3 Cara Melindungi Komputer Dari Virus Flashdisk

By | Februari 13, 2020



Virus memang sebuah hal yang merepotkan apabila menyerang komputer kita.Karena, virus sanggup mengakibatkan komputer kita terkena duduk perkara seperti, kehilangan data ataupun melambatkan kinerja komputer.

Salah satu media mediator yang paling sering membawa virus yaitu flashdisk.Hal ini menciptakan kita menjadi dilema, alasannya disatu sisi flashdisk sangat membantu kita untuk menyimpan data.Tapi, disisi lain flashdisk sanggup membawa virus ke dalam komputer kita.

Bagi kalian yang mengalami duduk perkara dengan flashdisk kalian yang sering membawa virus, maka cobalah 3 cara melindungi komputer dari virus flashdisk berikut ini.



1.Menggunakan Software USB Guardian 



USB Guardian yaitu software yang sanggup melindungi komputer kita dari virus baik virus trojan maupun virus lainnya, terutama virus yang masuk melalui flashdisk.Kenapa tidak memakai antivirus saja? Karena, ada kemungkinan ada beberapa virus yang sanggup meloloskan diri dari antivirus, oleh alasannya itu kita memakai USB Guardian.Selain itu, kita juga sanggup memindah file yang ada didalam flashdisk kedalam komputer tanpa membuka flashdisk telebih dahulu.Software ini merupakan software freeware jadi kita sanggup mendownloadnya secara gratis.  

Download USB Guardian melalui link dibawah ini.

Download USB Guardian

2.Membuat Folder Autorun.inf

Simak langkah-langkah yang harus dilakukan dibawah ini : 

  • Pertama, buatlah sebuah folder didalam flashdisk

  • Lalu, gantilah nama folder tersebut menjadi autoran.inf 


  • Biasanya folder tersebut pribadi terhidden ataupun tersembunyi.Tapi, jikalau folder tersebut belum tersembunyi, jangan khawatir alasannya kita tinggal menyembuniykannya sendiri denan cara klik kanan pada folder autoran.inf, kemudian klik propertis, sehabis itu centang pada bab read only dan hidden kemudian klik ok.Selseai folder tersebut terlah tersembunyi.

  • Cara ini dilakukan alasannya kebanyakan virus yang dibawa oleh flashdisk berjulukan autorun,inf, jadi, alasannya flashdisk kita telah mempunyai folder autorun.inf maka secara auto virus yang berjulukan autorun.inf ini tidak akan sanggup masuk.   


3.Menggunakan gpedit.msc

Berikut ini langkah-langkahnya :

  • Masuk ke windows run dengan cara menekan tombol windows + r, kemudian ketikan gpedit.msc pada kolom windows run dan klik ok.

  • Setelah terbuka jendeal gres dan masuk kedalam Local Group Policy Editor, kemudian pilih windows setting.

  • Kemudian klik security setting

  •  Langkah selanjutnya yaitu menentukan software restriction policies

  • Setelah itu kita klik additional rules.


note : Jika additional rules belum ada, tinggal buat saja sendiri.Caranya klik action yang diatas, kemudian pilih add aditional rules

  • Setelah masuk di additonal rules, kita tinggal menciptakan rules gres dengan cara klik kanan pada daerah kosong, kemudian pilih new path rule.

  • Pilih lokasi flashdisk anda berada, contohnya flashdisk saya berada di lokasi H:\ kemudian pilih disallowed pada security key  untuk menciptakan virus tidak sanggup masuk lewat flashdisk kita.Langkah terakhir yaitu klik apply untuk menyimpan settingan kita.


Virus yaitu hal yang perlu dibersihkan jikalau kita menginginkan komputer kita tetap sehat.Dan alangkah lebih baiknya jikalau kita melindungi komputer kita dari virus.3 cara diatas merupakan cara yang sering saya gunakan untuk melindung komputer dari virus.Selamat mencoba dan biar artikel ini membantu kita semua.