Cara Menghapus Cache Di Samsung Galaxy S9 Dan S9 Plus

By | Februari 19, 2020
Cara Menghapus Cache di Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus — Jika Anda mempunyai Samsung Galaxy S9 atau Galaxy S9 Plus, pengguna mungkin mengalami problem pada ponsel yang sanggup dengan gampang dipecahkan memakai dua solusi pemecahan problem yang berbeda, yang hanya akan memakan waktu beberapa menit untuk diselesaikan. Masalah yang sama sanggup ditemukan di Android. Metode teratas untuk memperbaiki bug atau gangguan perangkat lunak apa pun pada Galaxy S9 atau S9 Plus Anda yaitu dengan melaksanakan factory reset atau dengan cara menghapus cache.

Cara Menghapus Cache di Samsung Galaxy S Cara Menghapus Cache di Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus

Dengan membersihkan cache pada Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus Anda sanggup memperbaiki problem menyerupai delay, gangguan atau freeze dengan mengikuti panduan di bawah ini. Baca juga: Cara Screenshot Samsung Galaxy Note 8.

Apa itu Cache dan Apa Fungsinya?

Jadi apa itu Cache dan mengapa harus dibersihkan pada smartphone Galaxy Anda? Samsung Galaxy S9 atau S9 Plus tidak hanya mempunyai satu Cache tetapi dua jenis yang berbeda. Yang pertama yaitu untuk aplikasi dan yang lainnya untuk sistem. Aplikasi apa pun yang Anda pasang di Galaxy S9 atau S9 Plus Anda telah menginstal cachenya sendiri. Ini memungkinkan penyimpanan data sementara untuk penggunaan yang lebih baik ketika beralih antar aplikasi. Singgahan sistem hampir persis sama tetapi bukan hanya menyimpan Data Aplikasi, itu sama untuk Android. Inilah sebabnya, ketika problem muncul dengan aplikasi crash atau freeze, opsi terbaik yaitu menghapus cache sistem, untuk membantu menuntaskan masalah.

Cara Menghapus Cache Aplikasi di Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus

Jika Anda mengalami problem dengan satu aplikasi tertentu, maka admin akan merekomendasikan untuk membersihkan cache aplikasi terlebih dahulu. Anda sanggup menghapus cache aplikasi dengan mengikuti panduan di bawah ini:
  1. Untuk memulai silahkan mengaktifkan Samsung Galaxy S9 atau Galaxy S9 Plus Anda, dengan menekan tombol power.
  2. Kemudian masuk ke pengaturan dan Manajer Aplikasi.
  3. Sekarang pilih Aplikasi yang Anda ingin mengosongkan cachenya.
  4. Setelah Anda menemukan aplikasi, navigasikan ke layar gosip aplikasi.
  5. Pilih opsi Clear Cache.
  6. Setelah ini selesai, buka pengaturan dan penyimpanan untuk menghapus cache aplikasi untuk semua aplikasi.
  7. Terakhir, pilih Cache Data untuk menghapus semua cache aplikasi pada ketika yang bersamaan.
Pastikan untuk tidak memakai opsi Hapus Data kecuali Anda ingin kehilangan semua gosip yang disimpan oleh aplikasi. Misalnya, Anda akan kehilangan nama pengguna, kata sandi, progres permainan, preferensi, pengaturan, dan lainnya.

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Clear Cache Tidak Membantu Anda?

Jika Anda telah membersihkan cache dari masing-masing aplikasi dan Anda masih mengalami problem yang sama pada Samsung Galaxy S9 atau S9 Plus, maka solusi terbaik berikutnya yaitu mencopot pemasangan aplikasi dan menyalakan ulang perangkat. Pastikan untuk mencatat bahwa sebelum Anda mengatur ulang ponsel cerdas Anda, semua data harus dicadangkan untuk mencegah apa pun hilang ketika ponsel sedang dalam proses reboot. Jika Samsung Galaxy S9 atau S9 Plus telah dimulai ulang dan problem masih terjadi, admin sarankan Anda melaksanakan pembatalan cache sistem (juga dikenal sebagai membersihkan partisi cache di Galaxy S9 atau S9 Plus).

Cara Menghapus Cache System di Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus

Berikut yaitu klarifikasi mengenai cara menghapus cache di Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus. Baca dengan pelan-pelan biar Anda sanggup mengikutinya.
  1. Mulai dengan mematikan Galaxy S9 atau S9 Plus, dengan menekan tombol power.
  2. Kemudian, tahan tombol volume, power, dan tombol home secara bersamaan sampai Anda melihat logo Android muncul dan getar telepon.
  3. Sekarang lepaskan Tombol Power dan terus tahan tombol lainnya.
  4. Selanjutnya gunakan tombol volume untuk menggulir ke bawah untuk menyorot opsi ‘Hapus Cache Partition’.
  5. Saat selesai tekan tombol Power.
  6. Gulir ke bawah ke Ya dengan tombol volume dan tekan tombol Power untuk memilihnya.
  7. Arahkan ke Reboot System kini dan tekan tombol power.
  8. Akhirnya, Galaxy S9 Anda harus reboot dengan sistem cache yang telah dibersihkan.
Jika problem berlanjut pada tahap berikutnya yaitu factory reset Galaxy S9.

Demikianlah paparan admin mengenai Cara Menghapus Cache di Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus. Semoga saja Anda berhasil dalam melakukannya. Sekian dan jangan lupa Anda cari artikel terkait Samsung Galaxy S9 dari kotak telusur di situs ini. Baca juga: 5 Fitur Unggulan Samsung Galaxy Note 8 yang Tidak Ada di iPhone X.