6 Efek Konkret Dan Negatif Teknologi Informasi

By | April 29, 2009
Dampak positif dan negatif teknologi informasi 6 Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi
Dampak positif dan Negatif perkembangan teknologi komunikasi

Pengantar Singkat
Teknologi ialah sebuah hal yang tidak bisa terhindarkan dari kehidupan manusia. Bagai sebuah pedang teknologi mempunyai dua buah sisi yang berbeda, yaitu sisi positif dan sisi negatif.  Jika kita hanya memandang dari sisi positifnya saja maka akan menentang sisi negativnya. Begitu pula sebaliknya. alasannya ialah itu kita sebaiknya saling menghargai dari mana kita memandang masalah. Karena orang kadang juga berbeda dari cara mereka memandang.

Ruang Lingkup
Kali ini kita akan membahas malah negatif dan  positif sebuah teknologi informasi dan komunikasi khususnya yang berafiliasi dengan internet

Sisi Baik dan Buruknya Teknologi Informasi
Teknologi yang semulannya dibentuk untuk memudahkan kegiatan insan seringkali banyak disalah gunakan. Akhirnya insan itu sendirilah yang menjadi korban dari kesalahan penggunaan tersebut. Khusunya teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat menimbulkan semua informasi sanggup diakses dengan mudah, baik informasi yang berafiliasi hal-hal yang baik (positif) maupun yang berafiliasi dengan hal-hal yang kurang baik (konsumsi terbatas).

Dampak positif dan negatif internet atau media komunikasi bisa menjadi dua hal yang saling bertentangan

Dampak Positif Teknologi Informasi
Jarak semakin dekat
Sekarang jarak yang sangat jauh bukanlah hal yang perlu perlu dikhawatirkan. Berkat kemajuan teknologi jarak yang semula jauh terasa dekat. Coba bayangkan jikalau tidak ada teknologi, kita akan ke pulau tetangga saja akan memperlukan banyak waktu.

Akses informasi semakin cepat dan mudah
Sekarang kalau untuk bertemu/berbicara, Kita tingga buka Internet saja atau tinggal pencet nomor telpon di HP/Telpon rumah yang kita miliki. Bukan hanya sebatas memperpendek jarak saja dengan teknologi kita mempu mengakses informasi 100 kali lebih cepat bahkan lebih, dari pada waktu belum ditemukannya. Tapi, kini kita sanggup menyaksikan sesuatu yang sedang terjadi dibelahan bumi lain secara eksklusif lewat layar televisi yang ada dirumah kita.

Mampu menjadi penghubung sahabat lama
Awal kemunculan Facebook (salah satu situs sosial) yang bertujuan untuk menemukan sahabat gres dan memperbanyak pertemanan sanggup dipakai untuk menemukan teman-teman usang yang sudah usang menghilang. Jelas dengan pemanfaatan yang sempurna dan sesuai kita akan menemukan aneka macam menfaat yang dimiliki oleh sebuah teknologi. Tinggal bagaimana kita mennyikapinya!

Media Promosi produk yang sangat efektif
Kemajuan teknologi komunikasi juga menjadi sarana mempromosikan produk secara efektif dan gratis. Melalui media komunikasi produk yang kita jual sanggup dilihat oleh orang lain dengan baik tanpa perlu mengunjungi lokasi

Mempermudah pertukaran data dan transaksi keuangan
Dewasa ini seseorang lebih bahagia menyebarkan file melalui jadwal internet baik dengan cara memasukkannya kedalam penyimpanan cloud ataupun melalui aplikasi sharing lainnya. Perkembangan transaksi keuangan juga bisa dilakukan melalui internet, sehingga seorang nasabah bank tidak perlu antri di bank atau Anjungan Tunai Mandiri (ATM) untuk transfer uang dari rekeningnya, berbeda dengan mengambil uang atau menabung.

Memudahkan belajar
Teknologi komunikasi yang baik juga akan mempermudah dalam belajar, dampak yang aktual dari fasilitas berguru ialah nilai Sumber Daya Manusianya akan meningkat dan bisa menciptkan generasi yang cerdas.

Dampak Negatif Kemajuan Teknologi Komunikasi
Konten yang tidak sesuai usia
Internet didalamnya terdapat hal yang baik maupun yang buruk. Dan celakanya lagi kini banyak bawah umur yang sudah sanggup bermain internet dengan lancar. Kebanyakan dari mereka cenderung tidak diawasi dan memungkinkan sekali membuka situs-situs yang menyediakan tontonan atau suguhan orang sampaumur (usia 18+).  referensi yang lainnya, banyak situs-situs diinternet yang mempunyai iklan yang menampilkan gambar-gambar yang tidak senonok.

Mengurangi interaksi dengan tetangga sekitar
Menariknya konten-konten dalam dunia maya mengakibatkan kita lupa untuk bersosialisasi dengan orang-orang disekitar. Interaksi dengan insan lainnya menjadi berkurang, dampaknya jiwa sosial tiap individu akan terkisis dan berganti dengan perilaku Individualisme.

Menjadikan insan yang malas
Lepas dari internet. Kita lihat saja yang niscaya ada dirumah kita yaitu televisi (TV) yang sanggup kita lihat hampir di setiap rumah. Ditelevisi bukan hanya menyediakan barita informasi tetapi juga menyediakan acara-acara yang umumnya menciptakan mata kita tidak bosan untuk pergi dari depan TV. Hal ini secara tidak eksklusif mengakibatkan individu- yang malas untuk beraktifitas.

Penipuan
Kasus penipuan yang melibatkan teknologi informasinsudah sering sekali terjadi. Akibat cepatnya aruh informasi dan kurangnya filter terhadap semua informasi mengakibatkan kasus penipuan merupakan hal yang terkenal terjadi jawaban perkembangan teknologi informasi

Banyak konten yang tidak pantas untuk dibagikan
Semakin kencangnya informasi kita bisa menemukan segala hal di Internet (internet sebagai simbol kemajuan komunikasi) mulai dari cara memasak sampai cara menciptakan peledak. Bahkan, jikalau anda berniat jelek pun internet menjadi rujukan yang penting (pembaca tidak perlu mencari hal-hal jelek di internet, alasannya ialah itu bisa merusak hidup anda)

Sikap Kita dalam Menangkal Dampak Negatif Kemajuan Teknologi Informasi
Mempertebal keimanan
Pendidikan agama bisa menjadi penangkal dan benteng bagi individu untuk bertahan diera globalisasi khususnya pada sektor komunikasi. Kuatnya nilai agama seseorang akan mempertebal keimanan dalam diri manusia.

Orang bau tanah mendampingi anaknya dalam membuka Internet
Pendampingan orang bau tanah ketika anak membuka internet sangat diperlukan. Selain bisa untuk mengajari anak tersebut dalam menghadapi kemajuan teknologi, juga melaksanakan filter terhadap tontonan anak.

Menciptkan kegiatan yang lebih menarik dari sekadar menikmati informasi
Aktivitas diluar ruangan atau olahraga akan menjauhkan kita dari imbas jelek perkembangan teknologi. Sekalipun kita membuka internet, maka kecendrungan untuk membuka hal yang berkaitan dengan acara kesukaan kita akan yang utama ketimbang membuka konten lainnya.

Kesimpulan
Kencangnya informasi yang masuk kepada kita. Membuat kita harus bijak menyikapi setiap informasi yang kita gunakan. Gunakan sesuatu yang bermanfaat untuk diri kita. Teknologi bisa menunjukkan dampak yang baik pada kita maupun dampak yang jelek pada kita. Pengetahuan akan teknologi jikalau tidak berimbang bisa menjadi momok yang nyata.

====Pustaka====
https://harvestsupplement.com/dampak-positif-dan-negatif-internet/amp/ Di saluran 27 April 2018 Pukul 19.57 WIB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *