Cara Sempurna Dan Gampang Mencegah Penularan Virus Influenza

By | Februari 14, 2020
influenza pencegahan
Setiap orang niscaya pernah mengalami sakit influenza. Influenza merupakan penyakit benjol akses pernapasan akut yang disebabkan oleh virus influenza. Penularan influenza sangat gampang lantaran sanggup menular melalui udara pada dikala orang berbicara, batuk dan bersin. Namun hingga dikala ini belum ada obat yang sempurna untuk mengobati / membunuh virus influenza.

Penularan virus influenza sangat gampang sekali. Selain penyebaran virus melalui udara, penularan influenza juga sanggup melalui kontak eksklusif maupun melalui barang yang sebelumnya pernah dipegang oleh penderita.

Menurut Direktur Pengendalian Penyakit Menular Langsung, Dr. Wiendra Waworuntu, M.Kes, penyebab influenza sanggup disebabkan oleh virus musiman atau virus yang sudah ada dan jenis virus baru.

“Virus yang belum ada sebelumnya atau virus jenis gres harus diwaspadai lantaran sanggup menjadi wabah,” ucap Dr. Wiendra dalam program temu media di Kementerian Kesehatan pada Rabu (13/9/2017).

Lebih lanjut ia menjelaskan, jarak waktu seseorang terpapar virus hingga menimbulkan tanda-tanda bervariasi ialah antara satu hingga empat hari. Sementara untuk perkara flu burung, biasanya masa inkubasi antara satu hingga sepuluh hari.

Untuk mencegah penularan virus influenza, ada beberapa hal yang sanggup dilakukan.

1. Mencuci tangan dengan sabun dengan air higienis yang mengalir.

2. Bila bersin atau batuk, tutup hidung dan ekspresi dengan tisu dan buang tisu di kawasan sampah. Jagalah jarak sedikitnya satu meter dengan orang lain, terutama jikalau sedang sakit influenza.
3. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan di sekitar Anda dengan tidak membuang dahak atau ludah sembarangan.
4. Hindari kontak dengan orang yang berasal atau gres bepergian dari negara yang sedang terserang influenza atau flu burung.
5. Bila mengalami tanda-tanda influenza segeralah ke dokter, puskesmas, rumah sakit atau klinik terdekat.
6. Waspadai kalau ada unggas yang mati mendadak dalam jumlah yang banyak dan laporkan ke RT atau RW atau puskesmas sesegera mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *