Dampak Pelanggaran Hak Cipta

By | Mei 19, 2012
Pelanggaran akan hak cipta sampaumur ini memang sangat marak sekali terjadi, dengan semakin mudahnya kita mengakses gosip maka akan membuat kita semakin rentang dan gampang sekali dalam melaksanakan plagiat yang lalu mengakibatkan pelanggaran dari Hak Cipata Seseorang.

 Pelanggaran akan hak cipta sampaumur ini memang sangat marak sekali terjadi Dampak Pelanggaran Hak Cipta
CC Icon

Suatu hari saya pernah ditanyai sahabat saya. “Can, kau tahu gak sisi kasatmata dari sebuah pembajakan/pengkopian atau lebih sadis lagi disebut pelanggaran hak cipta?“. Sejenak saya membisu dan berfikir untuk menjawab pertanyaan temanku tadi.

Memang ini sebuah resiko dari suatu ucapan, lantaran dulu saya pernah bilang begini pada temanku itu, “Sesungguhnya terdapat dua buah hal yang berbeda (sisi kasatmata dan sisi negatif) kalau kita memandang sesuatu. balasannya saya menjawab pertanyaan temanku begini “Pelanggaran Hak Cipta mempunyai imbas negatif dan kasatmata sebagai berikut !”

DAMPAK POSITIF PELANGGARAN HAK CIPTA
1. Menciptakan Lapangan kerja.
Mengapa membuat lapangan kerja? Karena sebuah hal kalau menghasilkan sebuah produk dan bernilai ekonomi, niscaya akan cenderung untuk menjual produk tersebut. Sedangkan dalam proses penjualan tersebut pastikan membutuhkan penjual. Atau bahkan waktu pemproduksiannya pastikan membutuhkan orang juga.

2. Mendapatkan barang dengan hasil yang sama tetapi berbeda kualitasnya.
Maksudnya begini. misalkan kita memfoto copy sebuah buku. Jelas sanggup kita lihat perbedaan mana yang fotocopy-an, iyakan? Tetapi, Ilmu yang ada pelajarikan tidak ikut-ikutan berubah. Iyakan?. Begitu maksud saya mendapat barang yang sama tetapi kualitasnya berbeda. Dari pola tadi sanggup kita lihat kualitas kertas foto copy gampang rusak ketimbang kualitas sebuah buku. Tetapi, isi yang terkandung didalamnya sama.

3. Mendapatkan barang dengan harga murah.
Manfaat pelanggaran hak cipta yang sesungguhnya terletak pada belahan ini. Kita sanggup mendapat barang dengan harga yang murah. Bahkan saya pernah mendengar seorang pengamat berkata begini “Indonesia tidak akan pernah sanggup maju kalau tidak ada barang bajakan”. Jelas disini merupakan sebuah dilema dan sisi positifnya. Harus kita akui kita merupakan salah satu penggunanya enatah itu apa saja barang, komputer, ataupun buku-buku yang kita copy untuk mendapat ilmunya. Betulkan? (kalau anda tidak merasa, ya saya minta maaf)

4. Membuat orang untuk lebih berkratif.
Maksud “kreatif” disini yakni mengakali barang / sesuatu supaya sanggup dibentuk sebuah duplikat atau tiruannya dengan hasil yang sama tetapi kualitasnya berbeda. Hal itu akan membuat sebuah masyarakat yang kreatif (sekalipun biasanya melanggar hukum).

Baca Juga

DAMPAK NEGATIF PELANGGARAN HAK CIPTA
1. Merugikan pencipta asli
Pelanggaran hak cipta akan merugikan pencipta konten / aktivitas / barang yang asli, si pembuat akan sangat merasa dirugikan alasannya hasil karya mereka “Diambil Secara Paksa” dan tanpa mereka memperoleh royalti (bayaran) dari hasil pemirikan mereka.

2.  Pencurian konten dan hasil pemikiran
Hak cipta akan melindungi orang-orang yang berfikir secara matang dan sungguh-sungguh untuk menghasilkan hal yang orisinal. Namun, meraka malah dicuri oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawah. Hal ini kalau terjadi pada anda tentu  akan sangat merugikan, bayangkan penelitian anda yang bertahun-tahun akan menjadi sia-sia ketika dibajak oleh orang lain, selain mengakibatkan kerugian secara mental ini juga akan mengakibatkan kerugian secara finansial.

3. Membawa imbas buruk bagi kemajuan IPTEK
Banyaknya konten yang tidak dibentuk secara matang dan dengan adanya kemudaan dalam melaksanakan duplikat akan membawa imbas buruk bagi kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)  Iptek yang berkembang dengan pesat, tidak dibarengi dengan kualitas konten atau isi yang berbeda  (baca : konten berkualitas) dan mengandung unsur orisinalitas yang sanggup dikatakan ala kadarnya lantaran mencaplok milik pencetus lainnya.

4. Dampak Penggaran Hak Cipta akan merusak Seni dan Sastra
Masih ingat dengan istilah one hit wonder? ya… Istilah yang ditempatkan bagi seorang yang berhasil naik daun ketika satu lagu sanggup menjadi isu terkini dan meledak dipasaran, Kenapa sanggup demikian? lantaran mereka punya orisinalitas yang tinggi, ditengah-tengah lingkungan yang cenderung lebih gampang untuk memodifikasi punya orang lain. Hasilnya? banyak yang mencontek sampai mereka balasannya satu-per-satu karam dan entah kemana.

5. Dampak Pelanggaran Hak Cipta Memunculkan Kecendrungan untuk Mengikuti Pelopor
Kecendrungan untuk mengikuti sebuah pencetus tran produk memang sanggup dikatakan bukan melanggar hak cipta selagi tidak dipermasalahkan. Hal ini sanggup berakibat buruk ketika semua produk bentuk dan kreasinya hampir sama semua maka apakah yang akan menarik? Harusnya berlomba-lomba membuat hal yang gres (inovasi baru) tetapi justru sibuk membuat duplikat baru. Hasilnya kan tidak asik.

Pelanggaran Hak Cipta Seseorang bukan merupakan hal sepele, yang kelar begitu saja ketika di tabrak tanpa adanya imbas yang mengiringinya.

Begitulah uraian ihwal imbas dari pelanggaran hak cipta memang, sanggup dikatan sebagai mata pisau yang berbahaya kalau diteruskan pelanggarannya akan hak cipta seseorang.

Akhirnya agar bagiamana pun kita harus menghargai hak atas kekayaan intelektual dari orang lain contohnya ketika kita mengambil sumber dari orang lain kita harus menyertakannya agar tidak terjadi plagiat. Membeli barang yang original, jangan gunakan softwere bajakan. Seperti yang saya utarakan diatas itu semua tergantung pada pandangan, anda masing-masing dan artikel ini bermuatan pandangan kasatmata dan negatif ihwal pelanggaran tersebut. Tanpa ada tujuan untuk membenarkan perbuatan tersebut

Semoga bermanfaat dan makin menambah pengetahuan kita….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *