7 Kelebihan Ebook Buku Ekolah Elektronik

By | September 4, 2010
Keunggulan Ebook

Pengantar Singkat
Sungguh kita sudah memasuki zaman yang serba elektronik. Nama-nama dengan awalan e- yang nyaris hampir menghiasi layar beling monitor kita, mulai dari email, egoverment. Tak ketinggalan pula sebuah buku yang sanggup dibaca melalui layar monitor. Ya…. ebook namanya, atau dalam bahasa Indonesia disebutnya dengan nama buku elektronik (elektronik book).

Ruang Lingkup
Artikel ini kita akan membahas ihwal pengaruh baik dari ebook. Dengan mengesampingkan pengaruh jelek dari ebook. mari kita coba untuk melihat pengaruh baik dari ebook.

Apa itu Ebook?

Ebook, merupakan scan orisinil dari buku yang berbentuk kertas, namun lantaran kecanggihan buku yang dari kertas tersebut diutak-utik sedemikian sampai filenya sampai menjadi sebuah buku digital. Ebook biasanya berformatkan *.pdf, yang hanya dengan aplikasi khusus pembuka file-file *.pdf, contohnya adobe rider dari adobe. Ebook sendiri lahir dari sebuah prinsip “paperless”. Ya… sebuah pinsip yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan kertas.
1. Hemat biaya
Adanya ebook, selain dari pada kemajuan teknologi juga dikarenakan adanya penghematan biaya. faktanya kini anak sekolah bisa mempunyai buku secara gratis (dengan cara mendownload) melalui situs departement pendidikan (kalau tidak salah, lantaran penulis lupa). karena disana telah tersedia buku sekolah elektronik atau yang lebih akrab dipanggil dengan buku BSE.

Hadirnya buku BSE ini terang dan patut keta banggakan karena bangsa kita sudah bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi. Dengan menghadirkan sebuah buku sekolah elektronik yang sanggup didownload oleh

siapa saja. Hal ini terang bermanfaat. Namun, bagi yang tidak terlalu suka membaca ebook. Dapat mendapat buku ini (BSE namun secara cetak) ditoko buku terdekat dengan harga Rp. 15.000,00.

Dari Fakta diatas sanggup kita tarik kesimpulan bahwa dengan adanya ebook bisa menekan biaya pengeluaran. Yang sanggup diguanakan untuk hal-hal lainnya.

2. Menghadirkan minat baca
Membaca yakni hal remeh tapi…. untuk sanggup membaca sebuah buku (general) minimal 1 jam anda (yang tidak terbiasa membaca) pasti akan menemui hambatan-hambatan. (Misalnya kantuk, mata pegel dll). Namun, dengan adanya ebook, kita sanggup menyelinginya dengan mengunduh ebook-ebook gratis (bahkan google pun menyedikan layanan pencarian ebook) sebagai selingan dari apa yang tadi kita baca.

maksudnya?? Ketika kita membaca sebuah ebook pelajaran dan kita merasa sudah cukup, kita bisa menyegarkan lagi (mengunduh lagi) ebook yang sesuai dengan selera kita. dengan itu, kita secara tidak pribadi akan menambah minat baca kita.
3. Mudah dibawa (Praktis)
Hanya bermodalkan sebuah “removeble disk” kita sanggup membawa ebook kita kemana pun yang kita mau tanpa perlu takut akan menambah muatan barang bawaan anda. (asalkan ada alat untuk membacanya saja).

4. Ikut mencerdaskan bangsa
Dengan memakai ebook tentuhnya kita akan mendapat sebuah buku-buku elektronik yang ada didunia maya yang sanggup diungguh dengan free. Dengan katalain semakin banyak orang yang menggungguh artinya semakin banyak pula orang yang membaca ebook tersebut. Dengan begitu secara pribadi maupun tidak pribadi tindakan ini terang dapat mencerdaskan bangsa. menyerupai tumpuan BSE tadi.

5. Mudah di distribusikan (edarkan)
Buku elektronik dalam penyebarannya tidak membutuhkan biaya yang banyak. Cukup upload file buku tersebut di penyimpanan cloud sesudah itu, sebar link downloadnya. Jarang lupa promosikam buku tersebut biar didownload. Praktik, hemat dan gampang

6. Ramah Lingkungan
Tujuan awal adanya ebook yakni mwngurangi penggunaan kertas untuk mencetak buku. Sehingga, bisa dikatakan ebook sangat ramah lingkungan. Karena tidak menyisakan limbah keetas

7. Tahan usang (tidak dimakan kutu) dan simpel disimpan
Ebook cenderung tahan usang dan simpel disimpan, lantaran bentuk berupa buku elektronik maka ebook akan tahan usang (kecuali filenya hilang) dan tidak membutuhkan daerah penyimpanan yang banyak cukup kae flasdisk atau hardisk sudah bisa menyimpan majemuk ebook.

Kesimpulan
begitulah kiranya manfaat dari adanya ebook, khususnya buku sekolah elektronik. Jika pembaca mempunyai pendapat lain silahkan beri komentar dibawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *