Begini Cara Merekam Layar Laptop/Pc Dengan Vlc Media Player

By | Februari 19, 2020
Cara Merekam Layar Laptop/PC dengan VLC Media Player — VLC Media Player ialah salah satu perangkat lunak pemutaran audio & video yang paling serbaguna yang tersedia di web. Keuntungan terbesarnya ialah open source, mendukung hampir semua format dan sepenuhnya gratis. Baca juga: Cara Recovery Windows 10.

VLC Media Player ialah salah satu perangkat lunak pemutaran audio  Begini Cara Merekam Layar Laptop/PC dengan VLC Media Player

VLC Media Player mempunyai aneka macam fitur tersembunyi yang banyak pengguna dasar mungkin tidak sadar. Salah satu kemampuan tersembunyi tersebut ialah fitur untuk merekam layar PC / Laptop. Anda sanggup merekam layar dengan VLC player dengan gampang tanpa file atau plugin tambahan. Begini cara kerjanya.

Cara Merekam Layar Laptop / PC dengan VLC Media Player

Untuk merekam layar PC/Laptop menggunakan VLC Media Player langkah-langkahnya ialah sebagai berikut ini: Baca juga: Cara Membuat Hotspot di Windows 7/8/10.
  • Pastikan laptop sudah menyala.
  • Jalankan aplikasi VLC Media Player.
  • Masuk ke tab Media pada bilah alat di bab atas dan ketuk pada opsi Convert/Save (gunakan shortcut Ctrl + R) jendela pop-up kecil akan terbuka.
  • Buka opsi Capture Device dan ubah mode Capture dari kotak drop-down ke Desktop.
  • Sekarang, atur frame rate di kotak opsi. Sangat disarankan untuk merekam pada 30 frame per detik untuk pemutaran yang mulus. Namun, jikalau kualitasnya bukan duduk perkara utama Anda dan Anda ingin ukuran file yang lebih kecil, Anda sanggup menentukan 15fps atau 24fps.
  • Klik tombol Convert / Save dan itu akan membuka kotak obrolan baru.
  • Dalam kotak ini pergi ke opsi browse dan pilih lokasi di mana Anda ingin menyimpan rekaman ini.
  • Selanjutnya, klik ‘Start’. Sekarang Anda akan melihat layar hitam dengan nomor yang berdetak di bab bawah. Jangan khawatir, perekaman layar Anda kini aktif. Minimalkan VLC dan lanjutkan dengan apa pun yang ingin Anda rekam.
  • Sekarang, setiap kali Anda simpulan cukup tekan tombol ‘Stop‘ untuk menuntaskan rekaman. VLC akan secara otomatis menyimpannya ke lokasi yang dipilih.
Begitulah cara merekam layar menggunakan VLC di laptop dan PC. Meskipun VLC tidak mempunyai UI yang menarik atau fitur-fitur canggih, VLC bekerja dan berfungsi dengan baik. Lain kali, saat Anda perlu merekam tutorial, lanjutkan merekam layar desktop Anda dengan VLC. Tidak perlu mengunduh dan menginstal aplikasi atau perangkat lunak baru. Makara sangat simple. Sekian. Baca juga: Solusi Laptop Tidak Bisa Connect ke Wi-Fi di Windows 10.