Diagram Freyer, Pengertian, Rujukan Dan Kegunaan Bagi Guru

By | Oktober 24, 2018
Diagram Frayer diagaram yang diajarkan di SD Kelas  Diagram Freyer, Pengertian, Contoh dan Kegunaan Bagi Guru
Diagram Frayer diagaram yang diajarkan di SD Kelas 4 K13
Pengantar Singkat
Kemajuan isu dan komunikasi mengantarkan insan pada akomodasi dalam mengolah informasi. Dewasa ini isu yang disampaikan kemasyarakatan, mempunyai kriteri yang tidak sanggup dipisahkan yaitu gampang dipahami dan menarik. Informasi yang gampang dipahami dan menarik akan mendorong orang untuk membaca isu tersebut. Perkembangan penyajian isu tersebut sudah pernah kami ulas dalam artikel kami perihal perkembangan penyajian isu dalam penulisan artikel di blog.
Diagram dan fungsi sebagai sarana penyaji informasi
Pengertian diagram berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ialah diagram/di·a·gram/ n citra (buram, sketsa) untuk menunjukkan atau menandakan sesuatu.
Berdasarkan pengertian diatas sanggup kita simpulkan bahwa diagram merupakan salah satu sarana yang sanggup dipakai untuk menandakan (menyajikan) sesuatu informasi. Penggunaan diagram akan mempermudah seseorang untuk memahami isu dan niscaya akan mempercepat waktu penyampaian sebuah informasi.
Pengertian Diagram Frayer 
Diagram Frayer ialah diagram yang akan mempermudah penyampaian sebuah isu khususnya isu yang berupa kosakata. Penggunaan diagram Frayer ini membantu memotivasi siswa untuk lebih gampang menganalisis sebuah kosakata. Diagram ini membantu siswa berpikir perihal makna kata gres atau konsep gres dengan mengaktifkan pengetahuan mereka berdasarkan kata kunci atau pengetahuan sebelumnya.
Bentuk Diagram Frayer
Pembelajaran Diagram Frayer pertama kali di sekolah dasar menampilkan diagram yang terdiri dari empat macam kotak dengan ditengah-tengah kotak tersebut terdapat kata inti sebuah pembahasan yang akan di urai. Selain itu diagram ini juga memiliki 
Diagram Frayer diagaram yang diajarkan di SD Kelas  Diagram Freyer, Pengertian, Contoh dan Kegunaan Bagi Guru
Gambar 1 : Contoh Diagram Frayer Membahas Tentang Sikap Baik
Cara menggambar dan mengurai permasalahan 
Sebelum kita berguru menciptakan diagram Frayer tersebut. Perlu kita memahami bahwa ada beberapa perbedaan dari model digaram Frayer yang dipakai di Indonesia (pada buku tematik) dengan versi aslinya atau versi Internasional-nya. Perbedaan tersebut terdapat pada pembahasan Di Kolom atas dengan pembahasan dikolom bawah. Agar Lebih Jelas Perhatikan gambar dua dibawah ini : 
Diagram Frayer diagaram yang diajarkan di SD Kelas  Diagram Freyer, Pengertian, Contoh dan Kegunaan Bagi Guru
Gambar 2 : Diagran Frayer versi Original
Langkah-langkah dalam menggambar diagram Frayer memang tidak terlalu rumit menyerupai menggambar diagram lainnya. Pembaca hanya membutuhkan alat bantu berupa penggaris dan juga kertas yang akan dipakai sebagai media menggambar. Berikut ialah langkah-langkah gampang memulai menciptakan Diagram Frayer.
  1. Menyiapkan alat yang diharapkan berupa bolpoin, kertas dan penggaris
  2. Sebelum menggambar diagram tersebut kita terlebih dahulu memilih tema yang akan diangkat dalam diagram tersebut.
  3. Setelah kita memperoleh tema yang akan diangkat atau dianalisis kedalam diagram yang akan di buat maka kita tinggal menciptakan format diagram menyerupai pada gambar satu diatas.

Seperti yang sudah diuraikan diatas, bahwa terdapat perbedaan antara isian pada kolom Diagram Frayer versi Indonesia dengan versi Indonesia. Pembahasan pada artikel ini hanya akan berpusat pada versi Indonesia saja.


Kotak Pembahasan
Kotak pembahasan berada sempurna di tengah diagram. Berbentuk bulat atau kotak yang berisi Inti dari pembahasan yang akan disajikan pada diagram.

Kotak Contoh
Kotak pola pada versi Indonesia terdapat pada bab KIRI ATAS. Mengisi kotak tersebut ialah dengan contoh-contoh tema yang yang dibahas. Contoh yang diisikan sanggup berupa goresan pena ataupun gambar yang menjelaskan contoh. Perlu dipahami bahwa pola yang diisikan ialah pola yang benar BUKAN pola yang salah. 

Kotak Contoh Salah atau Bukan Contoh
Kotak Contoh Salah atau Bukan pola terdapat di bab KANAN ATAS atau di sebelahnya kotak contoh. Isi dari kotak ini ialah hal-hal yang bukan merupakan pola dari pembahasan. Isikan hal-hal yang sanggup membingungkan orang yang ingin menganalisis namun, itu bukan termasuk dari contoh.

Kotak Ciri-Ciri
Kotak ciri-ciri sanggup berada di bab KIRI BAWAH diagram. Kotak yang berada dibagian bawah diagram ini ialah kotak ciri-ciri. Kotak ini sanggup diisi dengan hal-hal yang menggambarkan topik yang dibahas. Pembahasan pada kotak ini kan menunjukkan citra perihal hal yang dibahas pada topik pembahasan.

Kotak Kesimpulan
Kotak kesimpulan ialah kotak yang berada di bab KANAN BAWAH dan berisi kesimpulan dari pembahasan topik yang bahas. Atau biasa diisi juga dengan pengertian dari permasalahan yang sedang dibahas.
Penggunaan yang sanggup dilakukan oleh guru
Diagram Frayer sanggup dimanfaatkan oleh guru dalam banyak sekali situasi pembelajaran antara lain :
  1. Mengajak siswa untuk menganalisis permasalahan
  2. Memperbanyak Kosa kata yang dimiliki oleh siswa
  3. Diagram Frayer sanggup dipakai untuk melihat pemahaman siswa terhadap sebuah duduk kasus yang sedang dibahas.


Penutup

Diagram Frayer ialah diagram yang sanggup dipakai untuk mendefinisikan sebuah konsep sehingga sebuah pembahasan sanggup dijabarkan dengan sangat baik. Perkembangan diagram Frayer bukan hanya terdiri dari empat kotak dengan satu kotak berada di tengah-tengah keempat kotak yang mengelilinginya, namun, sanggup juga dikembangkan lagi menjadi beberapa kotak tergantung dari keperluan ketika membahas topik. 
Semoga artikel diatas bermanfaat buat pembaca dan pembaca yang mengalami kebingungan sanggup sedikit mempunyai citra perihal Diagram Frayer.

====DAFTAR PUSTAKA====

  • https://www.reallygoodstuff.com/images/art/304895.pdf diakses 18-10-2018 Pukul 20.30 WIB
  • https://www.nbss.ie/sites/default/files/publications/frayer_model_-_vocbulary_strategy_handout__copy_3.pdf diakses 18-10-2018 Pukul 21.00 WIB
  • Buku siswa Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 4 halaman 91

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *