8 Distro Linux Terbaik Sepanjang Era

By | Februari 14, 2020



Linux yakni sebuah system operasi yang telah dipakai oleh banyak orang di muka bumi ini.Karena, Linux merupakan sistem operasi open source dan sanggup kita peroleh secara gratis yang sanggup menjadi alternative dari sistem operasi berbayar ibarat Windows atau Mac OS.

Sistem oprerasi Linux dibangun berdasarkan Unix yang terkenal pada tahun 1970-an.Sejak masa itu, sistem operasi ini telah dikembangkan oleh aneka macam pengembang software (perangkat lunak) yang balasannya melahirkan distribusi Linux atau yang kini bersahabat disebut distro Linux.

Linux distribution atau bersahabat disebut Distro merupakan sebutan untuk sistem operasi yang menggunakan kernel Linux.Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai 8 Distro Linux terbaik sepanjang masa , dari awal terbeentuknya Linux hingga sekarang.Berikut pembahasannuya.


8 Distro Linux Terbaik Sepanjang Masa

Semua Distro Linux sudah dibentuk sesuai kebutuhan penggunanya.Seperti Ubuntu yang dibentuk khusus untuk pemula yang gres menggunakan Linux.Nah , artikel ini akan membantu kalian untuk menentukan Distro Linux mana yang akan kalian gunakan.Berikut ini 8 Distro Linux terbaik sepanjang masa :

1.Elementary OS




Image source : linux.com


Elementary OS yakni system operasi yang mempunyai design yang sangat elegan dan cantik.Jadi , bagi kau yang ingin menggunakan sistem operasi yang mempunyai tampilan yang bagus , Elementary OS ini pas bangat buat kamu.Karena Distro yang satu ini menggunakan Desktop Environment (DE) yang berjulukan pantheon.Yang mana DE pantheon ini dikembangkan berdasarkan DE Gnome.Bagi pengguna Mac munggkin akan sedikit familiar dengan tampilan dari sistem operasi yang satu ini.


Elementary OS ini dikembangkan oleh seorang laki-laki berjulukan Daniel Fore.Ia yang awalnya menyukai menciptakan tema dan mockup untuk Ubuntu.Dan lantaran kesuksean dan kepopuleran dari tema buatannya inilah yang balasannya menciptakan Daniel Fore tetapkan untuk  ikut terjun menciptakan Distro Linuxnya sendiri.


Versi terbaru dari Elementary OS ini mempunyai nama Loki.Yang lebih baik dari pendahulunya yaitu Freya.Distro ini mempunyai aplikasi installer UI yang diberi nama AppCenter.Jadi kita sanggup menginstall aplikasi tanpa melalui terminal.AppCenter sangat mempunyai kegunaan dalam Elementary OS ini , lantaran sistem operasi ini tidak mempunyai banyak aplikasi pre-installer.


2.Ubuntu


Image source : ubuntu.com



Ubuntu merupakan salah satu Distro Linux yang sangat terkenal dan paling banyak dipakai pada masa ini.Ubuntu dibiayai eksklusif oleh Canonical yang merupakan salah satu perusahaan besar.Sistem operasi ini menggunakan Desktop Environment buatannya sendiri yang berjulukan Unity.

Ubuntu secara bersiklus mengupdate sistem setiap 6 bulan sekali untuk versi standardnya dan 2 tahun sekali untuk versi LTS atau Long Term Support.Ubuntu juga telah merilis versi mobilnya yang berjulukan Ubuntu Mobile , yang sanggup dipakai pada smartphone dan tablet.



3.Kali Linux


Image source : kali.org



Kali Linux yakni sistem operasi yang dikembangkan oleh forum yang berjulukan Offensife Security yang merupakan perusahaan training kamanan terkenal.kali Linux ini dikembangkan dengan basis Debian.Kali Linux ini sebetulnya merupakan reinkernasi atau penerus dari BackTrack.


Kali Linux Dikembangkan khusus untuk penetration testing dan security auditing.Kali Linux mempunyai banyak sekali tools untuk kebutuhan penetration testing.Selain itu , Distro ini juga telah dipakai oleh banyak orang termasuk security professional.


Untuk tampilannya , Kali Linux ini memiliiki tampilan yang beragam.yaitu Kali Linux KDE, Mate, Enleightement, dan LXDE.



4.Linux Mint  

Image source : linuxmint.com



Banyak yang menyampaikan bahwa Lnux Mint merupakan Distro Linux yang paling user friendly ( ramah pengguna ), lantaran penggunaannya yang mudah.


Linux Mint ini mempunyai 4 macam varian , yang dibedakan dari Dekstop Environment-nya.Keempat varian itu yakni Mate, KDE, Xfce, dan Cinnamon.Masing-masing varian mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Jika spesifikasi komputer kau rendah kau sanggup menentukan Xface.Tapi bagi kau yang mempunyai spesifikasi komputer tinggi kau sanggup menentukan Cinnamon.


5.Arch Linux 

Image source : fossbytes.com



Jika kalian yakni orang yang mempunyai imajinasi yang tinggi, mungkin Arch Linux ini sangat pas buat kamu.Pasalnya, Distro Linux yang satu ini mengizinkan penggunanya untuk menyesuaikan build nya sendiri.Dengan menggunakan terminal untuk mendownload dan menginstall paket perangkat lunak sesuai dengan impian kita.

Sayangnya , tampilan dari Arch Linux ini kurang user friendly.Walaupun kini sudah tersedia versi lain dari Arch Linux yang mempunyai tampilan user friendly yang berjulukan Antergos. 

6.CentOS 



 Image source : linux.com


CentOS merupakan Distro Linux yang dikembangkan khusus untuk keperluan stability (stabilitas).Distro ini juga merupakan cabang dari versi enterprise Red Hat Linux.sama halnya dengan Red Hat, security dan maintenance untuk CentOS didukung 10 tahun dari awal perilisannya. 

CentOS ini sangat cocok untuk komputer server , lantaran Distro Linux yang satu ini dikembangkan unuk menjadi OS yang super-reliable.Hal inilah yang mungkin menjadikan CentOS jarang dipakai untuk kebutuhan sehari-hari.


7.openSUSE 

 Image source : opensuse.org



Distro Linux openSUSE ini dikembangkan khusus untuk kebutuhan pengembang dan eksekutif system.Oleh lantaran itu protokol pada openSUSE sangat ketat.OpenSUSE ini mempunyai dua varian distro , yaitu openSUSE leep dan openSUSE Tumbleweed.

Perbedaan dari keduanya yakni kalau openSUSE leep pengembangannya menggunakan souece code Linux openSUSE Enterprise , sedangkan openSUSE Tumbleweed didasarkan pada factory dan base development dari openSUSE.


Selain dua varian diaras openSUSE juga memperlihatkan kesempatan penggunanya untuk membut versi openSUSE-nya sendiri melalui website resminya.


8.Tails


Image source : tails.boum.org



Tails merupakan Distro Linux yang dikembangkan khusus untuk keperluan privasi pengguna.Distro ini sanggup menyembunyikan kawasan dari penggunanya dengan sebaik mungkin.Bahkan orang sekaliber Edward Snowden pun juga memakainya.



Sebenrnya masih banyak sekali Distro Linux yang ada di muka bumi ini.Tapi kita hanya membahas 8 yang terbaik diantaranya.

Kedelapan Distro Linux terbaik sepanjang masa berdasarkan seputar komputer.Jika ada kesalahan mohon dimaafkan.

Jangan lupa untuk memperlihatkan komentar dibawah!

Dan subscirbe situs ini untuk mengikuti pembahasan menarik lainnya !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *