Cara Install Debian Di Virtualbox Lengkap

By | Februari 14, 2020


CARA  INSTALL DEBIANDI VIRTUAL BOX LENGKAP

Hai ! Bertemu lagi dengan saya! Apa kabar semuanya? Sehat kan?

Kali ini kita akan membahas ihwal cara menginstall System Operasi Debian di Oracle Virtual Box.Sebelum itu bagi yang belum tau mengenai Oracle Virtual Box dan System Operasi Debian sanggup menyimak penjelasannya dibawah ini.



Oracle Virtual box yakni sebuah aplikasi Open Source yang sanggup dipakai untuk menginstall System Operasi atau beberapa System Operasi tanpa melaksanakan install ulang.Jadi sahabat sanggup menginstall  System Operasi didalam System Operasi.


Sedangkan System Operasi Debian yakni sistem opersai Open Source(terbuka).Sistem Operasi Debian yakni adonan dari perangkat lunak yang dikembangkan dengan lisensi GNU, dan utamanya memakai kernel Linux sehingga terkenal dengan nama Debian GNU/Linux dan merupakan distro Linux yang terkenal ketika ini.


Pada ketika ini, penggunaan Linux sudah semakin banyak , sama halnya dengan penggunaan Windows. Namun sebagian dari kita belum begitu paham dengan cara penggunaan Linux dan cara installnya. Untuk Kali ini, aku aka mengatakan bagaimana cara menginstall Debian tetapi tetap di Windows, memakai aplikasi Oracle VirtualBox.

Tanpa berlama-lama kita eksklusif menuju ke tutorialnya.Kuy!

Sebelum itu pastikan kalian sudah memiliki 2 hal ini.
1.     Software Virtual Box
Buat yang belum punya softwarenya sanggup eksklusif download di situs resminya.
    
2.     File ISO Debian-nya
Sobat sanggup download file ISO nya lewat link dibawah

      Download Disini

OK! Setelah sahabat sudah punya alatnya kita eksklusif mulai installasi Software Virtual Box nya.Sekedar info ,Saya memakai virtualbox versi 5.1.2.

1. Ini yakni tampilan awal ketika sahabat membuka aplikasi virtual box.Langsung saja klik next untuk melanjutkan installasinya!


2. Setelah klik next akan muncul tampilan ibarat diatas . Pilih ‘VirtualBox Aplication’ kemudian           klik next.


3. Setelah proses loading seleseai akan muncul notifikasi untuk menentukan fitur yang sahabat inginkan . Buat sobat-sobat aku sarankan untuk menentukan semuanya saja.Setelah itu klik next untuk melanjutkan installasi.


4. Setelah itu akan muncul gambar ibarat diatas.Ini yakni peringatan bahwa virtualbox akan menciptakan Network Interfaces pada komputer/laptop sobat.Sebaiknya sahabat klik yes untuk menciptakan Network Interfaces, alasannya yakni ini diharapkan untuk setting jaringan di debian.




5. Lalu eksklusif saja klik install untuk memulai proses installasinya.Tunggu beberapa ketika hingga loadingnya selesai.



6. Centang opsi ‘Start Oracle VM VirtualBox aftrer installation’ supaya virtualbox eksklusif terbuka sesudah installasi selesai. Lalu Klik finish sesudah muncul gambar ibarat ini.Selamat sahabat telah berhasil menuntaskan installasi virtualbox.



7. Gambar diatas yakni tampilan awal virtualbox.Klik new pada virtualbox untuk menciptakan OS baru.





8. Karena kita akan menginstall debian , jadi kita isi nama nya dengan debian.Untuk type dan versionya eksklusif otomatis jadi sahabat gak usah isi lagi .Langsung klik next.





     9. Lalu pilih memori yang diinginkan.Saran aku 512 mb saja sudah cukup.



1   10.Pada pilihan diatas ‘pilih Create a virtual hard disk now ’ untuk menciptakan hard disk virtual di komputer/laptop sobat.



     


1   11. Lalu pilih type VDI(Virtual Disk Image) untuk hard disknya.



     12. Selanjutnya pilih Dynamically allocated.

  





1.  13.Pilih ukuran hard disknya  sesuka sahabat , tapi saran aku ukurannya 8 GB aja.Supaya tidak terlalu besar.Lalu klik create!



1.  14. Langsung aja deh klik mulai/start untuk menjalankan Debiannya.






15. Akan muncul kotak obrolan ibarat ini, masukan CD Debian-nya yang format ISO, bila aku memakai Debian V.5.Caranya klik lambang Folder , kemudian cari CD-nya sesudah itu Klik Next , kemudian klik start.





1.  16. Setelah klik start akan muncul gambar ibarat ini.Lalu klik install saja, alasannya yakni lebih cepat loadingnya daripada graphical install.




1.   17. Selanjutnya sahabat akan disuruh untuk menentukan bahasa.Pilihlah bahasa sesuka sahabat kemudian tekan enter di keyboard sobat.


1.  18. Setelah menentukan bahasa sahabat disuruh untuk menentukan negara , dan kawasan sobat.Pilihlah negara sobat! Lalu klik enter.



1.  19. Pada tahapan ini sahabat disuruh untuk menentukan keymap(tata letak keyboard).Saran aku pilih American English , alasannya yakni keymap ini yakni keymap yang sering kita gunakan.



1.  20.Pada bab ini sahabat disuruh untuk mengisi alamat server sobat.Isi dengan alamt server dengan alamat ip server sahabat . Kalau tidak diisi juga tidak masalah.klik continue!



1.  21. Pada bab ini sahabat disuruh untuk mengisi hostname , sahabat sanggup menciptakan sendiri atau membiarkannya tetap default(Debian).Klik continue untuk ,elanjutkan ketahap berikutnya. 



22. Ini yakni bab untk mengisi domain .Sobat sanggup mengisinya dengan nama sahabat dengan diakhiri (.com /.net /.org dll) Lalu klik continue!  tunggu beberapa ketika hingga prosesnya seslesa


1.  23. Selanjutnya sahabat diminta untuk menentukan zona waktu sobat.pilih sesuai kawasan sahabat ya!Lalu klik enter.



1.  24.  Selanjutnya yakni tahapan mempartisi hardisk, di situ ada empat pilihan sanggup secara manual sanggup juga secara otomatis, bila aku pilih yang paling atas , sanggup mempersingkat waktu soalnya bila manual terlalu banyak langkah-lagkahnya.



25. Langsung tekan enter saja!



1.   26. Pilih Finish Partitioning and write changes to disk .klik enter , kemudian plih yes dan klik enter lagi.Tunggu beberapa ketika hingga prosrsnya selesai!



1.  27. Pada tahap selanjutnya sahabat diminta mengatur password root, isi password yang gampang diingat ya sobat! 





1.  28. Selanjutnya masukan nama pengguna ( user ) dan passwordnya



1.  29. Pada tahap berikutnya akan ada perintah ibarat ini ” Scan another CD or DVD ” pilih No kemudian tekan tombol Enter



1.  30.Selanjutnya sahabat diminta untk memakai ” Network Mirror ” pilih No juga kemudian klik Enter.




1.  31. Tahap selanjutnya sama  dengan langkah yang diatas, pilih No kemudian klik Enter, tunggu proses hingga selesai.




1.   32. Lalu pilih sosftware yang akan di instal, dipilih semua juga tidak apa-apa tapi untuk mempersingkat waktu pilih system standar/ standart system saja. Kalau kau ingin tampilan debian berbasis GUI pilih juga Dekstop Environment dengan menekan <Spasi>, Setelah itu <TAB> untuk melanjutkan.Kalau sudah selesai klik enter.




33. Pada tahapan ini sahabat diminta untuk menginstall boot loader.Klik yes untuk menginstallnya.


1.  34. Akhirnya sesudah menunggu dengan sabar, proses installasinya selesai juga. Kemudian tinggal tekan   Enter aja, Mesin akan merestart sendiri.       
        
         
      

     35. Selsesai deh  Debian siap digunakan, tinggal login dengan memasukan username dan passwordnya .Terus sahabat sanggup menjalankan Debian sesuka sobat.



Itulah yang sanggup aku informasikam buat sobat, selamat mencoba,dan semoga sukses mencoba, Praktis –mudahan artikel ini sanggup bermanfaat buat sahabat . . .
jangan lupa commentnya . 🙂
               
                   





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *