Cara Memasang Ads.Txt Di Blog

By | Februari 14, 2020

Google telah memberlakukan hukum gres bagi publisher atau penayang iklan di website. Tidak sedikit publisher yang diminta mengaktifkan ads.txt-nya bila tak ingin kehilangan penghasilan, ibarat pada blog saya.

Langkah Google Adsense ini merupakan cara melindungi pengiklan dan penayang iklan. Untuk menghindari permasalahan iklan AdSense tidak muncul di blog, kita perlu menambahkan code iklan ads untuk mengaktifkan Ads.txt pada blogger.

Caranya silakan ikut langkah-langkah di bawah ini :
  • Login ke “blogger” > “Setelan” > “Preferensi penelusuran” > Pada bab “ads.txt kustom” isi dengan ads.txt berikut:

    google.com, pub-0000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

    Kode tersebut merupakan info tiga data yang penting. Field pertama, Google.com ialah nama domian untuk sistem periklanan. Karena penyedia jasa Adsense dibentuk oleh Google maka hal ini diletakkan paling awal.

    Field kedua ID akun penayangan. Karena bicaranya Adsense, maka ID Penayangan Adsense yang dimasukkan. Nomornya harus sama persis dengan yang tertera di dashboard Adsense milik kalian. Kalau punya terusan lain ibarat DoubleClick for Publishers atau Ad Exchange, silahkan masukan masing-masing.

    Field ketiga format kerjasamanya. Atau korelasi dengan ID akun tersebut. Ada dua jenis yang dapat digunakan, ‘DIRECT’ dan ‘RESELLER’. Direct khusus untuk penayang iklan yang berafiliasi dengan sistem periklanan langsung. Seperti Google Adsense.

  • Ganti yang berwarna merah dengan ID Akun AdSense milik sobat
  • ID Akun AdSense dapat dilihat pada URL dashboard AdSense.


  • Jangan lupa klik “Simpan Perubahan
  • Setelah mengaktifkan file Ads.txt biasanya iklan AdSensenya menjadi blank/tidak muncul. Silakan dinantikan saja 1x24jam hingga iklannya muncul kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *