Apa Itu Creative Commons Attribution ?

By | Juni 5, 2012
Pembaca…
Tahukah anda wacana creative commons attribution ??
Atau pembaca malah gres tahu wacana adanya peraturan diatas?

Bingung atau malah sudah tahu…?
Kalau masih galau saya akan mencoba menjelaskan sedikit wacana creative commons attribution. Khusunya creative commons attribution 3.0 atau yang lebih familiar dengan kependekan CC by 3.0 (berdasar pada pengetahuan saya wacana problem topik ini)
Menurut saya… 
CC by 3.0 bekerjasama bersahabat dengan credit bagi seorang creator atau pembuat sebuah karya dalam dunia maya, yang di bagikan secara gratis.
misalkan : pembaca mendownload sebuah temple blog gratis kemudian memasang temple gratis tersebut pada blog pembaca. Sebagai seorang blogger yang baik tentuhnya pembaca akan diwajibkan untuk tidak menghilangkan kredit dari pembuat blog tadi. Betul tidak?

Contoh lain : misalkan pembaca ingin mengcopy artikel dari blog ini. (secara langsung saya membebaskan pembaca untuk mengcopy, namun, sebijak mungkin pembaca menawarkan tautan blog ini sebagai sumber artikel tersebut).
Kenapa harus menawarkan link blog ini?
Jawaban : Penghargaan oleh pembaca yang mengcopy artikel dari blog ini, atas kekayaan intelektual yang dimiliki oleh penulis dalam menulis artikel ini. Yaa…. ikut menyumbang trafficking ke blog ini kan lebih baik… hehehe…. (Syukur-syukur jikalau mau tukerlink dengan blog ini)

Creative commons attribution yaitu wadah dari penghargaan kepada individu dalam melindungi karyanya yang diberikan kepada orang lain (disharekan secara gratis) dari pembajakan. Bahakan dalam dunia pendidikan dan ilmiah plagiat yaitu suatu yang haram hukumnya. Resikonya? Sudah tahu sendiri kan?

Beginilah suara ketentuhan dari creative commons attribution 3.0

You are free :

  • to Share — to copy, distribute and transmit the work
  • to Remix — to adapt the work
  • to make commercial use of the work

Begitulah suara dalam bahasa Inggrisnya…
Selengkapnya dapat baca disini….

Tujuan dari adanya CC by 3.0 yaitu untuk menghargai dan melindungi atas kekayaan intelektual dari pembuat (orang lain)…. (tentuhnya dari pembajakan atau plagiat). Oleh alasannya yaitu itu sebuah konten ataupun sesuatu bentuk hal yang originial dari kreatifitas kita sendiri akan sangat lebih bernilai. Karena merupakan hasil ciptaan kita sendiri.
Jika pembaca galau wacana maksud CC by 3.0 dari bahasa Inggris. pembaca dapat membaca Creative Commons License dari bahasa Indonesia. Bisa diklik disini….
Lalu apa eksekusi / sangksi dari pelanggaran CC by 3.0 ?
Setahu saya… untuk pelanggaran pertama akan diberikan peringatan… bahkan mungkin saja dapat dituntut sesuai dengan ketentuhan yang berlaku dinegara masing-masing.
Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah pengetahuan pembaca wacana Creative Commons Attribution 3.0
=====================Referensi====================
http://creativecommons.org/licenses/by/3.0/
http://creativecommons.or.id/en/cc-license-in-bahasa-indonesia/
http://id.wikipedia.org/wiki/Creative_Commons

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *