnya yaitu ekstrak file hasil download

Extrak file hasil download
Langkah selanjutnya yaitu pembaca mengekstrak file hasil download. Kebanyakan paket template akan berisi tentang, ucapan terimakasih pembuat, file template umumnya dalam bentuk .xlm (untuk blogger, kalau untuk wordpress saya kurang tahu) dan yang lainnya yaitu file gambar.

Pengekstrakkan file sanggup dilakukan dengan memakai aplikasi ekstrak file misal winrar, winzip atau aplikasi sejenis. dua nama pertama yaitu aplikasi compress file yang paling terkenal di dunia.

Langkah ekstraknya cukup gampang sesudah pembaca pasang aplikasi compress file tersebut pembaca tinggal klik kanan kemudian pilih Extract here pada file compressi.

Jika Sudah di ekstrak langkah selanjutnya yaitu memasang file template yang pembaca download tersebut. ada dua langkah dalam memang file template. Caranya sebagai berikut :

Melalui Menu Templates pada blogger pembaca

Silahkan pembaca buka hidangan Templates pada blogger pembaca. sesudah itu ikuti langkah berikut ini :
Pilih hidangan cadangkan/pulihkan pada pojok kanan atas

Setelah itu pilih unduh templates lengkap (buat jaga-jaga ketika error)
  1. Unduh seluruh template untuk berjaga-jaga kalau terjadi error dikala pemasangan template baru. 
  2. Setelah templates terunduh seluruhnya 
  3. Pilih unggah template dari file di drive pembaca (pilih) cari file hasil ekstrak tadi yang berekstensi .xml (bukan yang gambar)
  4. Tunggu beberapa dikala sampai template gres siap terpasang!
Kelemahan upload template dengan teknik ini yaitu pembaca akan mendapati beberapa widget yang perlu dibuang lagi secara manual sebab template usang tidak terbuang.

Sebaik-baiknya template tetap konten (isi blog) yaitu Rajanya, sebab pembaca tidak mencari tampilan tetapi mencari isi artikel.

Melalui hidangan edit template
Setelah membuka hidangan template pada blog pembaca pembaca buka hidangan Edit template (costumsize) dibawah kotak review template tampilan desktop / PC (bukan yang mobile). Cara Uploadnya sebagai berikut :

  1. Download template untuk berjaga-jaga misal terjadi error
  2. Buka file template hasil download (yang akan dipasang) pada editor html misalkan notepate ++ atau yang lainnya 
  3. Buka hidangan edit template.
  4. Setelah hidangan terbuka pilih seluruh arahan html pada template blog pembaca dengan cara klik ctrl + A.(melakukan seleksi semua pada arahan html blog)
  5. Kemudian tekan delete untuk menghapus arahan html pada komputer pembaca.
  6. Masuk ke editor html yang tadi membuka file template hasil download
  7. Pilih semua arahan HTML dengan cara tekan ctrl + A kemudian salin atau copy (tekan : Ctrl + C)
  8. Pastekan atau tempel pada hidangan edit template blog yang tadi pembaca hapus arahan htmlnya. (pastekan di situ untuk mengganti template yang dihapus pada poin 5)
  9. Klik Selesai atau simpan.
Kelemahan : Sedikit lebih sulit sebab terlalu berputar-putar cara menyerupai ini, Namun akan meminimalisir error pada template dikala di upload dan menghilangkan widget yang tidak perlu terpasang (dipasang akhir template sebelumnya)

Baca Juga : Cara mendownload seluruh template blog kita

Catatan:
Sebelum memasang template kedalam blog hendaknya edit-edit terlebih dahulu template tersebut memakai html editor. Tujuannya biar dikala template tersebut dipasang sudah siap dan tidak perlu banyak permasalahan.

Hal yang perlu di edit antara lain : Meta Teg blog dan kawan-kawannya, Link pada hidangan navigasi, link gambar, tahun pada footer. atau hal lain yang dianggap pembaca perlu untuk dilakukan pengeditan.

Sekian Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *