6 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak.Gampang Bangat !

By | Februari 13, 2020



Keyboard merupakan perangkat yang mempunyai kiprah sangat penting pada laptop.Pasalnya, kita memakai keyboard ini untuk mengetik atau menginput data kedalam laptop.Jadi, kalau perangkat ini rusak sudah sanggup dipastikan kita akan panik dan kebingungan alasannya kita tidak sanggup memakai keyboard ini.Apalagi ketika kita sedang mengerjakan kiprah dan harus segera dikumpulkan, niscaya sangat merepotkan kan?Nah, disini kita akan membahas mengenai cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak. 


Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Keyboard Laptop

Sebelum kita membahas cara untuk memperbaiki keyboard laptop yang rusak, kita harus mengetahui kerusakan yang dialami keyboard tersebut.Menurut pengalaman saya yang sering mnggunakan laptop, ada beberapa kerusakan yang sering terjadi pada keyboard laptop.Berikut ini kerusakan yang terjadi pada keyboard laptop :
  • Satu atau beberapa tombol tidak berfungsi. 
  • Seluruh tombol tidak berfungsi.
  • Tombol tertukar ( contohnya kita mengetik karakter q yang keluar malah angka 1 ).

 

Faktor Yang Dapat Membuat Keyboard Laptop Rusak

 
  • Ada kotoran atau bubuk yang terselip dibawah keyboard

 
Malas membersihkan laptop? Mungkin hal ini yang menjadikan keyboard laptop kita menjadi rusak.Karena, laptop yang sering kita bawa mungkin terkena kotoran, baik dari bubuk yang berterbangan atau dari camilan yang kita makan dikala kita memakai keyboard.Jadi, mulai kini bersihkanlah laptop kira secara berkala, sanggup satu ahad sekali atau satu bulan sekali. 

  • Keyboar terkena cairan

 
 
Jika kita sering memakai laptop kita sambil minum dan suatu dikala kita tidak sengaja menumpahkan minuman tersebut sempurna pada keyboard laptop kita, mungkin faktor inilah yang mengakibatkan keyboard laptop kita menjadi rusak.Karena cairan sanggup mengakibatkan keyboard tidak sanggup berfungsi.Jadi, hati-hatilah dikala minum didekat laptop. 
 
  • Ada problem pada driver keyboard

Ketika kita gres menginstall sistem operasi, driver dari setiap hardware belum terinstall termasuk driver keyboard.Jadi, jangan panik alasannya kita hanya harus menginstallnya.

Cara Memperbaiki keyboard Yang Rusak

Setelah kita mengetahui kerusakan pada keyboard laptop dan faktor yang mengakibatkan keyborad laptop kita rusak, sekarang  waktunya kita mecaritahu cara mengatasinya.Berikut 7 cara yang sanggup kita lakukan untuk memperbaiki keyboard laptop yang rusak :
 

1. Restart Laptop Kita
Cara pertama yang harus kita lakukan yakni merestart laptop kita.Karena, dengan merestart laptop sanggup memperbaiki problem pada sistem operasi laptop kita.Jika cara ini tidak berhasil maka kita harus mencoba cara lainnya berikut ini.

2 . Restore Laptop

 
Apabila keyboard rusak sehabis kita menginstall suatu aplikasi, cobalah untuk melaksanakan system restore yang sanggup mengembalikan keadaan laptop kita kembali sebelum kita menginstall aplikasi tersebut.
 
Caranya, ketik restore pada pencarian.Sebelum melaksanakan system restore ini disarankan untuk melaksanakan backup terlebih dahulu, untuk berjaga-jaga apabila ada kesalahan dikala melaksanakan system restore.
 

3 . Bersihkan Keyboard Dari Kotoran

 
 
Cara ini kemungkinan besar sanggup berhasil.Karena, kotoran merupakan salah satu problem yang paling sering merusak keyboard.Cara membersihkan keyboard laptop yakni dengan memakai vacum cleaner yang berukuran kecil.Jika tidak mempunyai vacum cleaner berukuran kecil, kita sanggup memakai kuas untuk membersihkan keyboard laptop. 
 

4 . Install Ulang Driver Keyboard

 
Driver biasanya juga mengakibatkan problem apabila driver tidak terisntall secara tepat.Oleh alasannya itu kita harus memastikan bahwa driver keyboard laptop kita sudah terinstall versi terbaru.Cara memastikannya yakni masuk ke device manager melalui pencarian di start menu.Dan kalau ada tanda seru pada driver keyboard, maka kita harus memperbarui driver keyboard tersebut. 
 
5 . Lepas Baterai Laptop dan Adapter
 
Jika beberapa tombol pada keyboard tidak berfungsi, cobalah melaksanakan cara ini.
 
  • Pertama, shutdown laptop kita terlebih dahulu. 
  • Lepas baterai dan adapter laptop kita, tunggu selama 60 detik.
  • Setelah itu tekan dan tahan tombol power selama 60 detik.
  • Masukan baterai ke laptop kita.
  • Lalu nyalakan laptop kita.
 

6 . Cara Terakhir Bawa ke Service Center Terdekat

 

Apabila sudah melaksanakan semua langkah diatas dan keyboard masih belum kembali normal.Maka, jalan terakhir yang harus kita tempuh yakni membawanya pada service center terdekat.Maski kita harus rela mengeluarkan uang untuk memperbaikinya.Tapi, kesannya niscaya akan memuaskan.

 
 
 
Itulah beberapa cara yang sanggup kita lakukan untuk memperbaiki keyboard laptop kita yang rusak.Sebenarnya masih banyak cara yang sanggup dilakukan untuk memperbaiki keyboard laptop tergantung kerusakan yang dialami.