Cara Mengatasi Sd Card Realme Tidak Terbaca (Kartu Memori)

By | Januari 2, 2020

Tips Memperbaiki Kartu MicroSD yang Tidak Terbaca di HP Realme – Sekarang kapasitas Smartphone Realme sudah semakin meningkat signifikan, kalau dulu sebuah ponsel punya kapasitas memori internal 16GB dan 32GB saja sudah terbilang mewah. Sekarang, kadang 64GB tidak cukup menyimpan semua berkas dan dokumen dalam bentuk foto atau video.

Hingga banyak orang yang merasa harus tetap menggunakan kartu memori eksternal embel-embel berupa MicroSD. Namun apa jadinya jikalau tiba-tiba SD Card yang sudah terpasang di dalam SIM Tray ternyata tidak terdeteksi oleh sistem? Kasus tersebut sempar saya alami dikala menggunakan ponsel Realme 5 Pro.

Tips Memperbaiki Kartu MicroSD yang Tidak Terbaca di HP Realme Cara Mengatasi SD Card Realme Tidak Terbaca (Kartu Memori)

Kadang terbaca, tapi mendadak hilang dari sistem atau tidak terdeteksi lagi. Kalau pun sempat muncul kembali, kapasitas atau ukuran yang harusnya tertulis tidak muncul di pengaturan sebagaimana MicroSD yang normal pada umumnya.

Selain itu, Anda tidak akan sanggup membuka, mengirim, memindahkan file apapun dari penyimpanan internal ke eksternal storage meski sudah yakin bahwa kartu memori benar-benar terpasang sepenuhnya.

Saya sempat bertanya pada rekan yang menggunakan ponsel Realme 3 Pro dan Realme XT apakah beliau pernah mengalami masalah serupa. Karena terlalu sering jadi agak terganggu juga kalau tiap hari buka-tutup SIM Tray.

Penyebab SD Card Realme Tidak Terdeteksi

Meski belum jelas, admin cuma menerka-nerka bahwa biang keladinya ada di sistem peranti lunak Color OS yang terdapat Bug atau kesalahan firmware. Tapi sekali lagi, itu cuma dugaan sementara saya pribadi. Karena memang di lembaga Realme atau grup Facebook khusus pengguna Realme pun belum ada solusi mutlak.

Ada pula yang menyampaikan jikalau mengalami duduk kasus error pada kartu memori eksternal segera downgrade software Color OS pada ponsel Realme. Padahal, metode tersebut tidak dianjurkan sama sekali alasannya yakni akan mengancam perangkat dari segi keamanan.

Menggunakan firmware terbaru yakni salah satu cara untuk mencegah masuknya malware yang mengancam Android, itulah kenapa setiap update ColorOS akan disertai dengan “Security Patch“. Kalau mundur ke versi belakang ya sama saja menambah duduk kasus baru.

Cara Memperbaiki Kartu Memori Realme yang Tidak Terbaca

Setelah menyelam lebih dalam di lembaga XDA Developers, akibatnya ada pengguna asal India yang mengembangkan tips mengatasi SD Card tidak terbaca di HP Realme. Yaitu dengan metode Unmount MicroSD.

Singkatnya, Unmount ini merupakan langkah untuk melepaskan MicroSD Card (Eject) yang sebelumnya terpasang pada Smartphone Realme tanpa mengeluarkannya dari SIM Tray. Unmounting sanggup dipraktikan tanpa membuka slot kartu memori.

Cara Unmount SD Card di Realme

  • Masuk ke aplikasi Pengaturan / Settings pada Smartphone. 
  • Gulirkan layar ke bawah hingga ketemu hidangan Storage atau Penyimpanan. 
  • Akan muncul tampilan seberapa banyak memori yang telah digunakan pada ponsel Realme. 
  • Disinilah Unmount SD Card muncul atau jikalau pakai bahasa Indonesia tulisannya ‘Lepaskan Kartu Memori‘, tekan tombol tersebut. 
  • Tunggu beberapa belas detik hingga tampilan notifikasi mengambarkan proses Unmount sukses, yang artinya kartu memori sudah terlepas dari Realme (Tidak Dianggap Terpasang).
  • Kemudian tekan kembali tombol Mount SD Card, guna memasang kembali kartu memori eksternal tersebut. 

Sampai tahap ini selesai, seharusnya kartu memori sudah kembali terhubung dan terdeteksi tanpa mengalami masalah. Untuk memastikannya, silakan salin file apa pun dari memori internal dan pindahkan ke SD Card.

Masalah pun beres. Hingga artikel ini dibentuk saya sudah tidak mengalaminya lagi, metode di atas berlaku juga buat tipe lain menyerupai Realme 2 Pro, Realme U1, Realme C3 series, Realme X2 Pro, Realme X50 5G. Sarankan kepada sesama pengguna Realme kalau kalian kini sanggup mengatasi sinyal realme yang hilang terus-menerus.

Memang harus diakui permasalahan kartu memori sangat sering terjadi. Tambahan, tips ini berlaku bagi pengguna Xiaomi, Oppo dan Vivo sesudah teman saya mencoba metode di atas tadi. Khususnya user Redmi jikalau Anda mendapati notifikasi berikut: “Permissions Required. To manage files on your SD Card, give Mi File Manager the required permission.” Artinya sebelum mengelola berkas pada kartu memori membutuhman izin akses.

Begitulah kurang lebihnya solusi Cara Mengatasi SD Card Realme Tidak Terbaca, kini Anda tidak perlu membawa perangkat Smartphone ke tukang servis atau sentra perbaikan resmi buat klaim garansi cuma gara-gara kartu memori eksternal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *