12 Tips Dan Trik Fitur Tersembunyi Di Xiaomi Redmi 5A

By | Februari 19, 2020
Tips dan Trik Tersembunyi di Xiaomi Redmi 5A — Bulan Desember yang lalu, Xiaomi meluncurkan handset anggaran termurah lainnya, yaitu Xiaomi Redmi 5A. Pengganti Redmi 4A dari tahun lalu, Redmi 5A mempunyai spesifikasi yang sama dengan pendahulunya namun mempunyai kualitas build-in yang lebih baik dan harga yang lebih murah.

Tips dan Trik Tersembunyi di Xiaomi Redmi  12 Tips dan Trik Fitur Tersembunyi di Xiaomi Redmi 5A

Xiaomi Redmi 5A ditargetkan pada pemilik smartphone pemula dan pengguna yang mencari untuk membeli smartphone murah yang tidak berkompromi dengan kinerja. Meski harganya murah, fitur Redmi 5A cukup menarik dan berjalan di MIUI 9 yang menyerupai dengan ponsel lain dari Xiaomi. Jika Anda gres saja membeli Redmi 5A, lihat koleksi tips, trik, dan fitur tersembunyi untuk handset di bawah ini untuk membantu memaksimalkannya. Baca juga: Cara Screenshot Panjang di Redmi 5A MIUI 9.

12 Tips dan Trik Fitur Tersembunyi di Xiaomi Redmi 5A

Silahkan Anda simak dan cermati betul bagaimana kerennya fitur tersembunyi di Xiaomi Redmi 5A. Sudah harganya murah dan dijalankan di MIUI 9, ponsel ini mempunyai segudang tips dan trik Xiaomi Redmi 5A yang sangat menawan. Berikut yakni ulasan untuk Anda.

# 12 Gunakan Mi Remote untuk Mengendalikan Perangkat Lain

Meskipun harganya sangat murah, Redmi 5A hadir dengan IR Blaster yaitu sesuatu yang mungkin ketika ini tidak ada di ponsel kelas atas. Dimasukkannya IR Blaster berarti Anda sanggup memakai Redmi 5A Anda untuk mengendalikan peralatan rumah lain di sekitar Anda menyerupai TV, AC, sistem musik dan lainnya. Xiaomi juga melaksanakan pekerjaan yang sangat baik dengan menjaga aplikasi Mi Remote-nya tetap up to date dengan perangkat usang dan gres untuk kompatibilitas optimal.

Jika Anda belum pernah memakai smartphone dengan IR Blaster sebelum mengendalikan perangkat lain di sekitar Anda, cobalah mencobanya di Redmi 5A – sangat nyaman.

# 11 Tampilkan Ikon Notifikasi

Untuk beberapa alasan aneh, MIUI tidak menampilkan ikon notifikasi di status bar. Jadi, Anda tidak akan pernah tahu perihal notifikasi Anda yang belum dibaca yang Anda miliki tanpa menarik bayangan pemberitahuan. Meskipun hal ini memberi status kafe sebagai tampilan yang lebih bersih, namun hal ini tidak secara khusus mengarah pada pengalaman pengguna yang baik.

Sama menyerupai setiap aspek lain dari MIUI yang bisa disesuaikan, Anda juga bisa men-tweak fungsionalitas ini. Cukup menuju ke Settings ⇒ Notification & status bar dan aktifkan opsi Show notification icons.

# 10 Tampilan Penggunaan Memori

Xiaomi biasa menampilkan jumlah RAM ksosong di perangkat di layar Recent Apps hingga MIUI 8.5. Setelah itu untuk beberapa alasan, perusahaan berhenti menampilkan ini mungkin dalam upaya untuk mencegah pengguna mengelola RAM kosong di perangkat mereka sendiri. Namun, sebab varian dasar Redmi 5A hadir dengan RAM 2GB saja, sangat penting bahwa seseorang menyimpan tab pada jumlah aplikasi yang berjalan di latar belakang dan jumlah RAM kosong yang tersedia. Jika terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, kinerja telepon bisa menjadi lambat.

Untuk menampilkan penggunaan RAM di layar Recent Apps Redmi 5A Anda, aktifkan opsi Show Memory status dari bawah Settings ⇒ Home screen & Recents.

# 9 Jalankan Dua Aplikasi WhatsApp

Redmi 5A hadir dengan slot dual-SIM yang berarti Anda sanggup memakai dua kartu SIM di telepon sekaligus. Ini juga berarti bahwa banyak orang akan mencari untuk menjalankan dua aplikasi WhatsApp pada perangkat pada ketika yang sama juga untuk dua nomor berbeda mereka. Untungnya, Xiaomi cukup arif untuk memikirkan hal ini dan telah menyertakan fitur Dual Apps di MIUI 9 yang memungkinkan pengguna menjalankan dua salinan terpisah dari aplikasi yang sama pada satu perangkat. Dengan cara ini, Anda sanggup memakai dua salinan berbeda dari WhatsApp dan aplikasi perpesanan lainnya di Redmi 5A Anda tanpa masalah.

Anda sanggup menemukan semua opsi terkait Dual Apps di bawah Setelan ⇒ Dual Apps.

# 8 Tombol Senter Cepat

Ingin cepat mengaktifkan senter di Redmi 5A? Cukup tekan usang pada tombol sajian ketika di layar kunci. Dan bila Anda ingin mematikannya, cukup tekan tombol power satu kali.

# 7 Kunci Aplikasi dalam Memori

Dengan varian dasar Redmi 5A yang hadir dengan RAM 2GB saja, pengguna niscaya kehabisan memori pada perangkat ketika melaksanakan multitasking berat. Dalam kasus tersebut, MIUI akan secara otomatis membongkar aplikasi tertentu dari memori untuk memastikan kinerja sistem yang optimal. Tetapi kalau Anda ingin aplikasi tertentu tetap di memori tidak peduli apa, Anda sanggup melakukannya dengan membuka layar Recent Apps kemudian menggesek kartu dari aplikasi itu. Ikon kunci kemudian akan ditampilkan di kartu aplikasi yang menerangkan bahwa meneruskannya tidak akan dibongkar dari memori perangkat. Baca juga: Daftar Masalah Redmi 5A dan Solusinya.

# 6 Ambil Foto dalam Snap

Ingin segera meluncurkan aplikasi kamera di Redmi 5A dan berfoto? Cukup double tap pada tombol Volume turun ketika berada di layar kunci atau ketika layar dimatikan. Dan kalau Anda ingin menyesuaikan gesture ini atau memasangkannya dengan tombol lain, itu juga mungkin. Cukup menuju ke Settings ⇒ Additional settings  Button and gesture shortcuts  Luncurkan kamera dan pilih salah satu opsi yang tersedia.

# 5 Gestures dan Shortcuts

Xiaomi Redmi 5A juga dilengkapi dengan banyak gesture dan cara pintas yang sanggup diubahsuaikan dan sanggup Anda gunakan untuk beberapa kiprah sehari-hari. Ini termasuk kemampuan mengambil screenshot dengan menggesekkan tiga jari di layar dengan cepat, meluncurkan Google Asisten atau membuka aplikasi kamera, dan banyak lagi. Anda sanggup menemukan semua opsi gesture dan pintasan terkait di Redmi 5A Anda di bawah Settings  Additional settings  Buttons and gesture shortcuts.

# 4 Perluas Pemberitahuan

Setelah menolak selama bertahun-tahun, Xiaomi risikonya mengadopsi sikap panel pemberitahuan dengan MIUI 9 untuk semua perangkatnya. Ini berarti panel notifikasi MIUI 9 kini akan berfungsi persis menyerupai pada perangkat Android yang menjalankan stok Android. Hal ini mempermudah seseorang untuk segera memperluas notifikasi untuk melihat isinya tanpa harus membukanya. Dan pada aplikasi yang kompatibel, Anda juga akan ditunjukkan tombol tindakan yang relevan. Untuk memperluas notifikasi, cukup geser ke bawah dengan satu jari. Anda juga sanggup menggesek ke bawah dengan dua jari untuk memperluas notifikasi, meskipun ini akan mengharuskan Anda untuk memakai kedua tangan Anda.

# 3 Multi-window Multitasking

Meskipun tiba dengan internal yang sederhana, Redmi 5A mendukung multi-window multitasking. Ini berarti Anda sanggup menjalankan dua aplikasi secara berdampingan di telepon untuk memaksimalkan produktivitas Anda. Untuk menikmati jendela Split / multi-window multitasking di Redmi 5A Anda, buka jendela Apps Terbaru dan sentuh tombol Split Window di pojok kiri atas. Sekarang, seret dan lepaskan salah satu dari dua aplikasi yang terbuka dan kompatibel untuk menikmati multi-window multitasking di Redmi 5A Anda. Anda sanggup mengubah ukuran jendela aplikasi individual dan juga dengan cepat menukar posisi mereka sekitar hanya dengan sekali ketukan.

# 2 Toggle Silent Mode Cepat

Anda kini sanggup dengan cepat mengaktifkan silent mode di Redmi 5A dengan menekan tombol Volume turun satu kali dan kemudian mengaktifkan tombol silent untuk beralih dari atas. Anda kemudian akan diberi pilihan untuk menentukan berapa usang mode membisu akan bertahan – 30 menit, 1 jam, 2 jam; atau apakah Anda ingin memasukkan telepon Anda ke mode Jangan Ganggu / Do not Disturb Mode.

# 1 Flip to mute dan Other Incoming Call Settings

Jika Anda ingin cepat mematikan panggilan masuk ke Redmi 5A Anda, cukup flip telepon untuk membungkamnya. Demikian pula, Anda juga sanggup mematikan volume dering untuk panggilan masuk begitu Anda mengangkat telepon.

Kedua opsi ini dinonaktifkan secara default dan harus diaktifkan dari Settings ⇒ System Apps  Call settings  Incoming call settings. Anda juga akan menemukan pilihan untuk mematikan dering pertama Redmi 5A Anda ketika Anda mendapatkan panggilan dari nomor tak dikenal dan menyalakan lampu pemberitahuan selama panggilan masuk berlangsung.

Demikianlah paparan admin mengenai Tips dan Trik Terbaik Tersembunyi di Xiaomi Redmi 5A. Semoga dengan tips dan trik Redmi 5A ini Anda bisa mendapatkan citra yang luar biasa terhadap ponsel murah namun dengan spesifikasi mumpuni. Jangan lupa cari artikel terkait dari kotak pencarian di situs ini. Sekian. Baca juga: Cara Hard Reset Xiaomi Redmi Note 5A Prime.