Blue Screen Bikin Kesel ? Ini Beliau Cara Mengatasinya

By | Februari 14, 2020
Blue Screen Bikin kesel ? Ini Dia Cara Mengatasinya






Apakah laptop/PC kau pernah mengalami blue screen ? Lalu apa yang dirasakan pada ketika itu ? Pasti sangat kesal bukan? Saat lagi serius-seriusnya  bekerja atau menuntaskan skripsi(yang tiada akhirnya) atau bahkan lagi asik-asiknya main game.Tiba-tiba laptop/PC kau mati dan layarnya berkembang menjadi biru alias blue screen hingga tidak bisa dipakai sama sekali.Dan yang kita sanggup lakukan hanylah menunggu dengan sabardan berharap sistem menganalisa kerusakan hingga laptop/PC kau mereboot secara otomatis.

Sebelum kita membahas cara mengatasi blue screen yang mengesalkan ini, mari kita kenali dulu apasih penyebab laptop/PC terkena blue screen ?

Sebenarnya penyebab blue screen itu tidak sanggup diketahhui secara pasti,karena penyebab blue screen itu sangat banyak.Tapi berdasarkan saya ada beberapa persoalan dan windows tidak sanggup mendiagnosanya hingga sering menyebabkab blue screen, yaitu ketika kita selesai melaksanakan upgrade windows, software yang rusak(crash) , hardware yang rusak dan masih banyak lagi.


Lalu bagaimana cara kita mengatasi blue screen?Penyebabnya saja tidak sanggup diketahui secara pasti?
Caranya yaitu kita harus mrendiagnosanya secara manual.Seperti yang kita bahas diatas ,hal ini dikarenakan windows tidak sanggup mendiagnosa persoalan ini.Lalu bagaimana caran mendiagnosa secara manual? Windows saja tdak bisa? Tenang hening yang penting kita niat dulu .Hasilnya kita serahkan pada yang diatas.Nah kalau sudah niat simak langkah-langkah mengatasi blue screen pada beberapa kasus dibawah ini.
1. Mengatasi Blue Screen sehabis melaksanakan upgrade windows
Kasus pertama yaitu blue screen yang terjadi sehabis kita melaksanakan upgrade windows dari windows versi lama  ke versi windows yang lebih baru. Hal ini dikarenakan perangkat keras(hardware) yang tidak mendukung sistem operasi windows yang baru.Hardware yang sudah lama(using) tidak sanggup mendukung sistem operasi gres apabila driver yang ada tidak mendukung system operasi tersebut.Jadi kita sebelum kita melaksanakan upgrade OS alangkah baiknya pastikan hardware yang kita miliki memadai untuk melaksanakan upgrade sistem operasi baru.Dan jikalau tidak jangan dipaksakan alasannya hal itu sanggup menyebabkan banyak persoalan yang serius.Salah satunya yaitu blue screen yang sedang kita bahas ini.Jadi, jangan coba-coba jikalau hardware kau belum mempuni.Kan lebih baik mencegah dari pada mengobati
Dan apabila kau sudah terlanjur mengalami blue screen sehabis upgrade sistem operasi. Hal yang harus dilakukan yaitu mengembalikan sistem operasi kau ke versi sebelumnya. Ini yaitu cara yang paling ampuh berdasarkan saya.
Namun jikalau kau masih mengalami blue screen walaupun kau sudah kembali ke Windows versi sebelumnya. Ada cara untuk mengatasinya.
2.Mengatasi blue screen alasannya software crash
Programs atau Apps yang tertinggal sehabis melaksanakan roll back, bisa juga menjadi sumber masalah. Kadang kegiatan akan crash dan lebih parahnya lagi bisa menjadi penyebab blue screen. Sehingga kita perlu mengunisntall software secara manual.
Akan tetapi, lakukan dulu diagnosa Software apa yang menjadi sumber persoalan dan megalami crash.
Setelah ketemu software yang jadi sumber masalahnya. Selanjutnya tingggal uninstall doftware tersebut. Dan caranya yaitu sebagai berikut :

-Pertama buka kegiatan & feature 

-Setelah itu tinggal uninstall kegiatan apa yang mengalami kerusakan atau crash sehingga menyebabkan blue screen.



3.Mengatasi blue screen dengan cara clean boot

Jika blue screen masih saja terjadi,maka langkah kita selanjutnya yaitu melaksanakan clean boot. Clean boot merupakan suatu proses booting yang hanya sanggup menjalankan layanan bawaan dari Windows saja, sedangkan layanan dari pihak ketiga atau pihak lain akan matikan. Cara melakukannya yaitu sebagai berikut :


  • Pada keyboard tekan Windows button + R.

  • Ketikkan msconfig kemudian tekan enter.

  • Masuk ke tab services.

  • Centang pada belahan hide all Microsoft services.

  • Pilih disable all dan klik OK , sehabis itu restartlah komputernya.



Jika blue screen tetap terjadi.Langkah kita selanjutnya yaitu memastikan bahwa semua driver laptop/PC sudah terinstall dengan versi terbaru. Untuk melaksanakan update driver. Ikuti beberapa langkah berikut :

 Cara 1 Via Windows Update

  • Pergi ke Windows Update dan lakukan update

  • Tunggu hingga beberapa driver terdownload dan terinstal.

  • Apabila update driver tidak ditemukan, kemungkinan besar driver laptop/PC sudah terinstall  versi terbarunya.

Cara 2 Via Devices Manager
  • Buka devices manager.

  • Pilih hardware yang akan diupdate, kemudian klik kanan – Update driver. Setelah itu pilih Search automatically for updated software.

  • Tunggu hingga driver terunduh.


Cara 3 Via Support Perangkat Kamu

  • Pergi ke halaman support & download pada manufaktur laptop/PC kamu.

  • Cari download driver.

  • Temukan model dari laptop kamu.

  • Lalu cari driver dari hardware yang akan kau download.

  • Setelah terdownload kemudian pasang driver tersebut.



4. Mengatasi Blue Screen sehabis melaksanakan Windows Update

Beberapa persoalan bisa terjadi sehabis melaksanakan update pada windows. Hal ini terjadi alasannya ada beberapa fixing yang mengalami persoalan dengan hardware pada laptop/PC.
Jika sebelum update laptop masih berjalan baik. Cara ampuh mengatasinya yaitu melaksanakan rollback pada update yang sudah terpasang.

A.Rollback Driver Terupdate


  • Pertama masuk ke device manager.

  • Pilih driver yang akan di rollback.

  • Klik kanan kemudian pilih Properties.

  • Pilih tabs Details kemudian pilih rollback.

  • Tunggu beberapa ketika hingga proses selesai.

B.Uninstall file Update sistem Windows                                            

    Pada Windows 10 :

  • Masuk ke Windows Update di Setting – Windows Update – Update History – Uninstall Update

  • Kemudian pilih file update apa yang akan di uninstall.

  • Setelah itu restart laptop/PC.


    Pada Windows 7 , Windows 8 & 8.1 :

  • Buka Program & Freatures. Klik kanan Windows button dan pilih Program & Features.

  • Pada sidebar jendela Program & Features pilih Uninstall update.

  • Pilih update yang akan di copot.



5.Mengatasi Blue Screen Saat Menggunakan PC

Kebanyakan kasus Blue Screen muncul ketika kita sedang asik memakai komputer.Hal ini terjadi biasanya alasannya suatu kegiatan yang crash ketika sedang digunakan.Namun, bisa juga terjadi alasannya hardware yang sudah berumur tua.Dan Untuk mengatasi persoalan Blue Screen yang terjadi saat kita sedang asik memakai komputer , kau bisa melaksanakan cara berukut ini :
Lakukan Update Windows

Windows update sangat simple, kita tinggal melaksanakan update pada windows dan semua persoalan kita akan teratasi dengan cepat. Walaupun kenyataannya tidak semua sanggup teratasi. Namun melaksanakan Windows update itu penting, alasannya Windows update berisi patch dan cumulative yang sangat penting untuk menjaga performa PC tetap optimal.

Yang terpenting yaitu melaksanakan pencegahan semoga tidak terjadi blue screen dengan cara melaksanakan update windows secara berkala. Dan menciptakan system restore secara rutin semoga jikalau persoalan tidak bisa diatasi kita tinggal merestore state dari ketika masih normal.Gunakan laptop/PC kau sesuai dengan kemampuanya sehingga tidak memberatkan laptop/PC dan banyak-banyaklah berdoa.

Punya cara lain untuk mengatasi Blue screen pada Windows? Coba share  melalui kolom komentar dibawah ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *