10 Pertanyaan Pemula Wacana Android

By | Mei 3, 2013
Seringkali pertanyaan Android pemula muncul sebab kebanyakan belum faham apa dan bagaimana cara kerja android, dari kesekian banyak pertanyaan itu saya rangkum dalam satu redaksi yaitu 10 pertanyaan Pemula android.
 1.    Android saya terus menerus menyedot pulsa, apa yang bisa saya lakukan?
Silakan Anda masuk ke sajian setting – wireless & network – mobile network setting. Hilangkan tanda centang di potongan Data enabled. Hal tersebut akan menciptakan Android Anda sama sekali tidak terkoneksi dengan internet. Jika ingin terhubung kembali, tinggal bubuhkan tanda centang kembali

2.    Apakah saya bisa menginstal file di luar Google Play?

Bisa. Masuklah ke sajian setting – application. Bubuhkan tanda centang pada sajian unknown source biar aplikasi yang berasal dari luar Google Play sanggup diinstal. Masukkan file instaler android (bisanya berekstensi apk) ke dalam memori ponsel atau kartu memori yang terdapat dalam ponsel.  Dengan memakai aplikasi pencari file menyerupai ES File Explorer (free – bisa diunduh di android market), buka file installer tersebut, maka proses instalasi akan eksklusif berjalan.

3.    Bagaimana cara upgrade sistem operasi secara eksklusif dari ponsel android?

Beberapa ponsel android mempunyai akomodasi instal eksklusif via internet (OTA  – over the air).  Silakan masuk ke sajian setting – about phone, kemudian tekan sajian system updates. Jika ada upgrade android terbaru, ponsel Anda akan eksklusif melaksanakan instalasi. Fasilitas ini kemungkinan tidak terdapat disemua Android.

4.    Bagaimana cara menggabungkan kontak Facebook dan Twitter saya dengan kontak yang ada di ponsel?

Pastinya Anda akan lelah jikalau harus menambahkan satu per satu secara manual.  Cara termudah yaitu masuk ke sajian setting – account and Sync – kemudian pilih akun yang akan disinkronisasikan dari daftar akun. Selanjutnya  pilih sync contact. Selain Facebook dan Twitter, Anda juga bisa menambahkan contact dari akun lain contohnya dari aplikasi Whatsapp dan Yahoo.

5.    Bagaimana biar android saya tidak boros baterai?

Banyak cara yang bisa Anda upayakan biar tenaga baterai tetap awet.  Matikan live wallpaper, matikan widget yang tak perlu, aktifkan koneksi internet hanya dikala dibutuhkan, non aktifkan auto sync pada aplikasi atau jauhkan interval waktu dalam sync.
6.    Darimana saya tahu versi android saya?
Mudah, silakan masuk ke sajian setting – About the phone. Perhatikan pada sajian Android version. Akan terlihat formasi angka yang menunjukkan versi Android Anda. Misalnya 2.3.4 (gingerbread)

7.    Apakah android saya mendukung format flash? Bagaimana cara mengetahuinya?

Cara termudah yaitu dengan membuka situs m.youtube.com dan mencoba memainkan salah satu video yang ada di dalamnya. Jika tidak bisa, silakan instal aplikasi Flash Player yang sanggup diunduh di Google Play. Jika tidak ada di sajian Google Play, atau tidak sanggup diinstal, berarti ponsel Android Anda memang tidak mendukung format Flas. Beberapa ponsel menyerupai Samsung Galaxy Mini gotong royong tidak sanggup memainkan format Flash, namun beberpa developer telah memodifikasinya sehingga risikonya Galaxy mini mempunyai kemampuan tersebut.

8.    Bagaimana cara mempartisi kartu memori?

Pada prinsipnya, partisi di kartu android bisa 2 tipe yaitu partisi Ext3 (linux) dan partisi FAT32.
Anda akan memerlukan sebuah komputer bersistem operasi Windows, card reader (atau bisa juga dengan mamakai ponsel android) dan software MiniTool Partiton Wizard yang sanggup diunduh secara gratis di http://www.partitionwizard.com/free-partition-manager.html.

9.    Saya ingin android saya bisa memainkan bermacam-macam format video, bagaimana caranya?

Anda bisa mencoba menginstal aplikasi video player alternatif seperti  QQplayer, Vplayer, atau Moboplayer. Semuanya tersedia secara gratis dan sanggup diunduh melalui Google Play.

10.    Apakah Android saya bisa diupgrade ke versi 4x alias Ice Cream Sandwich?

Ice Cream sandwich butuh spesifikasi hardware yang tidak mengecewakan tinggi. Mungkin Anda akan kecewa sebab android Anda bakal mentok di versi  Android tertentu. Untuk mengeceknya, silakan masuk ke website ofisial dari produsen Android Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *